Sukses bagi seorang entrepreneur atau pengusaha bisa diraih salah satunya dengan belajar dari mereka yang dulu berhasil mencapai tujuannya. Memiliki seorang mentor adalah berkah yang luar biasa bagi seorang entrepreneur. Sayangnya, gak semua orang bisa menemukan mentor yang sesuai untuk dirinya.

Bagi kita yang belum menemukan mentor bisnis pribadi yang pas, berikut adalah 20 tips untuk entrepreneur muda yang bisa digunakan saat memulai membangun usahanya

Tantang diri kita

Richard Branson mengatakan motivasi terbesarnya adalah dengan tetap menantang dirinya sendiri. Dia memperlakukan hidupnya seperti bersekolah di suatu universitas dengan durasi yang sangat panjang, di mana dia bisa belajar lebih banyak tiap harinya. Yakinkan lah dirimu. Kalau ia bisa, kita juga bisa!

Lakukan pekerjaan yang kita pedulikan

Tidak diragukan lagi bahwa menjalankan bisnis membutuhkan banyak waktu. Steve Jobs mencatat bahwa satu-satunya cara untuk merasa puas dalam hidup adalah melakukan pekerjaan yang benar-benar kita pedulikan.

Berani mengambil risiko

Kita tak akan pernah tahu seperti apa hasil dari upaya kita kecuali benar-benar sudah melakukannya. Jeff Bezos mengatakan kalau cara itu membantunya untuk mengetahui bahwa dia tidak akan menyesali kegagalan, tetapi dia akan menyesal karena tidak berusaha.

Percayalah pada diri sendiri

Sebagaimana Henry Ford katakan, “Entah kamu berpikir kalau kamu bisa atau tidak, kamu benar.” Percayalah bahwa kita bisa berhasil, dan akan menemukan berbagai cara untuk melalui banyak rintangan. Kalau tidak, kita hanya akan beralasan terus menerus.

Punya visi

Pendiri dan CEO Tumblr, David Karp, mencatat bahwa seorang pengusaha adalah seseorang yang memiliki visi untuk sesuatu dan keinginan untuk mewujudkannya. Jaga visi kita agar tetap jelas setiap saat.

Temukan orang baik

Dengan siapa kita bergaul akan menentukan akan menjadi apa diri kita. Reid Hoffman, salah seorang pendiri LinkedIn, mengatakan bahwa cara tercepat untuk mengubah diri adalah bergaul dengan orang-orang yang sudah menjadi seperti yang kita inginkan.

Hadapi rasa takutmu

Mengatasi rasa takut itu gak mudah, tapi tetap harus dilakukan. Arianna Huffington pernah berkata bahwa dia melihat keberanian layaknya otot. Semakin dia melatihnya, semakin kuat jadinya.

Mengambil tindakan nyata

Dunia penuh dengan ide-ide hebat, tetapi kesuksesan hanya datang melalui tindakan nyata. Walt Disney pernah berkata bahwa cara termudah untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai beraksi. Yup, that’s right!

Investasikan waktu

Tidak ada orang yang bisa berhasil hanya dalam sekejap, dan semua orang tentunya pernah menjadi pemula. Steve Jobs dengan bijak mengatakan, “kalau dilihat lebih dekat, sebagian besar kesuksesan dalam semalam itu membutuhkan waktu lama.” Jadi, jangan takut untuk menginvestasikan waktu kita demi perusahaan.

Kelola energi, bukan waktu

Energi kita membatasi apa yang bisa dilakukan dalam rentang waktu tertentu, jadi kelolalah dengan bijak. Jangan sampai kelelahan.

Bangun tim yang hebat

Tidak ada yang bisa berhasil dalam bisnis kalau dilakukan sendiri. Mereka yang mencoba akan kalah dengan tim yang hebat, dan itu bisa terjadi kapanpun. Bangun tim hebat untuk meningkatkan kesuksesan kita.

Rekrut orang berdasarkan karakter yang sesuai

Saat membangun tim, carilah orang dengan karakter dan nilai yang pas dengan kita. Kita bisa melatih keterampilan seseorang, tetapi akan lebih susah untuk menyesuaikan nilai yang dianut seseorang agar sama dengan perusahaan kita

Rencana untuk meningkatkan modal

Richard Harroch, seorang venture capitalist, memiliki saran ini untuk entrepreneur yang akan datang: “Meningkatkan modal akan selalu lebih sulit daripada yang kita kira, dan itu selalu membutuhkan waktu lebih lama. Jadi rencanakan untuk itu. ”

Ketahuilah tujuan kita

Ryan Allis, salah satu pendiri iContact, mengatakan bahwa mengingat tujuan kita setiap hari berarti memastikan diri untuk terus mengerjakan itu. Tentukan tujuan dan ingatlah terus setiap hari.

Belajar dari kesalahan

Banyak entrepreneur menganggap kesalahan sebagai guru terbaik mereka. Ketika kita belajar dari kesalahan, maka kesuksesan akan semakin dekat meskipun pada awalnya gagal.

Kenali pelanggan kita

Dave Thomas, pendiri Wendy, menyebutkan kalau mengenali pelanggan adalah salah satu dari tiga kunci keberhasilannya. Layanilah pelanggan lebih baik, dan pastikan kita bisa memberikan solusi yang mereka butuhkan.

Belajar dari keluhan

Bill Gates pernah berkata bahwa pelanggan yang mengeluhkan pelayanan adalah sumber belajar terbesar. Biarkan pelanggan yang tidak puas itu mengajari kita dimana layanan yang kurang baik.

Minta masukan pelanggan

Kalau hanya dengan berasumsi saja, kita tidak akan tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Kesuksesan pun tak kunjung datang. Kita harus bertanya kepada mereka secara langsung, dan kemudian dengarkan dengan saksama apa yang mereka katakan.

Mengeluarkan uang dengan bijak

Ketika kita menghabiskan uang untuk berbisnis, berhati-hatilah dan belanjakan dengan bijak. Sangat mudah untuk menghabiskan uang terlalu banyak untuk hal-hal yang kurang penting. Kita malah bisa kehabisan modal terlalu cepat.

Pahami industri kita

Tony Hsieh, pendiri Zappos, pernah berkata, “Jangan bermain game yang tidak kita mengerti, bahkan kalau kita melihat banyak orang lain menghasilkan uang dari situ.” Benar-benar memahami industri sendiri adalah kunci untuk meraih kesuksesan.

Berikan lebih dari yang diharapkan

Larry Page, pendiri Google, mendorong para entrepreneur untuk memberikan service lebih dari yang diharapkan pelanggan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian dan menambah jumlah pengikut setia layanan kita.

Menjadi pengusaha sukses memang membutuhkan banyak usaha, visi dan tentunya ketekunan. Yuk ikuti 20 tips dari para pengusaha yang telah menemukan kesuksesan, akan membantu kita mencari jalan dengan jauh lebih mudah.

 

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen