Coba pikirkan semua perawatan rutin yang biasa dilakukan oleh laki-laki, mulai dari kulit, kesehatan rambut, gaya rambut, kebersihan mulut, perawatan rambut wajah, dan masih banyak lagi. Sudahkah maksimal kita menjaga itu semua? Dengan membangun kebiasaan merawat diri yang baik sejak dini, kita bisa terlihat awet muda. Akan lebih sedikit jerawat, garis halus, dan bintik-bintik gelap yang muncul di wajah kita, rambut juga tetap sehat dan tebal (kecuali kita memang punya gen ‘rambut tipis’). Ditambah lagi, kita bisa mengeskplor gaya rambut mana yang paling cocok untuk kita; dan juga berkesempatan untuk menghindari masalah gigi seperti radang gusi dan gigi berlubang. Itu semua baru manfaat dasar yang bisa didapatkan kalau kita punya kebiasaan yang baik dan persisten untuk merawat diri.

Mulailah melakukannya sekarang dan kita akan merasakan manfaatnya jauh lebih banyak daripada orang yang baru mulai merawat diri di usia pertengahan atau akhir 20-an, atau malah lebih dari itu. Nah, pas kita mencapai usia 40 tahun nantinya, bisa saja penampilan kita terlihat lebih muda layaknya laki-laki berusia 30 atau bahkan 25 tahun. Semua gigi kita masih rapi, rambut juga tebal, kecuali memang ada gen ya… Berikut adalah lima hal yang paling penting untuk dilakukan agar penampilan kita bisa awet muda dan segar terus.


1. Tingkatkan kepercayaan diri dengan peduli perawatan kulit di malam hari

pria merawat diri goodmen

Merawat diri pada bagian kulit bisa dilakukan dengan membersihkan wajah dua kali sehari, satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari. Melakukan hal itu masih lebih baik daripada nggak sama sekali. Tapi, cobalah tingkatkan perawatan kita dengan menggunakan produk anti-aging sesaat sebelum tidur. Atau setidaknya gunakan moisturizer.

Moisturizer menciptakan lapisan pelindung di atas kulit untuk melindungi kita dari berbagai racun yang beredar di lingkungan. Waktu tidur, mungkin kita gak begitu memerlukan manfaat itu, tapi kita butuh khasiat lainnya yaitu nourishing, karena saat kita tidur regenerasi sel terjadi dengan cepat. Luka kecil juga bisa sembuh dalam semalam.

Jadi, gunakanlah moisturizer setelah membersihkan wajah. Penggunaan krim malam sebenarnya lebih ideal untuk memaksimalkan regenerasi kulit di malam hari. Manfaatkan siklus biologis ini. Intensive Night Cream mampu meresap kedalam kulit, menambah kekencangan dan menjadikan kulit halus. Cukup gunakan sedikit, kira-kira seukuran kacang, setiap malam selama beberapa bulan dan kita akan mulai merasakan beberapa perubahan besar. Kalaupun kita merasa gak perlu untuk menggunakan itu sekarang, tapi manfaatnya bisa menjauhkan kita dari tanda-tanda penuaan nantinya.

2. Merawat diri dengan mengatur tumbuh kembang jenggot

pria merawat diri goodmen

Terserah mau gaya facial hair yang seperti apa, yang terpenting adalah perawatannya. Bahkan kumis pun bisa terlihat sangat bagus kalau kita merapikannya dengan benar. Ya, rapi. Jadi, kita perlu untuk memangkasnya, dibentuk-bentuk sedikit di setiap rambut wajah yang kita miliki. Tentunya jaga agar leher kita tetap bersih juga. Batas janggut lebih baik hanya sampai dua jari di atas jakun. Penampilan akan lebih bagus lagi kalau jambang bisa membungkus garis rahang sepenuhnya. Panjang kumis juga tidak lebih dari bibir atas.

Mungkin kita menginginkan kumis yang menonjol tetapi jenggot yang lebih pendek. Kita bisa kok mendapatkan gaya keren seperti itu dengan mudah. Kita hanya membutuhkan pemangkas janggut. Ini adalah alat styling terbaik tanpa memerlukan sertifikasi untuk menggunakannya. Carilah alat pencukur janggut yang portable, bisa diisi ulang. Disertai dengan banyak opsi trimming.

3. Kurangi shampoo, perbanyak conditioner

pria merawat diri goodmen

Kita gak perlu mencuci rambut setiap hari. Bahkan, kalau kita menggunakan penata rambut berbasis air, kita hanya perlu membilasnya. Kondisioner adalah produk perawatan rambut yang lebih penting. Sedangkan shampoo menghapus minyak dan kotoran, termasuk minyak yang baik. Disinilah gunanya conditioner. Conditioner mengembalikan nutrisi rambut, membuat rambut jadi tidak begitu mengembang dan kering. Jadi, kurangi penggunaan shampoo. Teknik merawat diri ini cukup dua hari sekali untuk shampoo, dan gunakan conditioner setiap hari. Conditioner yang kaya vitamin E misalnya, akan membuat rambut tampak lebih sehat.

4. Potong rambut setiap 6-8 minggu sekali

Jangan berlama-lama menunggu rambut hingga panjang dan berantakan. Walaupun kita memang sengaja memanjangkan rambut, tapi kita tetap perlu merapikan ujungnya, dan membentuk tekstur dan layer. Jadi, rambut pun bisa tumbuh sesuai dengan gaya yang diinginkan.

Tanyakan barber dan mereka akan memberi tahu kita bagian rambut mana yang perlu dipotong setelah enam hingga delapan minggu. Kalau sudah enam hingga delapan minggu, gaya rambut kita akan mulai berubah. Mungkin yang awalnya memiliki model rambut skintight fade, setelah dua bulan sudah terlihat jauh dari model itu. Kalau perlu, catat saja di kalender, dan berikan peringatan tiap dua bulan untuk memangkas rambut.

5. Ganti sikat gigi setiap 3 bulan

Semua dokter gigi setuju, kita perlu merawat diri dengan cara mengganti sikat gigi, setiap tiga bulan, paling lama empat bulan. Itu adalah batas waktu yang direkomendasikan American Dental Association. Setelah tiga bulan, bulu-bulu sikat gigi mulai renggang, melengkung, dan tampak pecah. Kondisi seperti itu menandakan sikat gigi sudah tidak berfungsi baik untuk menyikat. Kalau kita tidak menyikat gigi dengan sikat yang baru, bisa terjadi hal yang tidak diinginkan pada gigi dan gusi kita. Sama seperti memangkas rambut, penggantian sikat gigi ini perlu dimasukkan ke dalam kalender juga biar tidak lupa.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen