disiplin melatih fokus versi goodmen

Disiplin diri dapat membantu seseorang untuk tetap fokus mencapai tujuan. Namun, disiplin diri tidak dimiliki secara alami oleh semua orang. Jika seseorang tidak diajarkan disiplin saat masih anak-anak, maka orang tersebut akan merasa kesulitan untuk disiplin kala dewasa. Pada dasarnya, kita semua memainkan peran sebagai orang tua dan anak untuk diri kita sendiri.

Tanpa disiplin diri, pikiran kita akan terlalu teralihkan kala menggapai karir. Buku “The War of Art” hasil karangan Steven Pressfield sangat bagus untuk membuat orang-orang termotivasi dengan sifat ini. Di dalamnya, dikatakan jika seorang pelukis tetap melukis, seorang penulis tetap menulis, dan seorang pedagang tetap berdagang. Dengan ini, Pressfield menekankan pada kita betapa pentingnya mempraktikkan disiplin diri dan terus melakukan apa yang kita lakukan selama ini.

Tujuan hidup manusia pada dasarnya bukan hanya satu atau dua tujuan yang hanya sementara dan dapat dilupakan begitu saja. Tujuan hidup manusia nyatanya lebih dari itu. Untuk menggapainya, kita harus konsisten. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut :

Kelilingi diri dengan orang yang terus belajar disiplin

Disiplin dan kesuksesan itu berjalan beriringan. Dengan mencari orang yang selalu mempraktikkan sikap disiplin pada diri mereka, kamu secara tidak sadar, memiliki kemungkinan besar untuk terpengaruh. Dengan kata lain, kamu condong akan menjadi lebih disiplin dan sukses saat bersama teman, dibanding saat kamu suka menyendiri . Nah, saat kamu menyadari bahwa disiplin dapat membawa dirimu pada cita-cita yang diinginkan, maka sudah pasti kamu akan termotivasi untuk terus meningkatkan skill dan kualitas diri.

Fokus pada perencanaan dan menetapkan tujuan

Perencanaan sangat penting untuk disiplin diri. Orang yang sering menetapkan tujuan besar untuk diri mereka sendiri tetapi tidak disiplin seringkali berakhir gagal. Pasalnya, mereka tidak membuat rencana permainan tentang bagaimana mereka akan mencapai tujuan itu.

Maka dari itu, dikatakan sangat sulit jika seseorang tidak memiliki pedoman untuk mengukur kemajuan dirinya sendiri. Jadi, alih-alih menetapkan tujuan besar dan berharap akan sampai disana dengan sekali lompatan, sebaliknya kamu harus berusaha memecahkan cara menuju cita-cita dengan langkah kecil.

Serangkaian langkah kecil jika dikerjakan secara konsisten akan mendatangkan hasil terbaik. Untuk memulainya juga cukup mudah, kamu bisa duduk dan mulai mencari tahu apa yang harus kamu capai setiap bulan dalam mencapai tujuan yang lebih besar.

Kemudian, uraikan lebih dalam lagi apa yang perlu kamu lakukan setiap minggu untuk tetap berada di jalur dengan tujuan yang sama setiap bulannya. Misalnya saja, tujuan besarmu mungkin untuk mendapatkan bentuk tubuh terbaik untuk satu tahun ini.

Rencana yang perlu dibuat harus menjadi serangkaian langkah yang lebih kecil lagi, salah satu contohnya bisa dengan pergi ke gym setiap hari, memasak makanan sehat selama seminggu, atau juga bisa merencanakan program sederhana lainnya. Cara ini dinilai jauh lebih mudah dalam melatih fokusmu dibanding harus mengurus langkah besar dalam satu waktu saja.

Temukan hal-hal yang dapat memotivasi dirimu

Jika kita semua bisa mempertahankan tekad kita, maka tidak akan ada alasan untuk kita berbicara tentang ketidakdisiplinan diri. Namun demikian, kita semua memang hanya manusia yang tentunya tidak lepas dari berbagai kelalaian. Karena itu, kita sebagai manusia mengalami kesulitan untuk tetap bisa fokus dan disiplin dari waktu ke waktu.

Meskipun demikian, jika kamu ingin mempertahankan diri untuk tetap fokus pada tujuan, maka hal pertama yang harus dimiliki adalah motivasi. Dengan menggunakan motivasi, kita akan tetap berusaha fokus kepada tujuan kita. Nah, untuk itu, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari tahu, apa saja hal yang bisa memotivasi dirimu.

Misalnya saja, kamu ingin punya badan yang perfect seperti Hugh Jackman si Wolverine. Tentunya kamu harus berlatih dan berolahraga secara teratur kan? Namun, kamu sendiri agak susah untuk bangun pagi, atau berlatih secara teratur karena malas. Disini kamu bisa mengakalinya dengan mencari teman untuk berlatih bersama, atau mungkin sering-sering melihat film atau cerita wolverine dengan tubuh perfeknya. Hal hal yang kecil seperti ini sebenarnya bisa juga untuk dijadikan sumber motivasi, tapi kembali lagi, kamu bisa memilih mana yang paling cocok untuk dirimu.

Inilah yang dimaksud menjadi profesional yang produktif dan memiliki disiplin diri.Setelah membaca, alangkah baiknya kalau kita semua bisa menjadi lebih baik dalam berfokus menggapai tujuan.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen