courtesy of @tehnobuffalo | Twitter

Film populer besutan Marvel ini menutup seri Avengers di multiverse Marvel Cinematic Universe (MCU) (sementara ini ya). Tapi, ada beberapa fakta unik Avengers: Endgame yang mungkin enggak kamu sadari pas nonton kemarin. Nah, sebagai fans setia Marvel yang penasaran sama masa depan para superhero Marvel, kamu wajib tahu!


Apa aja fakta unik Avengers: Endgame? Simak 7 diantaranya di sini


1. Seekor tikus jadi penyelamat umat manusia

Ingat gimana sosok Scott Lang tiba-tiba muncul walaupun sudah diumumkan meninggal? Kehadirannya yang ngagetin tim Avengers membuka pintu untuk bisa menyelamatkan kawan-kawan mereka yang dilenyapkan Thanos.

Tapi ingat, pahlawan sebenarnya bukan si Ant-Man. Melainkan tikus kecil.

Courtesy of esquire.com

Kaget? Coba ingat lagi gimana Scott Lang bisa keluar dari quantum realm. Dari bak mobil belakangnya yang ditaruh di gudang rongsok tak berpenghuni. Nah, siapa yang nyentuh tombol-tombol mesin di mobil Scott? Si tikus.

Dialah superhero sebenarnya di film ini.

2. Farewell, Stan Lee…..

stan lee marvel fakta unik avengers di goodmen
courtesy of hollywoodreporter.com

Di setiap film superhero Marvel, sosok mendiang Stan Lee pasti nyempil jadi cameo. Yup, bahkan di film trilogy Spider-Man-nya Tobey Maguire atau film pertamanya Fantastic Four.

Namun sayangnya, semenjak meninggalnya beliau tahun 2018 kemarin, sosok Stan Lee enggak bakal menghiasi film-film Marvel lagi. Fakta unik, Avengers: Endgame jadi film terakhir Stan Lee sebagai sosok cameo. Ia muncul di post-credit sebagai bentuk penghargaan terakhir dari Marvel untuk dirinya.

Thank you, Father of Superheroes, and farewell, Stan Lee.

By the way, berapa banyak film Marvel yang kamu tahu ada sosok Stan Lee sebagai cameo di dalamnya?

3. Kemana Daredevil?

Kamu mungkin kagum dengan para superhero Marvel yang nongol di film ini. Ada Spider-Man, Doctor Strange, Scarlet Witch, Black Panther, Iron Man, Thor, Captain America dan masih banyak lagi yang belum disebut.

fakta unik avengers daredevil di goodmen

Tapi bentar, kemana ya si Daredevil?

Jangan lupa, Daredevil adalah salah satu superhero besutan Marvel. Ia punya seri TV sendiri di Netflix, yang juga termasuk dari bagian MCU. Superhero lainnya kayak Luke Cage, Jessica Jones, dan Iron Fist pun muncul di Netflix.

Sayangnya, fakta unik Avengers: Endgame kali ini cukup pedih: Daredevil enggak muncul sama sekali.

Alasannya, menurut perjanjian Marvel dengan Netflix, dalam jangka waktu 2 tahun sejak season 4-nya dibatalin, tokoh Daredevil enggak boleh muncul di seri apapun di luar Netflix. Artinya, sampai 2020 nanti, enggak bakal ada tokoh Daredevil yang bisa kamu tonton selain yang udah ada di Netflix.

Lain halnya dengan Jessica Jones, Iron Fist, dan Luke Cage……

4. Usai Infinity Wars, ilmuwan super jenius di Bumi tinggal Bruce Banner dan Tony Stark

Enggak termasuk alien-alien high-tech yang mangkal di Bumi, ya. Usai Thanos menghapus separuh kehidupan di Bumi, ilmuwan super jenius di dunia tinggal Bruce Banner (Hulk) dan Tony Stark.

Bahkan, kalau kamu perhatiin, gedung Avengers kosong total. Enggak ada orang lain atau ilmuwan lain di Bumi yang berurusan dengan para Avengers yang tersisa saat itu. Artinya, selama mereka pergi demi menyelamatkan separuh kehidupan yang lenyap itu, enggak ada yang ngurusin perdamaian dunia di meja high-tech gedung Avengers. Berarti, siapa dong ilmuwan paling jenius yang tersisa di Bumi?

5. You shouldn’t be here, Scarlett Johansson

Scarlett Johansson memerankan tokoh Black Widow sejak kemunculannya di The Avengers (2012). Di luar Marvel, ia juga berperan sebagai Motoko Kusanagi di film adaptasi Ghost in the Shell (2017). Kamu pastinya pernah dengar dong, kritik pedas fans terkait perannya Johansson di film itu.

fakta unik avengers black widow di goodmen
Black Widow via giphy

Lanjut ke film Avengers: Endgame, Black Widow mencari Clint Barton (Hawkeye) yang sekarang berprofesi sebagai Ronin. Tahu apa yang pertama kali diucapkan Clint begitu melihat Black Widow datang ke Jepang?

“You shouldn’t be here!”

Fakta uniknya, itu juga yang diucapkan fans ketika melihat Scarlett Johansson memerankan tokoh Kusanagi yang harusnya diperankan orang Jepang. Dia bener-bener enggak boleh ada di Jepang karena kasus tadi. Namanya udah tercemar seantero fans Ghost in the Shell, fans anime, dan fans film.

Dan Clint tahu itu.

6. Enggak ada lagi konflik dualisme Hulk vs. Banner

fakta unik avengers hulk di goodmen
Hulk via giphy

Film The Incredible Hulk itu keren, menceritakan konflik seseorang dalam mengendalikan alter ego seseorang. Sepanjang film tadi dan di film-film Avengers sebelumnya, Banner selalu konflik dengan alter ego Hulk yang emosian bagai bom waktu.

Nah, fakta unik Avengers: Endgame yang satu ini bikin semua konflik tadi lenyap: Hulk sekarang adalah campuran Hulk dan Banner. Ia punya badan kekar Hulk, tapi punya otak genius Banner.

Artinya, enggak ada lagi kasus dualisme Hulk. Dia sekarang kuat, pintar, dan sangat kalem. Terlalu kalem, malah.

7. Endgame mengakhiri peran para superhero generasi tua

Avengers berawal dari empat film superhero terpisah, yaitu Iron Man, Captain America, Thor, dan Hulk. Bisa dibilang, merekalah sesepuh superhero MCU, alias para superhero phase 1.

Fakta unik Avengers: Endgame yang terakhir ini bakal bikin kamu sedih, karena cerita mereka telah berakhir di film ini. Secara enggak langsung, ya.

Dari keempat superhero tadi, ada yang kisahnya sebenarnya masih bisa berlanjut. Tapi apa daya, Marvel kini punya banyak superhero baru yang kisahnya bisa dilanjutin. Ada yang merupakan superhero sepuh seperti Doctor Strange, Black Panther, dan Ant-Man, ada juga superhero millennials macem Captain Marvel dan Spider-Man.

fakta unik avengers spiderman di goodmen
Spiderman via giphy

Bicara soal Spider-Man, Spider-Man: Far From Home bakal jadi film pertama dari MCU phase 4 usai era Infinity yang berakhir di Endgame. Jadwal tayangnya 5 Juli nanti, jangan lupa ya.

Selain Spidey, Marvel juga merilis film-film superhero baru. Beberapa siap masuk ke dalam MCU, kayak Ms. Marvel, The Eternals, dan Shang-Chi, superhero Asia pertama besutan Marvel.

Courtesy of finance.yahoo.com

Ada juga superhero lain yang masuk ke universe X-Men, kayak Gambit, Dark Phoenix, dan The New Mutants, alias generasi penerus para X-Men terdahulu. Pokoknya, kamu enggak bakal kehabisan bahan tontonan dari Marvel deh.


Itulah 7 fakta unik Avengers: Endgame. Meski merupakan sebuah endgame, bukan berarti kisah para superhero sudah berakhir. Nantikan kejutan dari Marvel dan nikmati kisah para superhero yang udah berani melawan Thanos. Kalau bisa, cobain juga nonton marathon semua film MCU dari awal lagi.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen