Berjalan Kaki Bisa Meningkatkan Suasana Hati?

Merasa bosan dan lemes di kantor? Sebuah penelitian menunjukkan kalau berjalan kaki baik untuk suasana hati kita, sekalipun hanya berjalan menyusuri lorong yang itu-itu aja.

Gak usah jauh-jauh, berjalan-jalan di taman yang jaraknya terjangkau oleh kita bisa memberi perubahan pada suasana hati. Beranjaklah dari kursi, habiskan waktu di ruang terbuka dengan paparan sinar matahari pagi, dan cari pemandangan yang menarik buat kita. Cara-cara itu bisa membantu mengangkat semangat kita lagi. Kalau kita berjalan dengan teman, manfaatnya juga akan terasa pada hubungan persahabatan kita. Apalagi kalau kita berjalan demi kesehatan, itu akan lebih bagus lagi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion edisi Agustus, berjalan bisa memberikan pengaruh positif. Pengaruh positifnya antara lain pikiran yang lebih bersemangat dan melibatkan perasaan seperti minat, kewaspadaan, kegembiraan, dan antusiasme.

Jeff Miller, peneliti utama studi ini, mengatakan bahwa berjalan hampir pasti akan menghasilkan manfaat positif, tak peduli apakah kita benar-benar mengharapkan itu atau tidak. Berarti, bisa kita simpulkan bahwa saat kita berjalan, tanpa disadari mood akan berubah ke arah yang lebih positif.

Berjalan kaki membuat pikiran dan hati kita lebih “mengalir”

Penelitian Miller menunjukkan kalau berjalan-jalan sebentar saja ada manfaat psikologis langsung. “Kalau kita merasa putus asa atau lesu, dan ingin menyemangati diri sendiri, berjalanlah cepat di sekitar bilik!” kata Miller.” Rasa keterikatan (engagement) kita dengan pikiran dan hati bisa meningkat, dan semua hal yang akan kita lakukan menjadi tampak tidak begitu terpaksa.”

Dalam eksperimen Miller lainnya, para siswa melakukan tur ke gedung kampus yang tidak begitu menarik. Grup dibagi, ada yang berjalan kaki di kehidupan nyata, ada yang dengan menonton videonya saja sambil duduk. Sebelum aktivitas dimulai, siswa diberitahu bahwa mereka harus menulis essay dua halaman tentang hal itu sesudahnya. Hmmm, tahu sendiri kan bagaimana respon siswa kalau diberikan tugas? Dengan cara ini, mereka didorong untuk percaya bahwa mereka sebenarnya akan merasa lebih buruk setelah aktivitas berjalan mengelilingi kampus dilakukan.

Hasilnya, perasaan positif menurun setelah menonton tur yang membosankan melalui video. Tetapi perasaan positif tetap stabil bagi mereka yang melakukan tur dengan berjalan sendiri. intinya, berjalan seolah-olah menjaga semangat diri, bahkan dalam kondisi yang bisa membuat mereka tertekan

Merasa bersemangat untuk berolahraga

Berjalan kaki singkat memiliki efek yang baik dalam situasi lain. Sebelum berolahraga, misalnya, pemanasan 5 sampai 10 menit dengan berjalan santai. Tak usah repot-repot, cukup menyusuri tempat yang ada di sekitar kita. Selain mempersiapkan otot untuk bekerja lebih keras, juga membantu mencegah cedera. Detak jantung kita juga akan meningkat perlahan sehingga mengurangi ketegangan pada jantung. Dan berdasarkan studi Miller, berjalan sebelum berolahraga juga bisa menciptakan kerangka pikiran yang membantu kita untuk memanfaatkan waktu berolahraga sebaik mungkin.

Miller mengatakan bahwa penelitiannya menunjukkan kalau dengan berjalan, sepertinya langsung memengaruhi komponen efek positif yaitu atentif (perhatian) dan sifat riang. Jadi, pemanasan dengan berjalan bisa meningkatkan perhatian dan rasa humor selama olahraga nantinya. Kita pun merasa olahraga lebih bersemangat dan menyenangkan.

Melacak jumlah langkah untuk menjadi lebih sehat dan bahagia

Wearable fitness trackers yang bisa mencatat langkah harian kita sangat membantu untuk melihat manfaat berjalan, baik fisik maupun psikologis. Miller berkata, “Pikiran seperti, ‘Saya masih harus melakukan 2.000 langkah lagi hari ini’ mendorong kita untuk melakukannya, dan itu bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk kemampuan engagement kita dengan lingkungan.”

Menurut Miller, tak masalah menggunakan fitness tracker, mungkin kita berharap menjadi pribadi lebih sehat dan merasa lebih baik. Ya bagaimanapun, kita masih akan mendapatkan manfaat kesehatan dan psikologis dari berjalan. Menempatkan satu kaki di depan yang lain selalu merupakan langkah yang yang benar.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen