3 Senjata Melawan Spoiler Avengers: Endgame di Internet

Buat yang belum kedapetan tiket nonton film penantian seluruh umat di Dunia, Avengers Endgame, dan rasanya pengen tutup mata dan telinga dari keisengan para spoiler. Tenang! ini gue bakal beberin cara untuk menghindar dari oknum-oknum penghancur kejutan yang ada di radar dunia maya.

Melalui kabar yang sudah dirilis sebelumnya dari Amerika, film Marvel akan tayang serentak di ratusan-ribu bioskop di Dunia pada Kamis (24/04). Nahh, karena udah lewat sehari, internet pasti jadi salah satu tempat yang bikin kita ngerasa “serba-salah.” Gimana enggak, apalagi yang gak sengaja atau tahan ngetik keyword ‘Endgame’ atau ‘avengers’ di kolom mesin pencarian… hmmm, siap-siap nyesel kalau mata dan hati gak kuat iseng baca bocoran akhir ceritanya dari para spoiler di dunia siber.

Semisal nih, lo udah tau persis cara menghindari spoiler dengan cara: Tidak melihat review apapun tentangnya, atau mendengar cerita temanmu yang sudah nonton duluan, bahkan gak mau baca komen-komen yang mengalir di media sosial.


Tapi, yakin kalian 100% bisa menghindar dari bombardir informasi tiap detiknya di internet?


Trik jadul, tapi ampuh

Sebenernya cara ini udah gak asing lagi bagi pengguna gila internet, tapi, demi memuaskan penantian 10 tahun munculnya momen berharga dari sekuel Marvel ini, wajib banget untuk aplikasikan trik ini!

Inget ya, ini gak hanya untuk film Avengers Endgame doang, kalian bisa terapkan trik serupa untuk film-film yang gak pengen kalian kena sama spoil ceritanya.

1. Mute words,

Salah satu platform yang paling sering bercuit adalah Twitter. Serangan netijen di aplikasi berlogo burung itu gak bisa kalian bendung, bahkan bakalan jadi adiktif kalau kalian udah tertarik sama salah satu konten atau isu. Pasti dikepoin terus. Nah! apalagi konten tentang Avengers Endgame?! Fix, buat para penggemarnya pasti semua orang bakalan bercuit tentang apapun yang berkaitan dengan adegan atau cerita di film itu.

Trik satu ini gak perlu menggunakan sains, kalian cuma harus menggunakan fitur “Muted Words” yang ada di dalem aplikasinya. Jadi fitur ini, menurut Twitter, mampu menghilangkan orang (@), tagar (#), atau kata kunci (keyword) dari pandanganmu.

Caranya gampang, lo tinggal ikutin langkah di bawah ini:
Klik Avatar >> pilih Setting and privacy >> Privacy and safety >> Muted Words, lalu +Add apapun keyword yang berkaitan untuk menghindar dari para spoiler. Misalnya nih:

  • Avengers
  • Endgame
  • Thanos
  • Marvel
  • #AvengersEndgame
  • quantum

Kalau lo merasa kurang, tinggal ditambah aja, atau kalau perlu jauhin juga akun yang menurut lo suka bikin spoiler. Lalu, pilih durasi untuk mengatur sampai kapan lo merasa cukup untuk gak terpapar daftar di Muted words tadi. Eits, tapi buat lo para pengguna TweetDeck, wajib juga untuk menuliskan daftar Mute words kalian disini, guna menghindari kebocoran spoiler.

2. Manfaatin fitur di browser,

Pada praktiknya, Chrome extension seringkali dinilai berisiko tinggi dari sisi keamanan, dan kebanyakan juga butuh permission beragam supaya fiturnya bekerja. Tapiii, jujur di sisi baiknya, extensions di Chrome sejatinya memudahkan kehidupan kita.

Buat mengakomodir kehati-hatian kalian dalam meng-install plugin atau extensions, ada dua senjata penuh guna buat ngusir para spoiler: Spoiler Protection 2.0 dan Unspoiler. Kedua pilihan tersebut mampu memblokir artikel berdasarkan keyword yang kamu pilih.

3. Aktifin fitur di platform media sosial,

Lo merasa lebih sering buka Facebook dan temen-temen kebanyakan ada disana, tinggal coba download Social Fixer atau Keyword Snooze. Fungsi dari Social Fixer pada dasarnya memberikan kontrol terhadap jumlah post yang muncul di timeline, atau bahkan yang menjurus ke Avengers: Endgame dari News Feed.

Video Blocker, bakalan berguna banget buat kalian yang sering berjam-jam menghabiskan waktu di YouTube. Kegunaannya sama, yaitu bisa memblokir video, channel, dan komen berdasarkan kata kunci yang sudah dimasukkan.

Khusus buat kalian para pengguna Apple, sekaligus netijen yang suka komen atau terhibur dengan drama di kolom comments, download extensions Shut Up dan akan berlaku di Safari, Chrome, atau Firefox.

Nahh, sekarang kalian udah tau senjata apa aja yang mungkin berguna di internet untuk paling nggak, ngelawan para spoiler yang tanpa perasaan mengumbar cerita dari film kesukaan kalian!

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen