trik pikiran goodmen

Gunakan trik pikiran ini kalau kamu ingin jadi magnet disekitarmu!

Melatih trik pikiran atau yang sering disebut dengan istilah mind-tricks ini mampu membuat sesorang menjadi lebih dari apa yang dipikirkannya. Tapi jangan mikir ini bakal membuatmu jadi seorang Jedi ya. Menggunakan trik pikiran, secara teknis ialah menggunakan kebiasan berpikir natural pada otak. Pilihan ada di kamu, tapi yang pasti semua orang setuju untuk menggunakannya dengan alasan positif.

Ketika kamu membaca 10 trik pikiran ini, tanpa sadar kamu dapat mengaplikasikannya setiap saat di setiap hari. Sesungguhnya dengan usaha yang minim, kamu bisa merasakan perbedaan besar setiap harinya. Oke, tanpa diulur-ulur, inilah trik pikiran yang bisa kamu terapkan dan rasakan pengaruhnya:

1. Ketika sekumpulan orang sedang tertawa bersamaan, tiap orang didalamnya pasti tanpa sadar menatap mata orang disekitarnya yang dirasa “dekat” dengannya.

Trik ini mampu mempertajam observasi kamu terhadap sekitar (reaksi seseorang) dalam momen apapun. Secara psikologis, kamu jadi punya kekuatan untuk melihat mana temen kamu yang bonding satu sama lain dan baru mau memulai percaya satu sama lain. Cara agar bonding, tentunya bisa melatih perasaan dan kepekaan kamu terhadap orang lain, dengan cara menjadi pendengar yang baik kepada siapapun yang sedang berbicara dan menatapmu.

2. Saat seseorang senang melakukan hal baik kepadamu, sebenernya mereka semakin senang sama kamu.

Ingat gak ketika kamu meminta tolong seseorang membantumu? Mereka secara tidak sadar menanyakan alasan kepada dirinya kenapa mau melakukannya demi kamu. Justifikasi atau alasan dibalik seseorang mau membantumu (berkali-kali) ialah karena mereka juga merasa senang denganmu. Layaknya hubungan mutualisme antar makhluk sosial.

3. Diam untuk menjawab.

Ketika kamu sedang melempar pertanyaan kepada seseorang, dan direspon dengan lambat, jangan merasa tertekan untuk melanjutkan obrolan. Ternyata terdiam itu mampu memberikan keuntungan. Momen ketika kita terdiam, akan membuat orang yang sedang bertanya menjadi merasa harus melanjutkan pembicaraannya. Pada prakteknya, buatlah momen terdiam ketika memang kamu belum bisa menjawab sebuah pertanyaan, tahan untuk menunjukkan ketidakburu-buran kamu dalam berinteraksi, sampai kamu menemukan jawabannya.

4. Telapak tangan terbuka tanda dari simbol ‘kepercayaan.’

LEGOLAND, sebuah taman bermain dari LEGO, memiliki kebijakan khusus untuk para pegawainya. Siapapun yang ditemui menanyakan lokasi atau tempat, pegawai langsung membuka telapak tangan (ketimbang menunjuk) sambil mengarahkan tangannya. Kebijakan itu diberlakukan karena gestur telapak tangan yang terbuka membawa simbol ‘kepercayaan.’ Membuat orang untuk lebih mudah setuju saat kamu sedang berbicara dan membuat kesan ramah tentunya. Tapi sebaliknya, kalau telapak tangan kamu diputar, malah memberik kesan agresif dan kasar.

5. Menganggukkan kepala saat dalam diskusi atau saat menanyakan sesuatu, membuat orang lain yakin dan setuju dengan perkataanmu.

Lain kali ketika kamu ingin mendapatkan keyakinan orang lain terhadap jalan pikiranmu, cobalah anggukkan kepala saat sedang menyampaikannya. Orang secara tidak sadar akan ‘menjadi kaca’ bahasa tubuh orang disekitarnya untuk dapat merasakan dan memahami apa yang orang disekitarnya rasakan. Ketika kamu menganggukan kepala saat sedang berbicara, membuat apa yang kamu bicarakan terdengar benar, dapat dipercaya, dan orang akan cenderung setuju dengan yang kamu sampaikan.

6. Ternyata orang itu lebih baik dalam mengingat sesuatu yang belum selesai.

Zeigarnik Effect adalah istilah yang tepat untuk judul ini. Sebuah istilah psikologis yang artinya adalah kecenderungan alami untuk mengingat hal-hal yang belum tuntas. Sadar gak kalian kalau beberapa iklan TV itu terhenti begitu aja? Karena sebenernya pengiklan tersebut sengaja ingin memberikan efek Zeigarnik, agar orang lebih lama mengingat iklannya. Atau mungkin saat sebuah lagu stuk dikepala, coba untuk menyanyikan bait terakhirnya deh. Kamu akan terkesima bagaimana cepat kamu bisa lupa.

7. Kunyah permen karet untuk relax dan fokus kembali.

Mengunyah permen karet ternyata mampu menurunkan hormon steroid (cortisol) di tubuh kita. Cortisol adalah hormon yang dilepas saat kita sedang stres atau kehilangan konsentrasi. Bukan hanya mengurangi stres, juga mampu meningkatkan performa kita dalam pekerjaan yang membutuhkan ingatan.

8. Perhatikan kakinya saat sedang ngobrol denganmu.

Ketika kamu sedang ngobrol dengan orang, coba perhatikan kakinya. Apakah kakinya mengarah ke badanmu? Jika ya, itu tandanya ia tertarik untuk ngobrol denganmu. Kalau tidak, artinya ia kurang tertarik atau lagi gak fokus aja.

9. Saat baru kenalan sama orang, sebut namanya saat mengobrol untuk mengingatnya.

Intinya buat kita yang lebih sering inget muka ketimbang nama, poin ini bisa dipraktekan. Caranya gampang, kamu hanya perlu menyebut namanya tiga kali saat sedang ngobrol dengannya selama lima menit.

10. Mengutarakan perasaan senang atau puas, membuat orang lain menyukaimu!

Poin ini berlaku sama dengan poin #5. Melakukan teknik berkaca atau mirroring saat mengobrol dengan orang lain. Ketika kamu menunjukkannya dengan tulus, maka orang yang kamu ajak ngobrol akan tertular juga. Ini salah satu trik yang manjur saat kamu ingin menunjukkan kesan pertama yang menyenangkan, dan sejatinya orang akan mudah untuk tertarik padamu.


Karena sekarang ilmu kamu bertambah, sok atuh dipraktekkan!

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen