4 Ciri Depresi yang Perlu Kamu Waspadai

Ciri depresi pada pria nampaknya jarang menjadi pembicaraan di tempat umum. Padahal berdasarkan data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) pada 2012, sebanyak 804.000 kematian di dunia disebabkan oleh bunuh diri setiap tahunnya. Secara global, tingkat rasio bunuh diri adalah 11,4 orang per 100.000 penduduk. Bila dibandingkan dengan perempuan, laki-laki cenderung lebih rentan melakukan bunuh diri dengan rasio sebesar 15 orang per 100.000 penduduk. So, depresi adalah masalah yang serius buat kita guys.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 4 ciri-ciri depresi yang perlu kita waspadai. Hal ini berguna sekali agar kita bisa mengidentifikasi depresi sejak awal, yang kemudian kita bisa mengunjungi Psikolog untuk berkonsultasi dan meminta bantuan sebelum terlambat.

1. Hilangnya Motivasi

4 ciri depresi goodmen

Ketika kamu bangun tidur dan tidak menemukan alasan tepat untuk bangun dan menjalani hari, dapat dipastikan kamu mengidap depresi. Hal ini juga bisa terjadi walaupun kamu memiliki jadwal keseharian yang padat, karena motivasi yang hilang dapat menghambat kinerja kamu di tempat kerja.

2. Seringnya Mikir yang Berlebihan (over-think)

4 ciri depresi goodmen

Memiliki pemikiran yang berlebihan dapat menyebabkan kepanikan. Jika kamu mengalaminya, sangat disarankan bahwa kamu berkonsultasi dengan ahli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hindari juga untuk bepergian sendiri dalam keadaan kalut dan emosi, mintalah kerabat untuk menemani kamu.

3. Tidak Ingin Bertemu Siapapun

4 ciri depresi goodmen

Orang yang sedang mengalami depresi juga biasanya tidak mau bertemu dengan orang-orang, bahkan dengan orang-orang terdekat. Ada baiknya jika kamu menyalurkan waktu sendirimu ke hal yang positif seperti menggeluti hobi atau berlibur. Hal tersebut akan menjadi distraksi bagimu dan mengistirahatkan dirimu sejenak.

4. Merasa Lebih Buruk Dari Siapapun

4 ciri depresi goodmen

Persaingan adalah hal yang wajar dan menyehatkan. Namun perlu kita tahu juga bahwa setiap orang memiliki bakat dan kelebihannya masing-masing. Berkonsultasilah dengan ahli agar kamu bisa mencari bakat-bakat terpendam yang ada di diri kamu.

Ciri-ciri depresi di atas memang terlihat wajar dan sederhana, namun hal tersebut jika didiamkan akan menjadi fatal. Seharusnya sudah bukan hal yang tabu lagi bagi kita untuk berkonsultasi ke psikolog. So let’s go, Bro! Ayo kita perangi depresi!

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen