Manfaat Berdebat Agar Hubungan Semakin Kuat

Banyak dari kita yang mengira bahwa hubungan yang kuat dan langgeng itu adalah hubungan tanpa ada masalah dan serba mulus. Padahal tidak demikian. Hubungan yang kuat bisa tercipta justru ketika kita melewati masalah demi masalah bersama-sama. Masalah tercipta untuk diselesaikan, bukan untuk menjadikannya pemisah antara kita dengan si dia. So, siapa yang menyangka bahwa berdebat dalam sebuah hubungan adalah hal yang justru menyehatkan hubungan tersebut? Mari kita bahas tuntas dalam artikel ini.

Perlu disadari terlebih dahulu, perdebatan itu sendiri terkadang ada juga yang bersifat merusak. Mengapa demikian? Perdebatan yang sehat adalah perdebatan yang diakhiri dengan keterbukaan dari masing-masing pihak. Sedangkan perdebatan yang perlu kita hindari adalah perdebatan yang berakhir pada kemarahan. Perdebatan yang seperti itu justru akhirnya akan menyakiti salah satu atau kedua pihak.

Practice makes perfect

Rumus sederhana yang bisa kamu terapkan ketika sedang berdebat dengan pasanganmu adalah ingat bahwa kamu dan si dia versus masalah, bukan kamu versus si dia. Maka dari itu carilah solusi bersama-sama. Ajaklah pasanganmu mengobrol secara baik-baik, tidak saling memaksa, dan tidak saling menghakimi. Dengan begitu kita mungkin bisa mengenal pasangan kita jauh lebih dalam lagi, dan dari situ akan tercipta sebuah hubungan yang kuat tidak terpatahkan ketika masalah-masalah serupa muncul di kemudian hari.

Mendiamkan masalah tanpa menyelesaikannya tidak akan menjadikan masalah itu hilang sendiri. Untuk saat tertentu mungkin akan terasa sudah mereda, namun padahal masalah tadi sudah berubah menjadi bom waktu yang menunggu untuk meledak tanpa kita tau kapan.

Be wise, like a gentleman

Penelitian yang dilakukan oleh Joseph Grenny dalam buku best seller miliknya yang berjudul “Crucial Conversations” mengatakan pada hampir 1000 orang dewasa ditemukan fakta bahwa pasangan yang terlibat dalam perdebatan atau pertengkaran yang sehat dalam hubungan mereka, 10 kali lipat berpotensi memiliki hubungan yang kuat dan bahagia jika dibandingkan dengan pasangan yang memilih untuk mendiamkan masalah yang ada.

Joseph juga berpesan dalam bukunya untuk jangan menggunakan kata-kata yang yang kasar ketika berdebat dengan pasangan kita, kedewasaan kita dilihat dari pilihan kata kita. So Guys, let’s be wise. Jangan sampai satu masalah bisa merusak hubungan yang sudah dirakit bersama-sama.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen