mengelola kecemasan versi goodmen

Apabila kamu sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengelola kecemasan, namun belum menemukan apa yang dicari, ingat bahwa akan ada banyak pilihan di luar. Mungkin kamu belum memperoleh perawatan dan penanganan yang tepat agar bisa mendapat manfaat dari kombinasi beberapa teknik pengobatan terhadap rasa cemas berlebihan. Lagi pula, belajar mengelola kecemasan acap digunakan hanya coba-coba saja. Charissa Andreotti, PhD, seorang psikologi klinis yang menangani terapi perilaku kognitif, mengatakan kalau perlu waktu untuk mencari tahu apa yang cocok untuk masing-masing orang.

Tentu saja perawatan yang bisa digunakan, seperti terapi dan obat-obatan disinyalir bisa memberikan dampak signifikan. Namun mereka, para penderita kecemasan, tidak menggunakan trik tersebut, paling tidak sebagai upaya pencegahan terhadap frustrasi. Mungkin perlu dilengkapi pengobatan terhadap kecemasan menggunakan pendekatan holistik atau mencoba sesuatu yang baru.

Membutuhkan waktu, latihan, dan kemauan untuk menginvestasikan proses tersebut. Namun tidak perlu cemas, disini kita akan coba ulas satu persatu cara efektif yang dapat digunakan untuk mengelola kecemasan berdasarkan pertimbangan para ahli.

Mengaktifkan Semua Indera

Apabila kamu mempunyai kecemasan, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih hobi yang melibatkan semua indera. Hal ini akan berguna sehingga menghasilkan perbedaan besar di dalam perasaan. Berkebun dan memasak merupakan dua hobi yang sering dilakukan para pasien penderita kecemasan akut. Dalam proses melakukan dua hobi tersebut kamu akan memperhatikan bahan, warna, aroma, proses memasak, hingga tekstur unik di ujung jari.

Langkah ini merupakan upaya terbaik untuk menghadirkan kondisi menenangkan hingga efektif mengelola kecemasan. Setidaknya hobi memasak dan berkebun dilakukan serutin mungkin, minimal 15 menit dan fokus terhadap sensasi agar memuat segala pikiran ruminatif keluar.

Fokus ke Satu Sensasi

Kegiatan yang memicu sensasi intens pun bisa membantu, seperti berada di atas tangki yang mengapung, mandi air hangat, maupun berada di tempat dengan suasana damai. Fokus terhadap sensasi air hangat akan membuat pikiran merespons tubuh agar bertindak lebih baik.

Jangan Buang, Tapi Dirangkul

Banyak orang menganggap untuk mengatasi kecemasan, maka hal yang paling baik adalah di hilangkan atau tidak dipikirkan. Well, sayangnya itu hal yang salah. Cara yang paling baik adalah menerima bahwa kamu memiliki kecemasan.

Akuilah bahwa kamu cemas bila pergi sendiri, atau berada didekat orang yang tidak dikenal. Hal ini tidak akan menjadikan kamu panik, lama kelamaan dengan terbiasa, kamu tidak akan menjadi terlalu cemas, tapi kamu tetap memiliki awareness terhadap kecemasan kamu.

Hal yang positif, karena kecemasan sebenarnya adalah salah satu pertahana psikologis kita untuk melindungi diri sendiri. Percayalah, dengan merangkul kecemasan tersebut, kamu malah akan menjadi pribadi yang attentif dan disukai orang.

Terapi Pijat

Pijat merupakan terapi yang bagus bagi tubuh dalam kondisi parasimpatis sehingga dapat sembuh secara perlahan-lahan. Ashley Dwyer, ahli terapi pijat berlisensi mengatakan, bahwa pijat bisa meningkatkan sirkulasi, terlebih menggunakan minyak esensial ketika pemijatan membantu mengendurkan sistem saraf yang tegang.

Dengan demikian, pijat menjadi pengobatan alternatif yang baik bagi pengelola kecemasan, khususnya bagi dirimu yang mencoba pendekatan lebih klasik dan belum tampak perbedaan.

Sering Konsentrasi Pada Satu Hal

Untuk mengurangi kecemasan yang berlebihan, ada cara yang cukup ampuh dan mudah untuk dilakukan. Cobalah lakukan aktivitas yang paling menarik bagimu, dimana ketika kamu melakukan aktivitas tersebut, kamu bahkan tidak ingat sama waktu lagi. Saat kamu melakukan kegiatan tersebut, kamu bahkan akan lupa sama kecemasanmu.

Ubah cara kamu bicara pada diri sendiri

Bagaimana kamu berbicara kepada diri sendiri mampu memainkan peran utama dalam mengelola keemasan. Jadi, ketika dirimu cenderung berbicara kasar pada diri sendiri, kamu secara tidak langsung membuat dirimu cemas.

Solusinya, untuk lebih mengurangi rasa cemas, ada baiknya kamu berbicara pada diri sendiri dengan hal yang positif. Contohnya, bila sebelumnya kamu bilang, “bodoh, masa hal seperti ini tidak bisa dilakukan dengan baik” , maka ganti dengan “Aku sudah melakukan yang terbaik, meski gagal, pada kesempatan yang lain aku pasti bisa berhasil.”

Kelihatannya sepele, tapi sebenarnya sedikit tricky. Kenapa? karena bila kamu terlalu memanjakan dirimu sendiri, ini malah akan menghambat pengembangan dirimu menuju kesuksesan. Ingat pilihlah kata yang positif tapi membangun, buka kata yang positif dan hanya memanjakan dirimu sendiri.

Mencoba Berbagai Macam Terapi

Apabila dirimu belum mencoba terapi pada dokter psikolog.Meskipun disini kita telah mengulas satu persatu cara untuk menyikapi kecemasan berlebihan, cara yang paling ampuh bila poin sebelumnya tidak mempan adalah pergi ke dokter. Dokter psikolog pasti lebih mengerti bagaimana harus mengatasi masalahmu.Sekian sudah penjelasan kali ini. Semoga metodi ini bermanfaat bagi kehidupan kita semua, terutama yang punya kecemasan berlebihan. Perlu diingat, cemas adalah bagian dari psikologis kita untuk melindungi diri sendiri, jadi jangan pernah menyalahkan diri bila memiliki masalah kecemasan yang berlebihan.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen