Apakah ada rencana untuk melakukan perjalanan keluar negeri dekat-dekat ini? Tentu saja saat mempersiapkan perjalanan, iPhone kita selalu menjadi salah satu barang yang wajib dibawa. Wajar, karena kita ingin mengambil foto dengan mudah, mengecek email, dan tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Tapi, ada satu hal yang bikin kita galau untuk membawa ponsel saat harus pergi ke luar negeri. Yup, biaya roamingnya yang mahal. Tapi kalian harus cari tahu trik menggunakan fitur dalam iPhone-mu ketika sedang terbang dan bepergian ke luar negeri.

Nah, dibawah ini ada 7 hal yang perlu diketahui sebelum bepergian ke luar negeri sambil membawa iPhone. Bagi para pengguna ponsel keluaran dari Apple ini, daftar dibawah ini wajib disimak agar kita tetap bisa terhubung dengan teman dan keluarga, sekaligus tanpa perlu khawatir biaya yang melonjak.

1. Matikan Roaming Data

Kalau kita berencana menggunakan ponsel di luar negeri tetapi tidak ingin menghabiskan biaya operator seluler yang mahal, kita harus ingat untuk mematikan Roaming Data.

Roaming data terjadi ketika kita menggunakan layanan seluler di luar jaringan jangkauan operator kita, dan biaya yang terkait dengan roaming data bisa sangat sangat mahal.

Untuk menyesuaikan pengaturan ini, buka Settings > General > Cellular dan kemudian matikan Data Roaming.

2. Gunakan Wi-Fi dalam Airplane Mode

Pengaturan Airplane Mode bisa menunda sinyal frekuensi radio untuk melalukan transmisi ke atau dari perangkat kita.

Airplane Mode bisa dengan mudah diakses dengan menggeser Home Screen untuk membuka Control Panel, lalu tap atau ketuk ikon pesawat agar berubah menjadi warna orange.

Kita masih bisa menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth saat berada dalam Airplane mode. Untuk menggunakan Wi-Fi, tap/ketuk ikon Wi-Fi dan kemudian hubungkan ke jaringan seperti biasa. Hal yang sama berlaku untuk Bluetooth. Kita harus mengaktifkan keduanya, karena Airplane mode mematikannya secara otomatis.

Berhati-hatilah agar Airplane Mode tidak mati karena tagihan operator bisa mulai berjalan lagi.

3. Melacak posisi di Maps secara Offline

Meskipun kita tidak bisa mengetahui arah atau menjelajahi tempat menggunakan Apple Maps tanpa terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler, kita masih bisa melacak lokasi secara offline. Buka Apple Maps atau Google Maps dan biarkan data pada area spesifik termuat saat terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi. Kemudian, saat kita keluar dari jaringan Wi-Fi, area tersebut akan muncul dan bisa melacak lokasi kita. Kita mungkin gak bisa menggunakan fitur lainnya di maps, tetapi setidaknya memberi informasi lokasi kita

Dengan menggunakan Google Maps, memungkinkan kita mengunduh area peta yang dipilih untuk penggunaan offline. Ini bisa sangat membantu kalau kita ingin mencari tahu area di sekitar hotel atau lokasi populer di tempat tujuan kita. Pengunduhan peta di Google Maps untuk penggunaan offline bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1.   Pastikan kita terhubung dengan jaringan Wi-Fi
  2.   Cari lokasi spesifik
  3.   Tap/ketuk untuk membuka lokasi tujuan, dan pilih icon Download
  4.   Perbesar dan crop peta sesuai yang kita inginkan
  5.   Tap/ketuk download

Peta-peta ini bisa diakses melalui Google Maps mobile menu di bawah bagian Offline Maps.

4. Pertimbangkan untuk membawa Perangkat Wi-Fi Pribadi

Kalau tidak ingin mendaftar untuk paket raoming international yang mahal, pilihan kedua adalah membawa perangkat Wi-Fi pribadi atau “Pocket Wi-Fi”.

Perangkat Wi-Fi pribadi bertindak sebagai hotspot untuk gadget kita. Selain itu, pocket Wi-Fi bisa diaktifkan sesuka hati. Jadi kita lebih bisa mengontrol penggunaan paket data kita.

Keuntungan utama untuk membawa perangkat Wi-Fi pribadi dibanding kartu SIM internasional adalah kita tidak perlu mengganti kartu SIM lokal kalau kita traveling antar negara. Selain itu, perangkat Wi-Fi pribadi bisa lebih murah daripada paket roaming internasional tertentu, terutama kalau operator kita mengenakan tarif khusus berdasarkan negara tujuan.

5. iMessage dan FaceTime Gratis dengan Wi-Fi

Bagi pengguna iPhone, iMessage, FaceTime Audio, dan FaceTime Video bisa kita gunakan semuanya secara gratis saat terhubung ke Wi-Fi.

Ini adalah cara simple untuk tetap bisa berhubungan dengan sesama pengguna iPhone daripada menggunakan aplikasi populer seperti WhatsApp atau Line.

Kita bisa memastikan bahwa layanan FaceTime tidak menggunakan data seluler dengan mengunjungi Settings > Cellular dan matikan FaceTime.

6. Diskusikan Paket Roaming Internasional dengan Operator Seluler Kita

Kalau mengandalkan Wi-Fi gratis dianggap terlalu membatasi, kita bisa berbicara dengan operator seluler untuk menanyakan paket roaming internasional yang disediakan Sebaiknya menggunakan paket roaming internasional hanya kalau benar-benar membutuhkannya karena tarifnya bisa sangat mahal untuk tiap jumlah menit, sms, dan data yang kita gunakan.

7. Beli Kartu SIM Lokal di Negara Tujuan

Kalau kita mau, kita juga bisa membeli kartu SIM lokal di negara yang kita kunjungi.

Namun, untuk menggunakan salah satu kartu SIM itu, pastikan gadget kita tidak terkunci. Kalau terkunci dengan operator seluler tertentu, kita harus menghubungi operator dan mengirimkan permintaan untuk membuka kunci. Setelah perangkat tidak terkunci, buka SIM card tray (terletak di samping) dan ganti kartu SIM. Setelah melakukannya, kita harus mengatur iPhone kita lagi.

Catatan: sebelum mengganti kartu SIM, pastikan untuk mem-backup iPhone kita.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen