Lelaki Sejati Harus Tahu 13 Trik Ini

Perubahan dalam fase kehidupan adalah sesuatu yang tidak mungkin kita hindari. Di dalam hidup ini tidak ada manusia yang sempurna, kita (lelaki) semua diciptakan dengan semua apa yang layak kita miliki lengkap dengan kelebihan dan kekurangan, tapi kalau kita ingin menjadi lelaki sejati yang lebih baik lagi atau ingin memperbaiki situasi kehidupan kita saat ini, seruan yang paling mudah di ucapkan adalah “Start from ourselves”atau mulai perbaiki dari diri kita sendiri dan otomatis ini akan meningkatkan diri kita.

Sebagai seorang laki-laki ada dua hal yang bisa membuat diri kita menjadi lelaki sejati, yaitu laki-laki wajib memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen dengan apa pun yang kita lakukan. Nah untuk berubah ke arah tersebut sulit rasanya bila kita tidak mendapat arahan yang tepat. 13 langkah sederhana ini akan memberikan gambaran dan menuntun kita menjadi laki-laki yang baik dan menyenangkan.

LELAKI SEJATI HARUS SAYANG SAMA DIRI SENDIRI!

Ever wondering or ask who we really are? Jawabannya pasti beragam, tapi apakah kita benar-benar mengenali diri kita? Cara mudah untuk mengenali diri kita adalah dengan tau apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita, sadari juga dengan apa saja kesalahan-kesalahan yang kita sudah pernah buat karena kesalahan yang kita buat biasanya timbul dari kelebihan dan kekurangan kita. Nikmati lah semua kelebihan yang kita punya tapi jangan lupa kita punya PR besar untuk mengatasi atau mengantisipasi kekurangan kita karena kadang kekurangan kita itu bisa menjadi hal yang positif buat hidup kita. Bila kita sudah mengenal diri kita, kita akan mencintai diri kita dengan sendirinya, jaga diri kita baik secara mental, fisik dan berteman lah dengan orang-orang yang memberikan kita energi positif karena dengan semua hal itu akan dapat sangat mudah membantu kita mengembangkan diri kita.

BE AMBITIOUS IN YOUR OWN WAY

Kata ambisius memang kadang terdengar seperti kata yang negatif, tapi kita harus tau bahwa laki-laki secara alami tercipta dengan sifat Ambisius karena kita memang ditakdirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Semua lelaki sejati menjadi pencari nafkah atau kepala keluarga dan ingin dihormati oleh orang-orang di sekitarnya. Hal pertama yang wajib kita lakukan adalah kita harus tau dan tetapkan apa tujuan kita atau kalimat simplenya kita harus tau kita mau jadi apa? Konteksnya di sini dalam hal profesi. Kalau kita sudah menetapkan tujuan kita, stick with itdan fokus dengan apa yang kita kejar, selalu kembali ke jalan yang sudah kita tentukan saat kita mulai merasa keluar jalur, bila kita sudah on trackcobalah untuk temukan ide kesuksesan kita sendiri agar kita bisa menjadi berbeda dengan orang lain dan bila kita belum bisa menemukan apa yang menjadi tujuan kita, take your time dan coba renungkan kembali apa yang benar-benar kita ingin capai dalam hidup, kemudian baru tentukan jalan kembali menuju kesana, ingat jangan tergesa-gesa menentukan tujuan kita sebelum kita benar-benar mengenali siapa diri kita.

DON’T CRUMBLE UNDER PRESURE

Sebagai seorang pemimpin, kita pasti sering menghadapi situasi yang menantang dan menguji baik dalam kehidupan keluarga maupun dalam pekerjaan. Banyak hal tersebut yang membuat kita stress dan menjadi sangat emosional, panik, dan hal-hal ini lah yang membuat kita menjadi hancur dibawah tekanan. Kita harus kuat dan tetap berpikir jernih, ambilah situasi ini sebagai pelajaran untuk kita menjadi lebih baik lagi, coba lihat dari point of viewatau sudut pandang yang berbeda untuk mengembalikan mental kita, dengan begini kekuatan kita akan kembali. Cobalah beranggapan semua ujian yang kita alami merupakan sebuah anugerah karena ini akan membuat kita “naik-kelas” atau lebih berpengalaman. Orang-orang akan sangat menghargai dan mencari orang yang bisa tetap kuat dan bijaksana di bawah tekanan.

BE A MAN OF YOUR WORD

Sering dengar istilah yang bisa dipegang dari lelaki sejati adalah ucapannya? Betul sekali arena seorang laki-laki akan dihormati dari kata-katanya, yang dimaksud disini bila seorang laki-laki berkomitmen dan bertanggung jawab dengan apa yang sudah diucapkan maka akan sangat disegani oleh orang-orang di sekelilingnya. Sebagai lelaki sejati, kita wajib menghindari berbohong, hiperbola akan sesuatu, dan terlebihincosistencykarena hal-hal tersebut akan menyebabkan kita kehilangan respectoleh orang lain. Bila dalam satu waktu kita tidak bisa menepati janji kita atau bertanggung jawab dengan apa yang kita ucapkan, sampaikan yang sebenarnya dengan segera (a.s.a.p) dan jujur dengan keadaan yang memang sedang terjadi, karena dengan melakukan ini kita akan dihormati akan kejujurannya.

LEARN TO CONTROL ANGER AND JEALOUSY

Cinta, amarah, takut, cemburu dan simpati adalah jenis-jenis perasaan atau emosi yang sering terjadi sehari-hari dalam hidup kita, tetapi emosi negatif seperti marah atau cemburu terhadap orang lain dapat menyebabkan kita dalam situasi yang sulit. Redam emosi negatif ini dengan mengelola ekspektasi kita dan coba tidak bergantung pada orang lain selain diri kita, karena dengan begitu kita dapat mengantisipasi segala sesuatu yang menyebabkan kita marah, cemburu dan kecewa. Untuk menjadi lelaki sejati, kita wajib mempertahankan kendali akan emosi kita baik emosi negatif atau positif. Dengan menguasai ini, kita akan selalu berpikiran tenang dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

HOLD YOURSELF ACCOUNTABLE

Perbedaan yang signifikan antara laki-laki dewasa dan yang belum adalah dengan bagaimana kita bertanggung jawab disegala aspek hidup. Sangat jelas laki-laki yang bertanggung jawab adalah laki-laki yang di hormati. Sekedar menerima kewajiban memang sangatlah mudah, tapi mempertanggung jawabkan kewajiban kita itu yang sulit. Atribut penting bagi seorang laki-laki yang sukses dalam hal tanggung jawab adalah bertanggung jawab dalam finansial, karena hal ini sangat menguji kita untuk berkomitmen dengan diri kita sendiri. Yang perlu kita garis bawahi adalah bahwa laki-laki sukses tidak mencari alasan untuk menjadi sukses melainkan mencari jalan untuk sukses.

GIVE RESPECT AND EXPECT RESPECT IN RETURN

Lelaki sejati yang sukses sudah pasti menghormati orang lain dan secara tidak langsung membuat dirinya dihormati juga oleh orang tersebut sebagai balasannya. Jika kita memperlakukan orang dengan baik maka otomatis orang lain akan memperlakukan kita dengan baik juga, namun bagaimana jika orang lain tidak memperlakukan kita dengan baik? Situasi yang sangat sulit buat kita sebagai manusia yang normal, tapi gunakan akal sehat kita dan berpikir lah dengan jernih lihat kedepan sebelum kita membalasnya. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa kita sudah membangun fondasi diri kita dengan baik, jangan rusak semua itu hanya karena hal sepele, coba bersikap, berhati besar dan dermawan, hadapi situasi tersebut dengan cara membalasnya dengan hal baik. Percayalah kita tidak akan dianggap lemah atau takut, melainkan kita akan dilihat besar dan hebat, dan orang lain pun akan melihat kita sebagai orang yang baik. Tingkah laku yang baik meskipun kecil pasti akan dilihat orang lain dalam situasi apapun di lingkungan keluarga atau bahkan pekerjaan, dan hal ini tanpa kita sadari akan membuat kita sukses dan naik level dengan sendirinya.

LOVE OTHERS WITHOUT JUDGEMENT

Don’t judge a book by its cover, suatu kalimat klise yang sering muncul ketika kita mulai menilai orang tanpa tau atau kenal lebih dalam tentangnya, nah sifat seperti ini bisa jadi boomerangbuat kita karena jika kita paham betul nilai dari kalimat tersebut maka akan membuat kita lebih mudah bergaul dan disenangi orang tanpa kita pilih-pilih siapa yang akan menjadi teman kita, hal ini bisa jadi kunci utama kesuksesan kita, karena didunia bisnis jaman sekarang, network atau jaringan pertemanan kita bisa jadi lebih mahal dibandingkan keterampilan atau skill yang kita miliki, siapa pun yang kita temui, kapan pun dan dimana pun bisa jadi itu adalah jalan kita menuju kesuksesan, namun tidak dapat dipungkiri kita pasti pernah atau akan berada disituai dimana beberapa orang mungkin melakukan atau mengatakan hal-hal yang tidak berarti buat kita, tapi kita harus tetap berpikir terbuka karena itu mungkin pemahaman mereka tentang dunia dan situasinya. Jadi, dari pada menjadi superior dan sok pintar, lebih bijaksana kalau kita menghargai pemahaman mereka, karena bisa jadi mereka adalah jalan kita untuk mencapai kesuksesan. Ini senada dengan penggalan lirik dari Chris Martin yaitu “If you never try, you’ll never know.”

ALWAYS BE YOURSELF

Quotes dari Bruce Lee yang selalu menjadi signatureyaitu“Always be yourself, express yourself, have faith in yourself, do not go out and look for a successful personality and duplicate it.”

Tekanan dari dunia luar memang akan sangat dapat memengaruhi diri kita tentang siapa kita. Dunia akan terus berkembang dan berubah, sangat penting bagi kita sebagai laki-laki untuk menjadi diri sendiri karena belajar bahagia itu dimulai dari diri kita, percaya diri dengan segala kemampuan kita luar dan dalam.

TALK WITH GOOD PURPOSE

Kata-kata itu sangat lah kuat! Cobalah untuk selalu untuk menunjukan sikap dan niat positif dengan menjaga kata-kata dengan tulus. Beberapa kata yang baik dapat memotivasi dan mengangkat orang lain. Berbicara dengan kata-kata yang baik dengan niat yang positif adalah fondasi penting hubungan yang sehat antara kita dan dunia ini.

TAKE THE LEAD IN SITUATIONS

Orang akan melihat kita sebagai laki-laki yang baik bila kita punya inisiatif untuk menyelesaikan sebuah masalah dilingkungan pekerjaan atau pun keluarga, ingat kita ditakdirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Intuisi dan inisiatif menyelesaikan masalah dalam sebuah situasi sangat lah bagus untuk kita, karnea ini akan melatih kemampuan kita dalam mengambil keputusan. Melewatkan situasi ini merupakan hal yang membuat kita rugi besar, karena orang lain yang maju untuk menyelesaikannya otomatis akan mendapat ilmu tersebut, keluar lah dari comfort zonedengan selalu men-challengediri kita supaya kita terus belajar mencari solusi dalam semua situasi mungkin akan kita alami.

BE A BETTER MAN THAT PEOPLE LOOK UP TO

Cobalah untuk menjalani kehidupan sehari-hari kita dengan membangun keputusan dan tindakan kita mengacu pada filosofi “lead by example”. Dengan demikian kita akan dapat meningkatkan kepercayaan diri kita dalam rentan waktu jangka Panjang, karena hal ini dapat mengembangkan keyakinan bahwa segala sesuatu akan berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang kita contohkan. Semakin kita sukses semakin banyak juga orang yang akan memandang kita sebagai contoh mereka. Kita akan menginspirasi orang lain karena kita selalu memimpin dengan memberikan contoh yang sesuai dengan apa yang mereka bisa terima, dan gaya memimpin seperti ini akan menjadikan kita pemimpin yang paling kuat dan membuat orang melihat kita lebih hebat lagi dari sebagaimana mestinya.

BE MANLY

Bersikap jantan layaknya karakter laki-laki keras dan kuat bukan berarti menjadikan kita terlihat macho atau kadang kearah kasar. Seorang laki-laki yang baik memiliki kualitas positif dari tekad, kekuatan, keyakinan, kualitas moral yang tinggi, integritas (kejujuran dan tanggung jawab). Seorang lelaki sejati memiliki keberanian untuk menghadapi situasi sulit, ketidaknyamanan, atau tantangan tanpa mundur meskipun ia takut.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen