Kalian pasti sudah familiar sama yang namanya pomade atau bahkan sering melihat berbagai merek lokal beserta jenis pomade di pasaran. Produk hairstyling yang satu ini emang lagi diminati generasi Y dan Z. Selain befungsi menata rambut kalian, pomade juga diyakini sebagian orang bisa menaikkan tingkat ketampanan seseorang. Makanya, banyak orang yang awalnya gak pake jadi ikut-ikutan.

Dengan banyaknya varian pomade yang beredar di pasaran, terkadang buat bingung untuk menentukan jenis pomade mana yang cocok dengan aktivitas kita. Sebelum membeli atau menggunakan pomade, yuk sedikit mendalami apa itu pomade dan jenisnya!

Serba-Serbi Pomade

Pomade berasal dari bahasa Perancis, Pommade, yang berarti salep. Selain dari bahasa Perancis, pomade juga merupakan bahasa serapan dari bahasa Latin, Ponum yang berarti buah untuk menggambarkan resep orisinilnya yang menggunakan apel. Tetapi untuk pomade modern saat ini, apel tidak lagi digunakan sebagai bahan baku biarpun menggunakan aroma buah-buahan.

Mengupas sejarah, sejak akhir abad ke 18, pomade mulai populer digunakan di berbagai belahan dunia dan menjadi sangat populer pada tahun 1920 hingga 1950. Tetapi, masa kejayaan pomade mulai memudar semenjak rambut panjang menjadi populer di kalangan anak muda Amerika Serikat pada tahun 1960. Setelah menghilang selama beberapa dekade, pomade kembali populer pada tahun 2010 dengan kembalinya model rambut klasik, seperti Quiff, Pompadour, dan Ducktail.

Jenis Pomade yang Kalian Wajib Tahu

Jenis Pomade Berdasarkan Bahan Dasar

Secara garis besar, pomade dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Oil Based dan Water Based. Untuk lebih jelasnya, dapat kalian simak di bawah ini,

1. Oil Based Pomade

Oil Based Pomade adalah jenis pomade yang menggunakan minyak sebagai bahan dasarnya. Minyak yang digunakan pada umumnya adalah Petroleum Jelly dan juga Beeswax. Daya tahan yang kuat dari pomade jenis ini menjadi keunggulannya sehingga cocok untuk kalian yang aktif dan memiliki banyak aktivitas. Namun, kalian harus menggunakan shampoo dan juga conditioner untuk menghilangkan pomade ini.

2. Water Based Pomade

Menggunakan air sebagai bahan dasarnya, tentu pomade jenis ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan oil based. Tetapi, water based pomade dapat dengan mudah dibersihkan sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari.


Jenis Pomade Berdasarkan Daya Tahan dan Kilaunya

Selain bahan dasarnya, pomade pada umumnya terbagi menjadi 3 varian berdasarkan tingkat ketahanan dan juga kilaunya. Varian yang kalian pilih akan berpengaruh pada penampilan kalian setelah pemakaiannya. Jadi, pilihlah pomade yang sesuai dengan kebutuhan penampilan kalian.

1. Light Pomade

Jenis Pomade yang Kalian Wajib Tahu
Click here to buy

Light Pomade dibuat khusus untuk kalian yang menyukai penampilan klasik dengan rambut klimis yang mengkilap. Secara umum, karakteristik dari pomade jenis ini adalah sebagai berikut:

TEXTURE

Pomade dengan jenis light pada umumnya memiliki tekstur yang lembut dan mudah diratakan di tangan. Dengan karakter yang lembut, pomade jenis ini mudah untuk diaplikasikan dan tidak menyusahkan ketika melakukan penyisiran.

SHINE

Tingkat kilap yang tinggi menjadi ciri khas dari pomade jenis ini. Jadi buat kalian yang ingin rambut tetep klimis sepanjang hari, pomade ini cocok buat kalian.

HOLD

Untuk masalah ketahanan, pomade jenis ini tidak memberikan daya tahan yang cukup baik pada rambut.


2. Medium Hold

Jenis Pomade yang Kalian Wajib Tahu
Click here to buy

Pomade dengan jenis medium sangat cocok digunakan buat kalian yang gak mau ribet karena pomade ini mudah digunakan tetapi tetap memiliki daya tahan yang lumayan. Secara umum, karakteristiknya adalah sebagai berikut:

TEXTURE

Tekstur yang dimiliki pomade dengan tipe medium biasanya lumayan lembut tetapi sudah terasa padat. Dengan tekstur yang demikian, proses perataan di tangan pun menjadi agak berat tetapi masih mudah untuk diratakan dan tidak akan memberikan kesulitan pada saat pengaplikasian.

SHINE

Tingkat kilap pada pomade jenis medium adalah sedang, tidak terlalu mengkilap dan juga tidak terlalu matte.

HOLD

Daya tahan yang diberikan oleh pomade medium adalah sedang, tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lemah.


3. Heavy Hold

Jenis Pomade yang Kalian Wajib Tahu
Click here to buy

Pomade jenis Heavy sangat cocok buat kalian yang ingin menata rambut dengan gaya pompadour yang tinggi. Secara umum, karakteristiknya adalah sebagai berikut:

TEXTURE

Pomade jenis ini pada umumnya memiliki tekstur yang keras. Dengan tekstur yang keras, diperlukan usaha ekstra untuk meratakan dan juga pada proses pengaplikasiannya.

SHINE

Tingkat kilap yang diberikan oleh pomade jenis heavy cenderung natural atau mate finish.

HOLD

Tingkat hold untuk jenis heavy ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Pomade ini memang diperuntukkan buat kalian yang ingin mendapatkan daya tahan yang maksimal.


So, pilih pomade sesuai dengan kebutuhan penampilanmu. Jangan sampai memilih pomade yang malah bikin penampilanmu jadi kurang pas di mata. Ganteng itu pilihan.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen