dua burung bau mulut goodmen

Suatu hari kita lagi ngobrol asyik dengan teman, rekan kerja, atau mungkin gebetan. Percakapannya seru, kesan pertama saat ngobrol juga bagus, tapi saat lawan bicara menyadari nafas kita bau dan kita mengetahuinya… hmm, rasa percaya diri kita bisa langsung turun drastis. Tapi ini bukan salah kita. Jangan Panik dulu! Bahkan, mereka yang memiliki mulut terbersih pun masih bisa mengalami bau mulut. Itu semua tergantung dari makanan yang sudah kita makan, waktu, dan bahkan tingkat stres kita. Kalau kita sadar dengan hal ini dan ingin memperbaikinya, berikut empat strategi simple untuk menyegarkan nafas kita kembali.


1. Bau mulut bisa dipicu karena kurang minum air mineral!

Kapan minum lebih banyak air adalah ide yang buruk? Minum air akan membantu menjaga bau mulut karena membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri penyebab utama bau mulut. Dehidrasi juga bisa menyebabkan bau mulut. Loh? Kok bisa? Saat kita mengalami dehidrasi, air liur yang dihasilkan menyedikit, menyebabkan peningkatan sel-sel mati di lidah dan gusi. Sel-sel mati itu menjadi makanan bagi bakteri jahat.

2. Jadikan apel sebagai cemilan sehat!

Ketika matahari mulai terbenam, secangkir kopi terlihat lebih menggoda. Tapi, sesekali cobalah apel. Apel adalah jenis buah scrubbing yang membantu kita membersihkan gigi dan lidah saat kita makan, sama seperti wortel dan seledri. Buah apel lho ya, jangan keripik atau makanan olahan dengan perasa apel. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research meneliti khasiat polifenol, seperti yang ditemukan dalam apel atau teh hijau, yang memungkinkan untuk menghambat aktivitas genetik bakteri di mulut, terutama penyebab bau busuk setelah makan atau tidur dengan mulut terbuka.

3. Coba untuk selalu menggosok lidah!

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa 40 hingga 70 persen molekul penyebab bau mulut mulai terbentuk di lidah kita. Scraper lebih efektif untuk menghilangkan bakteri dan kotoran lain dari lidah daripada sikat gigi standar. Pemeriksaan awal bisa dilakukan dengan melihat warna lidah kita menggunakan cermin. Seharusnya, lidah berwarna merah jambu. Kalau ada warna kekuningan atau putih, disitulah scraper sangat membantu.

4. Kunyah permen atau makanan penyegar nafas!

Saat kita selesai makan dan baru sadar kita gak punya permen karet atau permen mint, cobalah lihat sekeliling meja, siapa tau ada daun parsley di sisi piring, atau setangkai daun mint. Jeruk juga bisa menyingkirkan bau tak sedap di mulut.


bau mulut goodmen

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen