Nyalain pendingin di kamar, seduh minuman hangat, tarik selimut, lalu setel TV di kamar (kalau gak ada, pindahin dari ruang keluarga aja, hahaha). Apapun mood yang lagi lo rasain, Netflix bisa menjadi all-purpose-healing-medium dengan koleksi film yang pasti bakal manjain indera penglihatan dan pendengaran.

Lagi pengen terinspirasi? Tonton Planet Earth, dan rasain diri lo merasuk ke dalam keindahan alam Dunia. Atau mood lagi pengen yang nyantai dan tetep terhibur? Setel Master of None sampai 10 kali, dan lo bakal terlelap di kasur dengan perasaan relax.

Nah, kalau lo tipikal orang yang demen atau lagi pengen nonton film dengan alur cerita yang sulit ditebak, ini dia pilihannya!

Tapi sebelumnya, simak dulu paragraf di bawah ini sebagai tambahan wawasan yuk.

Ternyata ada juga manfaat film tegang buat kesehatan dan otak!

Ada insight bermanfaat buat lo yang betul-betul menonton film menegangkan (tanpa tutup mata ya). Ternyata menurut seorang ahli psikologi, film tegang mampu menstimulasi otak dan bermanfaat untuk kesehatan dan mental kamu. Jadi, manfaat untuk kesehatan ini dipicu dari seberapa kencang kamu berteriak ketika ketakutan.

Semakin kencang teriakan atau hentakan yang lo keluarin, maka akan meningkatkan intensitas detak jantung, oksigen yang terhirup saat sebelum teriak, dan pelepasan karbon dioksida setelah berteriak.

Fakta lainnya adalah, mampu meningkatkan kalori hingga 184 kkal (lebih tinggi dari kalori yang dibakar saat berjalan selama 30 menit, yaitu 113 kkal). Lalu, studi yang dipublikasi dalam The Journal Stress menguak bahwa sistem imun dalam tubuh kita meningkat saat nonton film tegang, dan itu artinya meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (yang berperan melawan infeksi dalam tubuh).

Selain itu, reaksi tubuh saat lo tegang (beneran) menonton film tegang akan mengeluarkan hormon senang di otak, termasuk dopamine, serotonin, dan glumate. Hormon tersebut pada akhirnya berperan sebagai adrenalin dalam tubuh. Peran adrenalin juga ternyata mampu melawan amarah dan depresi.


Kuy! Tonton film-film di bawah ini, buat kesehatan badan dan pikiran lo juga kan 😉


1. YOU
Ketika seorang penjaga toko buku menjadi seorang penulis yang sangat admiring dan lovely, dia menggunakan internet skills untuk “membaca” sifat perempuan yang disukai, agar perempuan itu terus menyukainya.
2. Maniac
Kalau lo dikasih kesempatan untuk nyobain drugs yang bisa nyelesaiin semua masalah lo? Berani gak nyoba? Di film ini, dua orang biasa ini secara nekat mau mencobanya. Selamat menonton dan menebak seperti apa alurnya ya…
3. The Fall
Sebuah alur cerita kompleks, tentang seorang detektif yang sedang mencoba mencari tahu sisi gelap dari dirinya. Yakin, lo gak akan nebak semudah itu.
4. Sense 8
Delapan orang ini merasa kalau mereka terikat secara mental. Misi mereka adalah untuk bersatu dan bekerjasama untuk bertahan hidup dari orang-orang yang berpikir mereka adalah ancaman. Buat pecinya Sci-Fi, wajib nonton ini!
5. Quantico
Seorang anak baru FBI sedang melakukan bootcamp di Quantico, Virignia. Keseruan terjadi ketika ia bertemu dengan sosok wanita menarik disana.
6. Black Mirror – Season 3
Di edisi Season 3 ini, black mirror menngisahkan 6 realita dalam dunia teknologi dan media sosial. Disinyalir, season ini mampu menghipnotis penontonnya!
7. 3%
Ketika setiap orang diberi kesempatan untuk memilih untuk berada di “sisi-terbaik-dalam-hidup,” ditengah realita bahwa dunia terbagi dalam dua sisi yang berlawanan.
8. Dark
Sebuah film yang memutar-mutar alur waktunya (forward-backward), menceritakan tentang anak hilang yang terus hilang. Buat lo yang suka alur super gak ketebak, tonton film ini!
9. Black Summer
Para pecinta film zombie, wajib dan kudu tonton yang satu ini. Ketika seorang Ibu mencari anaknya dalam skena setelah dunia kiamat. Tipe zombie yang gerakannya cepat dan super kasar ini bakalan membuat kamu lupa nafas selama film ini.
10. The Haunting Of Hill House
Genre Horror yang satu ini, percaya deh, bakalan bikin lo kebingungan untuk nebaknya. Dibuat berdasarkan buku karangan Shirley Jackson, sebuah cerita tentan rumitnya sebuah keluarga dalam sebuah rumah yang membingungkan.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen