Mark Cuban dan Nasehatnya dalam Memulai Usaha

Pengusaha Mark Cuban memulai usahanya dengan berhutang sebesar lembaran uang $20 di sakunya. Pada usia 23 tahun, ia lulus dari Indiana University dan berangkat ke Texas. Ia kesana hanya berbekal uang $60, ditemani satu mobil operasional yang lantainya bolong bolong, satu jerigen bensin siap di bagasi, dan destinasi menginap di Dallas.

Mark Cuban, http://markcubancompanies.com/

Pada usia 32 tahun, Mark Cuban mendapatkan uang jutaan untuk pertama kali. Ia menjual perusahaan pertamanya, MicroSolutions, ke CompuServe seharga $ 6 juta. Kurang dari 10 tahun kemudian, ia menjual perusahaan keduanya, Broadcast.com, ke Yahoo seharga $ 5,6 miliar dan menjadi miliarder.

Tips ala Mark Cuban

Cuban memiliki beberapa tips bagi mereka yang ingin membangun kekayaan, termasuk apa yang tidak boleh dilakukan. Jangan mengejar skema cepat kaya, tulisnya di blognya pada tahun 2008. Ia juga menambahkan bahwa tidak ada jalan pintas menuju kesana.

Dia melanjutkan, “Semakin sedikit uang yang kita miliki, semakin besar kemungkinan seseorang akan datang pada kita dengan beberapa rencana licik dikelapanya. Tolong abaikan mereka dan selalu ingat ini: Kalau ada tawaran yang sebenarnya bagus, mereka tidak akan serta merta akan membaginya dengan kita.”

Cuban tidak memperdulikan tawaran orang-orang itu dan dia menyarankan bersikap skeptis terhadap siapa pun yang melakukannya. “Aku menyimpan semuanya untuk diriku sendiri,” tulisnya. Olehkarena itu “Kalau memang betul orang yang menjual tawaran itu sangat pintar, mereka harusnya akan benar-benar kaya bukannya malah kesana kemari sibuk mencari orang untuk dijadikan korban penipuan.”

Ingat sekali lagi, tidak ada jalan pintas!

Pendapat Orang Terkaya ke-4 di Dunia

Milyarder Warren Buffett juga setuju terhadap sudut pandang mengenai kekayaan. Karena sebetulnya cara mudah untuk menjadi kaya adalah dengan melakukannya secara perlahan dan persisten. Memungkinkan untuk kaya cepat jaman sekarang. Tetapi tidak mudah menjadi kaya dengan cepat dan berkepanjangan.

Warren Buffett | http://www.berkshirehathaway.com/

Aturan emas dalam berinvestasi adalah berpikir jangka panjang. Investor yang paling sukses, seperti Buffett, menggunakan strategi buy-and-hold.

“Uang itu dibuat dalam investasi dengan berinvestasi, dan dengan memiliki perusahaan yang baik untuk jangka waktu yang lama. Kalau mereka membeli perusahaan yang baik, membelinya dari waktu ke waktu, mereka akan melakukannya dengan baik 10, 20, 30 tahun dari sekarang.” kata Buffett kepada CNBC.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen