Kesibukan di kantor, konflik dalam hubungan, dan masalah-masalah lainnya dalam hidup sering membuatmu lupa bahwa kamu butuh tempat relaxing untuk menyendiri. Kenapa begitu? Ketika beban pikiranmu terpaku pada hal-hal di luar, dirimu sendiri akan terabaikan sehingga stres dari luar akan perlahan-lahan merasuki pikiran dan fisikmu. Bila dibiarkan terus menerus, stres ini akan berujung pada depresi, yang pastinya akan mengganggu kehidupanmu.

Karena itu, tidak pandang introvert, extrovert, atau ambivert, setiap orang pasti butuh waktu untuk menyendiri. Waktu untuk kabur dari masalah-masalah tadi, menenangkan batin, dan memikirkan pemecahan masalahnya. You have every right to be alone, once in a while.

Lalu, ke mana kamu harus pergi menyendiri? Di mana tempat menyendiri yang tenang dan nyaman tanpa ada gangguan dari orang lain?


3 tempat relaxing ini bisa jadi opsi yang tepat untukmu


1. Wisata alam yang sepi pengunjung

pantai tempat relaxing goodmen

Alam telah menyediakan lokasi-lokasi yang sejuk, damai, nyaman, dan bisa menyegarkan batin. Gunung, pantai, bukit, taman bunga, sungai, air terjun, dan perkebunan adalah contoh-contoh tempat relaxing yang bisa kamu kunjungi. Namun, tidak semua tempat wisata alam ini bisa kamu kunjungi kapanpun dengan seenaknya.

Contohnya, mengunjungi wisata alam ketika weekend atau tanggal merah bukan keputusan bijak, karena pasti akan dipenuhi oleh para pengunjung dan tempat-tempat sepi pun akan sulit ditemukan. Maka dari itu, pergilah ketika masih weekdays, momen sepi ketika anak-anak remaja sedang bersekolah dan orang-orang dewasa sedang bekerja. Bila begitu, lokasi yang sepi pun pasti bisa segera kamu dapatkan.

Contoh lainnya adalah mengunjungi wisata alam yang memang selalu ramai. Kamu pasti akan sangat mustahil menemukan nuansa yang tenang di tempat-tempat wisata seperti Sari Ater, Puncak Bogor, atau Pantai Parangtritis. Jadi, carilah tempat-tempat wisata yang cenderung sepi pengunjung namun tetap nyaman, seperti Taman Gunung Merapi, Kawah Kamojang,  atau Pantai Takisung di Kalimantan Selatan.

Atau bila kamu bosan dengan wisata alam yang sudah terlalu terkenal, kunjungi lokasi-lokasi alami yang jarang dikunjungi orang. Lapangan teduh di pinggir sawah atau pinggir danau, contohnya, bisa jadi tempat menyendiri dadakan juga. Namun ingat, matikan semua medsos yang membuatmu harus berurusan dengan orang lain atau pekerjaan, lalu nikmati betapa indahnya alam ini.


2. Jalan raya

tempat relaxing goodmen

All life’s journeys begin with a single step outside Long, unyielding highways will be your faithful guide Once or twice you will ever cry, the highways will never judge Never will it betray you, no matter how lonely things may be Even in the darkest hour, until the end of the time

Buat sebagian orang yang lagi kepingin menyendiri, jalan raya bisa jadi tempat relaxing. Sadar atau nggak, perjalananmu mengendarai motor atau mobil di jalan raya selalu menjadi tempatmu mencurahkan suara batin, baik terucap secara langsung seperti berbicara sendiri atau sekadar dalam hati. Karena itu, jalan raya bisa menjadi tempat relaxing untuk menyendiri yang sempurna. Siapkan kendaraan dan luangkan waktu untuk jalan-jalan, lalu jelajahi jalan raya besar nan sepi seperti rute Bandung-Jakarta via Puncak, Ring Road Yogyakarta, atau rute Banjarmasin-Banjarbaru via Jalan Ahmad Yani.

Jadi, lepaskan saja beban pikiranmu dalam perjalanan ini. Atau bila kamu mau, manfaatkan juga momen ini untuk touring ke lokasi-lokasi yang jauh, baik dalam rangka liburan panjang atau berkunjung ke rumah kerabat. Sekali dayung, dua pulau terlampaui!


3. Tempat relaxing termudah adalah kamarmu sendiri

tempat relaxing goodmen

Terkadang, kita sulit pergi ke tempat-tempat seperti yang sudah disebutkan di atas tadi karena tidak ada waktu, uang, atau tenaga. Lalu, di mana tempat menyendiri yang paling mudah didapatkan? Jawabannya adalah rumahmu sendiri, atau kamarmu sendiri.

Your room, your world. Kamu bebas mencurahkan segala keluh kesah di dalam kamar dengan berbagai macam cara, mulai dari bermain game, menulis diary/blog/cerita, berbicara dengan diri sendiri, memasak, atau bahkan bersih-bersih kamar. Pokoknya, segala hal yang dilakukan dan tidak berkaitan dengan masalah-masalah yang sedang dihadapi bisa menjadi sarana yang bagus untuk melupakan itu semua sambil menjernihkan pikiran.

Satu hal yang perlu kamu ingat, menjadi pria yang baik bukan berarti harus makan hati dan terlihat tegar ketika dihadapi oleh suatu masalah. Akan tiba waktunya ketika emosi dan stres benar-benar keluar dari raut wajahmu, maka pada saat itulah kamu harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Segera temukan tempat relaxing terbaikmu, luapkan segala emosi dan keluh kesahmu, lalu selesaikan masalah-masalahmu dengan pikiran jernih.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen