9 Tips Bikin Hidup Makin Hidup

Siapa sih yang gak ingin hidup penuh gairah? Kalau dipikir-pikir, tiap orang pasti ingin punya hidup yang penuh semangat. Tapi, kebanyakan dari kita lupa apa yang sebenarnya kita inginkan karena terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari. Sekalinya sudah ada niat, gak tahu harus mulai dari mana. Nah, tips hidup berikut ini bisa membantu hidup kita semakin berasa hidup!

1. Kurangi Berkumpul dengan Orang Bermental ‘Kepiting’

pria berbicara tips hidup goodmen

Sorry to say, tapi gimana orang-orang itu bisa memberikan motivasi ke kita kalau mereka sendiri gak punya tujuan hidup yang jelas? Saat kita sudah benar-benar berniat, mereka malah bilang kita aneh, memberikan nasihat yang menjatuhkan, dan membuat kita meragukan diri sendiri, seakan mereka yang lebih tahu keadaan kita.

”Kalau saya gak bisa, berarti kamu juga gak bisa.”

Orang-orang (yang berkata seperti disamping) seperti itu disebut bermental kepiting. Seperti itulah cara berpikirnya. Dan layaknya kepiting di mangkuk, mereka akan mencoba untuk menyabotase upaya kita. Mereka berusaha menarik kita kembali ke mangkuk yang sama dengan mereka. Jadi, mulailah bergaul dengan orang-orang positif. Berteman dengan orang seperti apapun tidak ada salahnya, tapi carilah teman yang juga bisa memberikan dukungan dan motivasi ke kita.

2. Ubah Fokus Diri

Kalau ingin hidup penuh gairah, menyenangkan, dan positif, maka tips hidup yang satu ini adalah suatu keharusan. Ubahlah fokus kita. Fokuslah kepada hal yang bisa meningkatkan kapasitas diri dan membuat kita merasa lebih baik.

Langkah tepat untuk memulai adalah berhenti melihat berita negatif. Media mainstream memahami bahwa manusia dikondisikan untuk melindungi dari dari bahaya. Makanya, kita mudah menelan berita negatif karena isi beritanya dipadukan dengan ketakutan, krisis, kemarahan, dan semua skenario menakutkan dan tidak menyenangkan yang berkaitan dengan bahaya.

Masalahnya, terlalu banyak melihat berita negatif bisa memunculkan berbagai persepsi pribadi, salah satunya merasa dunia saat ini lagi kacau. Padahal sih enggak. Jangan biarkan semua bencana, bahaya, dan kematian yang disiarkan di media menjadi kenyataan. Kenapa? Karena hidup penuh gariah itu tentang fokus kepada hal baik, memahami hal buruk, dan berusaha untuk hidup sebaik mungkin.

3. Ubah Mindset

Psikolog terkenal, Carol S. Dweck, menemukan dua tipe mindset yang ada di dalam diri manusia yaitu fixed mindset dan growth mindset.

Seseorang dengan fixed mindset percaya kalau kecerdasan atau bakat mereka merupakan sifat yang menetap dan tidak bisa diubah. Mereka percaya kalau kesuksesan dan kualitas hidup mereka ditentukan oleh bakat yang dimiliki sejak lahir.

Tapi, orang dengan growth mindset yakin kalau keberuntungan, kesuksesan, atau posisi mereka saat ini ditentukan oleh berapa banyak bakat yang dikembangkan. Mereka percaya ada yang namanya usaha. Orang dengan mindset seperti ini bisa menentukan nasibnya sendiri karena memiliki usaha dan tekad yang kuat. Hasilnya, mereka akan lebih sukses dan bahagia.

Terus apa sih hubungannya dengan gairah? Nah, kita gak bisa menjalani hidup sepenuhnya kalau masih memiliki fixed mindset. Ubahlah mindset kita, dan hidup pun akan berubah

4. Ikuti Passion

tips hidup goodmen

Kalau mau hidup penuh gairah, lakukan tips hidup ini! Biarpun mungkin gak bisa kesampaian, tapi setidaknya kejar hal itu. Maksudnya? Ya kalau mau jadi penulis, menulis lah. Ingin jadi seniman, berkaryalah. Atau kalau mau hidup hemat, menabunglah, kurangi gaya hidup yang tidak perlu.

Kalau gak bisa dilakukan karena ada hambatan seperti masalah keuangan, waktu, dan komitmen, ya setidaknya berupaya dulu untuk mewujudkannya. Untuk menjalani hidup sepenuhnya, pastikan kita sudah berusaha untuk melakukan hal-hal yang benar-benar membuat kita hidup.

5. Have More Fun

Hidup itu gak melulu soal kerja. Work hard, play hard. Kalimat itu sering kita dengar. Bayangkan saja kalau misal kita bekerja hanya setengah-setengah, main juga setengah-setengah. Pasti membosankan. Tapi, kenyataannya sebagian orang hidup seperti itu.

Bermain, bersenang-senang, dan melakukan hal-hal yang kita nikmati bersama teman dan keluarga akan menambah semangat hidup. Jadi pastikan untuk bersenang-senang! Ingat untuk tidak berlebihan. Tetap diseimbangkan ya!

6. Stop too Much Excuse

Orang yang dapat menjalani hidup seperti yang mereka inginkan, adalah orang yang telah mengambil tanggung jawab penuh atas semua yang terjadi dalam hidup mereka. Ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan, jangan lepaskan tanggung jawab itu. Orang-orang yang selalu membuat alasan saat rencana tidak berjalan sesuai keinginan, tanda kalau mereka kurang bisa berkembang.

Hal ini penting karena seseorang yang sulit meyakini kalau dirinya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, biasanya dari awal sudah enggan untuk mencoba. Dan orang-orang yang tidak mau mencoba, perkembangan emosinya bisa terhambat. Pada akhirnya, mereka akan merasa hidup yang dijalani kurang maksimal. Jadi, kalau kita mau hidup penuh gairah, stop membuat 1001 alasan, Hadapilah dengan gentle.

7. A little Ego Will Not Hurt

tips hidup goodmen

Penting untuk memikirkan diri kita terlebih dahulu. Tips hidup ini mungkin terdengar berlebihan, tapi sesekali kita perlu berperilaku seperti itu. Kecuali passion kita memang untuk membantu orang lain, mengorbankan setiap waktu untuk mereka jadi terasa sah-sah saja. Ingat, gak semua orang dilahirkan layaknya utusan Tuhan yang sangat sempurna dan selalu bisa membantu setiap orang. Kita juga punya hak untuk melakukan apa yang kita inginkan terlebih dahulu, setelah itu barulah pertimbangkan orang lain.

Kalau terus menerus mendahulukan orang lain, beberapa orang akan memanfaatkan kita. Kebahagiaan kita pun akan tertunda. Saat kita mementingkan diri terlebih dahulu, secara gak langsung kita telah berupaya untuk mewujudkan hidup yang penuh gairah. Pikirkanlah, pernah merasa terpaksa saat diminta melakukan sesuatu yang gak diinginkan? Kalau seperti itu, biasanya energi yang dikeluarkan kurang maksimal, dan sensasi menyenangkannya tidak seperti kalau melakukan hal yang diinginkan.

Kadang kita memang harus melakukan sesuatu karena orang lain, tapi jangan jadikan itu gaya hidup. Yang ada malah membantu orang lain mencapai hidup penuh gairah tapi diri sendiri malah tidak merasakan itu.

8. Berani Mengambil Risiko

Pernah kan nonton film atau baca buku yang didalamnya ada karakter yang gak pernah mengambil risiko? Biasanya karakter seperti itu gampang terlupakan. Yang mudah diingat umumnya karakter heroik atau malah antagonisnya. Semua itu tokoh berkarakter ‘nekat’.

Intinya, jangan sampai jadi karakter yang mudah terlupakan seperti itu. Coba sedikit lebih berani. Jadilah pahlawan dari kisah hidup kita sendiri, dan mulailah mengambil risiko.

9. Pergi ke Ruang Terbuka

Kalau ingin hidup penuh gairah, pergi menghirup udara di ruang terbuka juga bisa membantu. Matikan TV, video games, atau PC, dan cobalah ke ruang terbuka atau jika memungkinkan, berpetualang ke alam bebas.

Sinar matahari, dan alam bebas sangat bagus untuk jiwa kita. Bahkan ada penelitian yang mendukung ini. Riset dari Stanford University menemukan bahwa populasi di perkotaan cenderung memiliki tingkat gangguan mental, kecemasan, dan depresi yang lebih tinggi karena kurang memanfaatkan waktu untuk ke ruang terbuka atau alam bebas. Kalau sampai kita merasa cemas atau depresi, hidup penuh gairah pun tak akan bisa terwujud

tips hidup goodmen

Ada begitu banyak hal yang memang harus dijalani secara konsisten. Tapi coba deh tips hidup yang satu ini. Wajar kalau beberapa dari kita merasa susah untuk mewujudkan kehidupan yang penuh semangat. Jangan berkecil hati, kita semua bisa menjadi orang seperti itu kalau benar-benar mau. Yuk ikuti 9 tips ini, dan rasakan perubahan-perubahan positif yang terjadi

 

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen