1. Stroberi

vitamin c goodmen

Berri berwarna merah ini mengandung 85 miligram vitamin C per gelas dan dosis zat mangan yang besar. Berbagai kandungan itu bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil.Pastikan untuk membeli strawberry yang organik karena Environmental Working Group telah berulang kali menemukan strawberry konvensional sebagai salah satu produk yang paling banyak mengandung pestisida.

2. Nanas

vitamin c nanas goodmen

Nanas segar, tropis dan juicy ini mengandung 79 miligram vitamin C per gelas. Tidak seperti kebanyakan buah lainnya, nanas juga mengandung banyak enzim bromelain yang bisa membantu mencerna protein.

3. Kohlrabi

kohlrabi vitamin c goodmen

Anggota keluarga Brassica ini menawarkan 84 miligram vitamin C per gelas. Masih seperti saudara Brassica lainnya seperti kubis dan brokoli, Kohlrabi memiliki sifat melawan kanker. Hmmm, cara makannya gimana ya? Bisa dicacah dan dicampur kubis, dijadikan mie sayur, atau ditumis dengan minyak zaitun. Sayur yang satu ini mungkin terdengar asing di Indonesia karena asalnya memang dari Eropa, sehingga agak susah untuk dicari.

4. Mangga

vitamin c mangga goodmen

Mangga yang manis dan lezat mengandung 122 miligram vitamin C per buah. Mangga juga merupakan sumber potensial zeaxanthan, antioksidan yang membantu menjaga mata tetap sehat dengan menyaring blue light rays yang dapat menyebabkan degenerasi makula. Mangga ini juga termasuk buah yang praktis, karena saat kita lagi malas untuk mengupas, tinggal beli yang sudah terkupas dan dingin pun kandungannya masih tetap sama. Apalagi kalau dijadikan smoothies. Wah, makin terasa enaknya.

5. Kiwi

vitamin c kiwi goodmen

Cukup dengan mengonsumsi dua buah kiwi, kita mendapatkan manfaat 128 miligram vitamin C. Penelitian juga menunjukkan bahwa kiwi membantu kita tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur. Kemungkinan karena kandungan serotonin yang tinggi, hormon yang berperan dalam memulai serangan tidur.

6. Jambu

vitamin c jambu goodmen

Buah tropis yang lezat ini bagaikan pembangkit listrik dengan kandungan vitamin C yang luar biasa. Kadar vitamin c pada jambu adalah lebih dari 200 persen. Wow, cukup dengan satu buah jambu, kita sudah memenuhi rekomendasi asupan harian untuk vitamin C. Pernah membeli jambu biji sebelumnya kan? Buah yang matang memiliki aroma bunga.

7. Paprika

vitamin c paprika goodmen

Semua paprika, baik yang berwarna hijau, kuning, merah, dan oranye sekalipun mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk, mulai dari 95 miligram untuk paprika warna hijau hingga 341 miligram dalam warna kuning. Mereka juga memiliki kandungan kalori yang super rendah, hanya 45 kalori per gelas, bisa jadi camilan yang sempurna nih.

8. Persik

vitamin c persik goodmen

Satu buah persik atau sering didengar dengan istilah buah peach rata-rata mengandung 137 miligram vitamin C. Tambahkan buah musim panas yang manis ini ke oatmeal atau pancake, bisa juga digunakan untuk membuat saus untuk ayam atau ikan panggang, atau langsung dimakan sebagai camilan saat bepergian.

9. Pepaya

vitamin c pepaya goodmen

Seperti mangga dan nanas, pepaya termasuk produsen vitamin C yang besar. Pepaya mengadung 95 miligram per buah kecil. Buah ini juga mengandung enzim papain dan chymopapain, yang mengurangi peradangan. Pepaya juga bisa memberi kita kulit yang bercahaya, cukup dijadikan smoothies, tentunya dengan berbagai bahan lain yang pas

10. Brokoli

vitamin c brokoli goodmen

Secangkir potongan brokoli mentah mengandung sekitar 81 miligram vitamin C, diikuti dengan kandungan vitamin K yang juga banyak. Vitamin K ini penting untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah. Kadar vitaminnya sudah sangat cukup, bahkan lebih, untuk kebutuhan sehari-hari kita.

11. Jus Tomat

vitamin c tomat goodmen

Secangkir jus berwarna cerah ini memiliki 170 miligram vitamin C, 21 persen dari vitamin A untuk satu hari, dan 15 persen potasium untuk sehari, semuanya hanya 41 kalori. Cukuplah untuk dikonsumsi tiap harinya.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen