Membeli jas? kalau dipikir-pikir rasanya mahal, tapi memberikan kita keuntungan juga. Memakai jas sebagai setelan outfit, bisa membuat kita tampak lebih keren dan pastinya bisa menyesuaikan dengan suasana tempat yang kita tuju. Bak asuransi, mahal tapi menjamin. Nah, dibawah ini ada sembilan cara modern dalam memakai jas. Bisa dicoba nih!

Ikuti Cuaca

cara memakai jas goodmen

Saatnya untuk menghadapi fakta kalau musim hujan akan segera tiba. Tapi bukan berarti kita ‘angkat tangan’ untuk memperhatikan penampilan diri sendiri. Kalau tujuannya adalah untuk mempercantik tampilam di saat cuaca sedang hujan atau dingin, pertimbangkan untuk melapiskan lightweight roll neck didalam jas. Di saat cuaca yang seperti itu, prioritaskan kain yang bisa mengatur suhu udara seperti merino wool dengan warna lembut yang melengkapi setelan kita untuk memastikan kita tetap sejuk dan nyaman.

Keserasian Sportswear dan Jas

cara memakai jas goodmen

Pakaian olahraga dan jas terdengar serasi. Namun, ternyata bisa menjadi tragedi kalau kita tidak mengikuti aturan dalam mode ini. Cara memakai jas dalam mode ini, yaitu dengan melapisinya. Kenakan track jacket yang sesuai di dalam jas kita untuk memperlihatkan penampilan baru di momen yang pas. Bagi yang berani, bereksperimenlah dengan kaus sweater polos atau sweater zip-neck, dengan cara yang sama. “Polos” menjadi kata kuncinya, di sini.

It’s Okay to Wear Tee

cara memakai jas goodmen

Mode jas dengan T-shirt sekarang sedang marak digandrungi banyak pria. Meskipun mode ini lagi hype, tapi masih ada aturan yang harus kita ikuti. Tetaplah menggunakan desain classic crew neck dengan warna yang seirama dengan jas. Misal, warna putih dengan navy, abu-abu dengan warna hitam dan sebagainya. Mengenakan ukuran yang pas juga penting. Sebuah kaos yang terlalu longgar akan memberikan kesan berat badan bertambah ke bagian tengah tubuh kita. Di sisi lain, memakai kaos yang terlalu ketat akan terlihat  out of date.

Lengkapi dengan Sepatu Boots

cara memakai jas goodmen

Ketahuilah bahwa cara memakai jas dipadukan dengan sepatu boots bisa mendukung penampilan kita atau, paling tidak, mengingatkan kembali ke waktu saat musik rock masih sangat berjaya. Dengan menyalurkan mood kita, Chelsea boots bisa menyokong setelan jas, terutama kalau dikombinasikan dengan roll necks, dasi yang pas, dan sejenisnya. Alternatif lain, sesuaikan gaya tampilan kita, dengan sepasang lace-up boots bergaya Victoria agar terlihat lebih klasik.

Black-On-Black

cara memakai jas goodmen

Meskipun mengenakan kemeja hitam atau jas dengan setelan warna yang sama masih dihindari, tapi gaya fashion ini masih tetap eksis. Sesungguhnya, berpakaian serba hitam bisa membuat kita terlihat semakin elegan. Yang terpenting dari mode ini adalah pastikan layer didalam jaket memiliki warna hitam yang sama. Kalau tidak, akan membuat item fashion mana pun yang lebih terang tampak seolah-oleh memudar.

Check Suit

cara memakai jas goodmen

Check suit (jas dengan pola garis kotak-kotak) memiliki kemampuan untuk meningkatkan gaya berpakaian formal kita. Tapi menjahit pola ini memang agak sulit. Ada banyak check suit halus yang tersedia untuk para pria yang kurang PD dengan check suit yang tegas. Tapi, kalau ada yang memang suka dengan check suit yang jelas terlihat polanya, tetap jaga penampilan agar lebih sederhana. Menukar kombinasi kemeja dan dasi untuk gaya berpakaian casual (neutral crew neck T-shirt atau Henley top) memungkinkan jas sebagai minimal look ideal untuk acara pernikahan yang tidak memiliki dress code ketat.

Setelan Jas dan Celana yang Terpisah

cara memakai jas goodmen

Setelan jas dan celana harus sama? Hmmm… itu sudah jadul, guys. Mungkin kedengarannya seperti cara berpakaian yang terburu-buru, padahal sebenarnya ini teknik berpakaian yang bagus juga. Menggabungkan jas dan celana panjang dari berbagai setelan memberi kita banyak opsi untuk mix n match, dan menghasilkan tampilan yang mengesankan tanpa melanggar aturan berpakaian. Kalau gak yakin apakah warnanya matching atau tidah, pilih tonal shades. Kalau atasannya berpola, sebaiknya bawahannya berwarna netral.

Suit Becomes Jacket

david beckham cara memakai jas goodmen

Cara memakai jas yang ini berawal dari ide memisahkan antara setelan jas dengan bawahan. Tetapi mengganti blazer dengan outwear mungkin adalah hal yang baru. Cari jaket jas, bisa yang terbuat dari kulit atau waxed cotton. Tampilan ini akan memberikan cool vibe dan merupakan pilihan cerdas bagi pria yang ingin menonjolkan pakaian formal mereka. Ini adalah tampilan yang sering dikenakan berkali-kali oleh orang-orang seperti Justin Theroux dan Ewan McGregor. Pastikan saja setting suasananya cukup santai untuk solo shirt dan kombinasi dasi saat jaket tidak digunakan untuk mengurangi risiko kepanasan.  

Berikan Sedikit Kejutan

cara memakai jas goodmen

Mengenakan sepatu kasual dengan setelan jas bisa membuatnya seolah-olah lebih keren dari yang lain. Namun, lakukan ini dengan benar. Mengganti sepatu formal dengan sepasang sneakers adalah cara yang sempurna untuk beralih dari jam kerja ke kegiatan setelah kerja.

Intinya adalah pilih jas yang minimal, netral, sebaiknya terbuat dari kulit, dan di atas segalanya yaitu bersih.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen