8 Trik Merawat Sneaker Yang Simpel

Sneaker memang menjadi salah satu jenis sepatu yang gak bisa lepas dari gaya casual. Selain nyaman digunakan, sepatu ini juga bikin kalian keliatan stylish. Agar sepatu kalian tetap kece setiap saat, merawat sneaker adalah kunci utamanya.


Berikut trik simpel yang bisa kamu lakuin dirumah untuk merawat sneaker kesayanganmu!


1. Jangan Biarkan Kotor Terlalu Lama

merawat sneaker goodmen

“Ah, kotor dikit, enggak apa-apa deh!”

Hindari anggapan dan persepsi seperti itu. Pasalnya, menyepelekan noda kecil yang ada di sepatu bisa menyebabkan noda tersebut lama-kelamaan menjadi permanen dan merusak sepatumu. Usahakan untuk langsung mencucinya setiap kali kamu melihat noda membandel. Meski kecil, tapi kalau dibiarkan bisa jadi noda permanen, loh!

2. Cuci dengan Cairan Pembersih

Biar sneakers kalian selalu terlihat kinclong dan bersih, jangan biarkan ada noda setitik pun yang menempel. Tidak perlu mencuci secara keseluruhan, utamakan pada area midsole yang paling mudah terkena noda. Lalu tuangkan sedikit cairan pembersih sepatu yang sudah diberikan sedikit air lalu gosokkan ke spot noda tersebut untuk membersihkannya. Apabila tidak memiliki cairan pembersih, bisa juga digantikan menggunakan deterjen.

3. Gosok dengan Sikat Gigi

merawat sneaker goodmen

Untuk membersihkan detail kotoran pada sepatu, gunakanlan sikat gigi untuk menyikat bagian yang susah dijangkau oleh sikat sepatu. Terlebih lagi, bulu sikat gigi juga terbukti lebih lembut dan dapat membantu menjaga kualitas sneakers-mu. Tetapi tidak ada salahnya jika kalian menyikat menggunakan sikat sepatu. Untuk sepatu dengan bahan suede memerlukan sikat khusus agar bulu suede tidak cepat memudar.

4. Gunakan Lap Microfiber

merawat sneaker goodmen

Setelah sepatu selesai disikat, sebaiknya sepatu langsung dilap menggunakan lap microfiber. Hal ini dilakukan agar sepatu tidak terlalu basah selama proses penyikatan. Selain itu, lap microfiber juga lebih mudah mengangkat kotoran daripada menggunakan lap atau kain biasa.

5. Jangan Lupa Bagian Insole

Saat membersihkan sepatu, penting juga untuk memperhatikan bagian dalam sepatu atau biasa disebut insole. Meskipun tak terlihat kotor, pasalnya terdapat banyak kuman dan debu juga dari hasil kegiatan sehari-hari. Jadi, pastikan juga bagian dalam sepatu sudah bersih. Untuk menghilangkan aroma tak sedap, kalian bisa meletakan kopi di dalam sepatu. Selain itu, sekarang sudah banyak terdapat produk deo-scent untuk menyegarkan aroma sepatu.

6. Keringkan dengan Sempurna

Ini juga yang tak kalah penting. Saat menjemur sepatu, pastikan sepatu tersebut telah kering dengan sempurna sebelum kalian gunakan untuk beraktivitas. Kalau sepatu tidak kering sempurna, bukan hal yang mustahil loh malah jadi sarang kuman dan juga jamur. Ditambah lagi kalau digunakan untuk olahraga, keringat yang dihasilkan dari kaki dan juga lembab dari sepatu tersebut akan menyatu, menghasilkan aroma yang tak sedap dan juga bisa menimbulkan jamur. Untuk mengeringkannya, cukup dianginkan saja hingga kering sempurna.

7. Perhatikan Kondisi Cuaca

merawat sneaker goodmen

Nah ini dia yang penting. Untuk merawat sneaker agar tahan lebih lama, pastikan kalian memperhatikan cuaca sebelum keluar rumah. Kalau sekiranya sedang musim hujan, kalian dapat menyimpan rapih sepatu putihmu di rumah dan gunakan sepatu yang lebih kuat dan aman. Selain itu, sekarang sudah banyak dijual semprotan untuk melindungi sepatu agar tidak basah. Sepatu kesayangan kalian akan lebih tahan jika sudah terlindungi dari air hujan.

8. Letakan di Tempat yang Aman

merawat sneaker goodmenUntuk merawat sneaker agar lebih tahan lama, kalian juga perlu memperhatikan peletakan sepatu. Hindari meletakannya secara bertumpuk dengan sepatu yang lain. Selain bisa bikin kotoran sepatu menyatu, meletakan sepatu dengan berantakan bisa merusak kondisi sepatu.

Jika kalian tidak sempat untuk membersihkan sneaker, kalian bisa coba jasa shoes cleaning yang sudah sering kalian temui.  Say no more to bad day shoes!

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen