Siapa yang tidak kenal dengan pria berambut putih dan mirip dengan Hulk Hogan versi langsing ini? Yap, Sir Richard Charles Nicholas Branson atau lebih dikenal dengan panggilan Richard Branson, salah satu pebisnis terhormat dan ternama di dunia yang lahir pada tahun 1950 di Blackheath, London, Inggris.

Sejarah Singkat Perjalanan Karirnya

Berhenti dari sekolahnya, Richard Branson saat itu masih usia 16 tahun dan mulai merintis usaha dengan satu orang temannya untuk membuat ‘Student Magazine.’ Empat tahun berikutnya ia membuat bisnis baru bernama Virgin Records yang merupakan cikal bakal dari Virgin Group.

Di tahun 1980, Virgin melebarkan sayapnya dan merambah ke bisnis maskapai komersil yang diberi nama Virgin Atlantic Airline dan 10 tahun kedepan muncul Virgin Mobile dan Virgin Trains.


10 Tips Sukses dari Sir Branson

Kesuksesan dan stabilitas perusahaan yang dibangun sejak usia muda dengan persona dan kharisma pemimpin yang kuat, dia dinobatkan menjadi salah satu pengusaha ikonik di Inggris. Salah satu karya dia yang mencengangkan adalah merealisasikan visi gilanya, yaitu membuat perusahaan pariwisata luar angkasa (Virgin Galactic).

1. Terus Raih, Kejar, dan Jalani Mimpimu

Mimpi boleh tapi jangan selalu bermimpi dan berharap akan terwujud kalau kita tidak bergerak ke arah sana.

Kejar mimpi yang kamu impikan dan betul-betul terlibat didalam prosesnya. Hal paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengetahui hobi, passion, atau sesuatu yang bisa membuat kamu bahagia melakukannya. Lalu pikirkan peluang darimana saja yang bisa memberimu keuntungan secara bisnis.

Tapi ingat, bisnis bukan segalanya soal berapa banyak uang yang bisa dihasilkan tetapi berapa banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya. Banyak diluar sana orang yang memiliki ide cemerlang, namun sedikit yang terjun dan merealisasikannya.

2. Buat Perubahan Positif

Satu hal penting ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha/pebisnis/entrepreneur adalah memiliki ide yang dapat memberi dampak atau perubahaan positif terhadap hidup orang lain dikemudian hari.

Ketika kamu menjalani sebuah bisnis, sesungguhnya kamu memiliki kebebasan dan kontrol penuh untuk berpikir bagaimana membuat banyak perubahaan positif dalam berbagai macam bentuk. Kebebasan tersebut akan berdampak sangat baik juga kepada staf perusahaan kamu dengan mengikutsertakan mereka dalam meramu perubahaan tersebut.

3. Percaya Penuh dengan Idemu dan Lakukan yang Terbaik

Tidak ada alasan untuk meragukan ide kamu. Percaya bahwa ide kamu bisa membawa manfaat dan menginspirasi orang lain. Dengan begitu kamu akan memperkuat passion kamu dan menularkan virus kebaikan itu kepada orang-orang disekitarmu.

Ingat hal ini!

Ide yang bagus harusnya dapat dijelaskan hanya dengan 2 atau 3 kalimat padat.

Dalam kompetisi, yakinkan bahwa ide kamu menjawab segala aspek yang perlu kamu buktikan (akan lebih baik) dari kompetitormu.

4. Jangan Lupa Nikmati Momenmu dan Peduli dengan Tim-mu

Saya sangat percaya betapa pentingnya untuk menikmati apa yang sedang kita kerjakan. Pertanyaan besar justru harus ditanyakan ketika kita sudah tidak merasa fun lagi (itu tandanya harus move on!). Merasa senang/enjoy/fun/menikmati pekerjaan dan bisnismu harus tercipta utuh dalam atmosfer di kantor, bahkan lebih baik kalau dijadikan sebuah kultur di dalam perusahaan.

Pastikan kamu memiliki rekan atau manajer yang peduli dengan kemajuan individu lain, yang mampu menghargai tanpa ragu dan gengsi.

People are like flowers. If a flower is watered it flourishes and if a flower is not watered it dries up and dies. I think the same applies to people.

5. Anti Menyerah!

Sangat sangat penting untuk menghindar jauh-jauh dari kata “menyerah.” Beberapa orang beranalogi bahwa bisnis itu ibarat petualang yang sedang bertualang di alam.

Menurut Sir Branson, sebuah perjalanan menjadi pengusaha berbeda dengan petualang. Seorang pebisnis atau pengusaha bekerja dari terang sampai gelap untuk menyelesaikan masalah di kantor, dan orang dalam perusahaan bisa jadi support system yang akan membantumu dalam berbagai situasi. Ini yang tidak terjadi saat kamu berusaha survive menghadapi kompleksitas dirimu saat bertualang di alam.

Yang lebih tepat adalah, mendirikan perusahaan atau bisnis merupakan sebuah petualangan untuk menyelesaikan masalah.

Pria berambut pirang putih ini mengatakan bahwa dirinya adalah individu yang mampu dengan baik mengelola tekanan saat kondisi terpuruk. Hanya butuh satu atau dua jam dia dapat menyelesaikan dan keluar dari situasi tersebut.

6. Buatlah Daftar Targetmu dan Terus Tantang Dirimu dengan Hal Baru

Membuat detail daftar atau list dalam tujuan membangun bisnismu, justru itu yang akan membuat perusahaanmu lebih dari yang lain.

Details are very important to keep setting yourself new challenges and targets.

7. Luangkan Dirimu untuk Family Time dan Latihan Memberi Delegasi

Salah satu seni menjadi pengusaha adalah kemampuan untuk memberikan delegasi. Cari orang terbaik diperusahaanmu dan beri merka arahan dan tanggung jawab sehingga kamu bisa meluangkan waktu dengan keluarga lebih banyak.

Richard Branson bersama anaknya Holly dan Sam

Penting sekali apalagi buat kamu yang sudah memiliki anak, dia atau merekalah yang tersisa ketika kamu tiada.

Sir Branson tahu betul bahwa dirinya adalah seorang dengan jiwa pengusaha yang kuat, tapi disatu sisi dia kurang yakin bahwa dia akan menjadi seorang manajer yang bagus.

My mind always thinking ahead and wanting to create new things.

Dia selalu berpikir ketika telah menemukan ide bisnis, lalu dia mencari orang untuk menjalaninya. Dan dia melanjutkan untuk menelurkan ide lainnya lagi.

8. Stop Pandangi Layarmu! Keluar dan Lakukan Sesuatu

Hanya melihat apa yang dilakukan orang lain di dalam layar Smartphone atau Televisi tidak akan mengubah nasibmu.

With my own kids, we’ve spent quite a lot of time in the Caribbean and we never watch television there.

9. Ketika Orang Lain Bilang Sesuatu yang Menjatuhkanmu, Buktikan Mereka yang Salah!

Ide gila sering dipersepsikan tidak masuk akal. Which is memang sudah jadi rahasia umum dan sangat amat wajar. Alasannya karena kebanyakan orang merasa nyaman berada di zona normal dan aman mereka.

Memiliki pemikiran yang disruptive juga harus diikuti dengan mental pemenang.

Banyak orang yang membuntuti kesuksesan kita dan kemudian memanfaatkan momentum untuk ikut tenar dalam berbagai “hal.”

10. DO WHAT YOU LOVE. Dan Letakkan Sofa di Dalam Dapur

You only live one life, so I would do thing that you are going to enjoy.

Sir Branson memiliki pulau kecil di kepulauan karibia, dan selama dia menghabiskan waktu dengan keluarganya disana mereka hanya beraktivitas di ruang dapur.

Kenyataannya, selama kamu memiliki dapur yang memiliki ruang untuk meletakkan sofa dan ranjang dan orang-orang tersayang, sebetulnya kamu tidak memerlukan tambahan apa-apa lagi.

So, ketika kamu melakukan apa yang betu-betul kamu sukai, pasti akan menghasilkan sesuatu yang very enjoyable and comfortable dalam hidupmu ketimbang tujuannya hanya selalu soal uang dan uang.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen