Kenal istilah southpaw? Yup, itu adalah istilah bagi orang yang menggunakan tangan kiri sebagai pusat kekuatan. Dalam olahraga tinju, biasanya si tangan kidal (left-handedl) berada di belakang tangan kanan saat kuda-kuda, bersiap untuk memberi pukulan power-hook.

Pandangan sosial

Sayangnya saya masih sering mendengar pendapat yang sudah turun temurun mengatakan bahwa tangan kanan itu lebih baik dari kiri. Anggapan ini secara alam bawah sadar sudah ditanamkan oleh orang tua sedari anak terlahir, contohnya ketika si kecil harus mengambil makanan atau menerima barang dengan tangan kanan. Seolah tangan kiri tidak memiliki andil atau peran dalam nilai sosial. Bahkan belum pernah saya mendengar orang yang dengan sengaja memberitahu tentang potensi tangan kiri bagi kelangsungan hidup. Ditambah kita seringkali “menelan” informasi yang luhur tanpa mencari tahu alasan logis ataupun ilmiah dibaliknya.

Siapa sangka kalau ternyata para pengguna tangan kiri itu memiliki daya juang dalam berpikir dan performa kerja yang lebih besar.

Lima fakta yang dimiliki si tangan kidal

1. Boxing / MMA.

Olahraga yang mengharuskan bereaksi cepat ini membuktikan bahwa dari 10 ribu data pemain, tercatat para lefties memiliki winning rate yang lebih besar. Hal tersebut menguatkan penelitian tentang “Fighting Hypothesis” yang mengambil sudut pandang dan fokus pada kelompok minoritas manusia yang terlahir dengan kidal.

2. Olahraga reaktif.

Olahraga interaktif seperti, badminton, tenis, dan sejenisnya adalah keuntungan bagi para tangan kiri atau si lefty. Pada penelitian di tahun 2017, pengguna tangan kiri sering muncul dalam incaran potensial pada profesional dan olahraga interaktif. Studi itu menyimpulkan bahwa olahraga yang membutuhkan reaksi cepat merupakan keuntungan bagi para pengguna tangan kidal! Singkatnya, kalau kamu punya anak atau adik yang masih kecil dan memiliki orientasi tangan kidal, wajib untuk diberi motivasi bermain tenis, baseball, voli, takraw dan sejenisnya apabila ingin sukses dalam masa depan karir berolahraga.

3. Isi kepala dan pilihannya.

Pengguna tangan kidal memiliki kemampuan berpikir yang berbeda. Tahun 2019, studi dari Standford University menemukan bahwa ketika mereka diperlihatkan dua kolom ilustrasi abstrak, partisipan lebih memilih kolom yang ada disebelah kiri.

dua kolom ilustrasi abstrak yang digunakan dalam studi Lefty / Left-handed person
Partisipan yang left-handed mengira kolom yang dikiri lebih baik dari yang di sebelah kananDaniel Casasanto, Pimpinan Studi Stanford

Pengaruh pilihan dalam lingkup politik

Kelompok peniliti juga mengeluarkan hipotesis bahwa para lefties dalam hasil studi ini, memengaruhi pandangan mereka dalam situasi debat politik. Daniel Casasanto meneliti gestur dari politisi dalam pilpres dalam kurun waktu 2004 – 2008, mengenai cara mereka menggunakan tangan saat menjelaskan hal positif dan negatif.

Righties atau pengguna tangan kanan cenderung menggunakan tangan kanan ketika sedang menjelaskan sesuatu yang positif, sebaliknya juga yang berlaku bagi para lefties atau left-handed.

Ketika pada kesempatan seorang kidal harus memilih dihadapannya sebuah foto kedua calon dengan posisi foto di kiri-kanan, dan orang tersebut tidak memiliki informasi utuh akan kedua calon, maka mereka akan cenderung untuk memilih foto yang disebelah kiri. It’s true!

4. Mate(mati)ka.

Di Italia, studi dilakukan oleh 3 universitas Eropa kepada 2,300 siswa untuk menyelesaikan soal matematika dengan tingkatan yang berbeda. Pada tingkatan soal aritmatika sederhana, Lefties dan Righties hanya memiliki sedikit perbedaan. Namun ketika diberi soal yang lebih kompleks dan sulit, pengguna tangan kidal lebih unggul dan cepat dalam menyelesaikannya.

5. Daya Ingat.

Universitas Toledo, di Ohia, Amerika Serikat mengadakan studi guna meneliti daya ingat dari left-handed person. Ditemukan bahwa pengguna tangan kidal lebih memiliki daya ingat terhadap kejadian-kejadian yang terjadi. Alasan sainsnya adalah pada para lefties, bagian terpenting otak besar (cerebrum) pada belahan kanan dan kirinya memiliki koneksi yang lebih kuat dibanding righties.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen