Menjadi introvert di lingkungan kerja yang didominasi oleh orang-orang extrovert itu tidak mengenakkan. Apalagi mengingat ruang kerja menjadi lebih terbuka, ruang pribadi pun menyempit sehingga sulit sekali membuat para introvert bisa bergaul di kantor.

Padahal, introvert membutuhkan me-time dan ruang pribadi agar bisa berkarya di kantor. Selain itu, menjadi introvert sebenarnya bisa meningkatkan produktivitas karena membuatmu menjadi tidak terlibat di lingkungan kerja extrovert yang cenderung toxic.

Namun mau bagaimana lagi, hidup di lingkungan kerja sama dengan di lingkungan sosial, yang artinya introvert pun harus bisa bergaul di kantor. Jadi, apa yang harus kamu lakukan supaya bisa bertahan hidup, para introvert?

Agar introvert bisa bergaul di kantor, lakukan beberapa hal ini.

Buat ruang kerja pribadimu sendiri

introvert bergaul di kantor goodmen

Ruang antar pegawai di perkantoran kekinian semakin terbuka, sehingga introvert menjadi lebih sulit memiliki ruang pribadi yang tertutup untuk memulihkan energi mereka. Imbasnya, orang lain jadi bisa melihat ekspresi wajah dan gerak-gerik introvert di bangku kerjanya, yang pastinya menjadi tidak nyaman bagi dirinya.

Belum lagi harus menghadapi orang-orang toxic di kantor. Mereka pasti akan berusaha membuat introvert menjadi tidak nyaman di kantor dengan mendatangi bangku kerjanya, lalu mengganggunya entah dengan cara bagaimana atau apa tujuannya. Hal seperti ini bukan hanya menyerap energi dan mengurangi produktivitas, tapi juga mengancam keberadaanmu di kantor bila sosialisasi

Karena itu, bila ruang pribadi di kantor dirasa sudah semakin menipis, buat saja personal space sendiri. Buat dirimu senyaman mungkin di bangku kerja dengan menaruh barang-barang pribadimu di atas meja, seperti buku novel, bingkai foto sosok yang kamu sayangi, action figure, atau tumbuhan hiasan. Kalau bisa, buat supaya barang-barang ini menghalangi pandangan orang lain yang melihat ke bangku kerjamu.

Bila kamu bisa merasa nyaman, maka energimu akan pulih kembali sehingga produktivitas pun bisa meningkat. Energi yang kembali pulih ini kemudian bisa digunakan untuk bersosialisasi di lingkungan kerja, jadi dirimu yang introvert pun bisa bergaul di kantor.

Bergaul dengan sesama introvert

introvert bergaul di kantor goodmen

Percaya deh, introvert mungkin jumlahnya sedikit di kantor, tapi pasti ada minimal seorang atau dua orang introvert di dalam lingkungan kerjamu. Sebagai sesama introvert di lingkungan yang didominasi extrovert, pasti lega rasanya bisa memiliki teman yang saling mengerti dengan kondisi satu sama lain.

Walau memiliki hobi atau minat yang berbeda, bergaul dengan sesama introvert itu mudah dan bermanfaat. Kalian bisa saling berkeluh kesah, bercerita, atau sekadar bercanda untuk memulihkan energi pada hari itu. Terlebih, dua orang atau lebih introvert yang rajin berkumpul pasti akan diakui keberadaannya, sehingga paling tidak bisa memudahkan untuk bergaul di kantor dengan sosok pegawai lainnya.

Tunjukkan bahwa kamu bisa eksis di kantor

introvert bergaul di kantor goodmen

Eksis itu lebih dari sekadar berkumpul dengan teman kantor. Arti kata ini adalah bisa membuktikan bahwa keberadaanmu diakui di kantor. Karenanya, menjadi eksis tidak harus berarti memaksakan diri untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak disukai.

Justru sebaliknya, kamu bisa terus melakukan hal yang disukai dan menunjukkannya di hadapan orang lain. Suka menyanyi? Beranikan diri untuk menyanyi di depan mereka! Pintar menulis? Tunjukkan hasil karyamu di hadapan mereka! Observasimu tajam? Bicarakan opinimu ketika meeting di kala mereka tidak mampu berbicara!

Menjadi eksis di kantor memang membutuhkan keberanian yang cukup besar, dan para introvert mungkin takut untuk memulainya. Tapi jangan takut, justru dengan kamu menjadi percaya diri terhadap bakat dan kemampuanmu sendiri, orang akan lebih respect terhadap sosokmu dan semakin menghargai keberadaanmu di kantor. Dengan begitu, introvert pun akan lebih mudah bergaul di kantor karena orang lain menjadi lebih berinisiatif untuk berbicara tentang bakat dan kemampuannya.

Sebagai sesama introvert, penulis juga mengerti betapa sulitnya bergaul di kantor yang dipenuhi oleh extrovert. Namun ingat, hal itu tidak bisa dijadikan alasan kenapa kamu selalu diam dan tidak bisa bergaul dengan orang lain. Pertahankan keberadaanmu di lingkungan kerja dan buktikan bahwa introvert pun bisa unjuk gigi di hadapan orang-orang kantor!

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen