Philip Wang dalam wawancara bersama Motherboard mengatakan,

“Kebanyakan orang meremehkan kemampuan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) dalam menciptakan wajah atau gambar rekayasa di masa depan”

Tanpa kita sadari ketika kita menonton film Science Fiction (Sci-Fi), kita suka menanyakan kapan masa depan akan benar-benar terjadi? Nyatanya, kita sedang ada di masa depan. Ilmuwan di Negara seperti Amerika dan Jepang telah banyak melakukan banyak riset dan percobaan yang mencengangkan dunia.


Berpotensi menjadi pemicu hoaks dan propaganda?

PEOPLEDOESNOTEXIST, merupakan sebuah situs yang mampu menghasilkan wajah yang tidak pernah ada sebelumnya di muka bumi ini. Dengan algoritma yang terus dilatih untuk mendeteksi jutaan data wajah asli orang, dan menggunakan jaringan neural yang dikenal dengan Generative Adversarial Network (GAN) untuk menghasilkan wajah buatan baru secara nyata dan acak.

Dari kacamata individu atau kelompok yang berpikir ekstrim, ini bisa jadi bahan bagi para pencetus hoaks atau propaganda. Bayangkan saja dengan menggunakan wajah-wajah baru hasil buatan GAN, mampu menciptakan persona dan identitas baru sesuai keinginan penggunanya.

Dibalik situs kecerdasan buatan yang dibuat Philip Wang

Philip Wang seorang software engineer di Uber, mengatakan bahwa ketika kamu mengunjungi situs www.peopledoesnotexist.com dan tiap kali me-refresh-nya akan memunculkan wajah buatan (palsu) baru.

Struktur dasar kecerdasan buatan (AI yang menjadi otak di website tersebut pertama kali dibuat oleh peneliti bernama Ian Goodfellow, seorang staff senior researcher di Google Brain. Kemudian Wang menggunakan riset Nvidia yang telah rilis tahun lalu untuk menghasilkan foto wajah palsu hingga tak terbatas.

Menggunakan algoritma buatan Wang, Nvidia mengembangkannya menjadi StyleGAN. Walaupun menggunakan fundamental kecerdasan yang mampu menghasilkan wajah manusia, para peneliti penasaran untuk melakukan eksperimen dengan target output yang baru seperti pada karakter anime, font, dan grafiti. StyleGAN juga diprediksi mampu membantu pelaku kreatif dalam mengembangkan ilustrasi buatan.

Siapkan ekpektasimu hidup seperti di film Sci-Fi!

Dalam cuplikan film dokumenter di atas semakin membuka mata bahwa kita telah berada di masa depan. Perkembangan teknologi berperangkat keras dan lunak semakin terintegrasi. Berdoa saja loncatan temuan dalam sains dan teknologi terus diberdayakan untuk hal yang baik, namun tetap waspada untuk para kelompok yang berpikir lain. ThisPersonDoesNotExist menjadi bukti terobosan teknologi terbaru. Kedepan misteri dalam film Sci-Fi dengan cepat akan kita rasakan di dunia nyata.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen