Sesuaikan Gaya Rambut dengan Bentuk Wajahmu

Potongan gaya rambut itu penting untuk menunjang penampilan kita. Bisa jadi malah lebih penting dari gaya pakaian. Kalau pakaian kita kurang cocok, kita masih bisa menggantinya. Tapi kalau rambut? I think we know the answer. Nah makanya, pikirkanlah gaya rambut yang cocok dengan kita, seperti memikirkan pakaian apa yang pantas kita pakai. Gaya potongan rambut yang bagus, belum tentu bisa cocok untuk semua wajah laki-laki. Pakaian saja, kalau ingin pas dengan keinginan pemakainya, perlu ke desainer agar ukurannya tepat. Sama halnya dengan barber,, agar kita terlihat tampan, konsultasi sedikit tentang potongan seperti apa yang sesuai untuk bentuk wajah kita.

Ada 6 bentuk wajah yang umumnya dimiliki orang. Ivan zoot, barber dari Hammer & Nails, barbershop dengan cabang yang berada di banyak negara, memberikan beberapa tips cara menyesuaikan rambut dengan proporsi wajah kita.

Gaya Rambut Vs. Bentuk Wajah

1. Wajah Berbentuk Persegi

pria gaya rambut goodmen

Tunjukkan garis tegas pada hairline dan tulang pipi dengan classic neat haircut. Pertimbangkan juga potongan fade, french crop, atau bahkan buzz cut. Untuk menunjang penampilan, tata rambut tipis pada tepi wajah dan tambahkan tekstur di sepanjang garis rahang.  Zayn Malik bisa dijadikan contoh gaya rambut untuk proporsi wajah ini.


2. Wajah Berbentuk Persegi Panjang

pria gaya rambut goodmen

Laki-laki dengan wajah persegi panjang bisa menekankan pada potongan rambut pendek dan feathery. Biarkan bagian atas rambut jatuh agak ke samping. Jadi, proporsi wajah kita akan terlihat lebih berisi ke samping. Wajah yang bersih dan segar tanpa rambut wajah juga makin mendukung tampilan ini. Ansel Elgort bisa dijadikan panutan untuk kita yang memiliki wajah persegi panjang.


3. Wajah Berbentuk Oval

pria gaya rambut goodmen

Untuk memberikan kesan wajah agar terlihat lebih kecil, cobaah untuk tetap menjaga rambut samping dan belakang, dan hanya sedikit memotong rambut bagian atas. Minta barber untuk menambahkan garis tegas pada hairline. Hassan Minaj adalah salah satu public figure dengan wajah oval. Ia terlihat cocok dengan gaya rambut seperti ini


4. Wajah Berbentuk Bulat

pria gaya rambut goodmen

Laki-laki dengan wajah circular memiliki proporsi yang seimbang dan bisa menghadirkan garis tegas dengan risiko yang lebih kecil. Pertimbangkan gaya pompadour atau flat-top, agar memberikan kesan wajah yang lebih kecil. Rambut wajah yang lebat bisa jadi tambahan yang sangat sempurna untuk memperjelas garis rahang. Tak usah jauh-jauh, David Beckham adalah salah satu public figure dengan wajah circular. Terbukti penampilannya banyak dipuja-puja wanita.


5. Wajah Berbentuk Segitiga

pria gaya rambut goodmen

Laki-laki yang memiliki dagu yang lancip dan dahi yang lebar bisa meningkatkan tampilan mereka dengan menambahkan volume rambut hingga ke hairline. Comb-over dan fade yang lebih panjang menambahkan garis tegas hairline dan menyeimbangkan proporsi wajah. Kalau kita memang penggemar jambang, maka cukup tumbuhkan tipis-tipis saja. Malah akan terlihat lebih baik kalau wajah kita bersih tanpa rambut wajah.

Read also:  Jangan panik! Berikut 4 Tips Mengurangi Bau Mulut


6. Wajah Berbentuk Hati

pria gaya rambut goodmen

Siapa sih yang gak kenal Childish Gambino. Donald Gover memiliki proporsi wajah berbentuk hati. Bentuk wajah ini biasanya identik dengan pelipis dan garis rambut yang lebar tapi dagu meruncing. Laki-laki dengan proporsi seperti ini lebih cocok dengan gaya rambut panjang atau mid-length sehingga bisa memperhalus bentuk dahi. Gaya rambut sweeps back juga cocok untuk wajah ini. Tambahkan garis tegas pada dagu dan rahang dengan jambang atau jenggot.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen