Ketika seorang laki-laki melihat prospek yang bagus saat menjalin hubungan dengan wanita, mana ada sih yang gak kepingin pasangannya setia? Itu sudah menjadi tujuan wajib dalam sebuah hubungan jangka panjang. Seandainya saja kita bisa meramal apakah calon yang kita damba-dambakan memang jodoh kita, tentunya hidup akan terasa lebih bahagia. Tapi, apakah kita sudah refleksi diri? Pantaskah kita untuk mendapatkan calon pasangan hidup sesuai keinginan?

Sebuah penelitian baru tahun ini, yang dilakukan oleh Jaako Aspara dan rekan-rekannya dari Hanken School of Economics Finland, mengatakan bahwa laki-laki yang lebih pintar akan lebih besar kecenderungannya untuk sukses dalam hubungan jangka panjang. Aspara juga menyarankan para wanita untuk memilih laki-laki pintar karena itu ibarat memiliki kartu bagus saat bertaruh. Berdasarkan penelitian itu, laki-laki pintar juga cenderung akan memiliki pernikahan yang awet. Jadi sejatinya, bisa jadi pertimbangan ini juga yang menjadi alasan bagi para wanita diluar sana untuk lebih selektif memilih pasangannya.

Laki-laki Vs. Kecerdasan?

laki-laki cerdas goodmen

Para peneliti tersebut mencatat bahwa kecerdasan bisa memiliki efek langsung pada kesehatan hubungan pasangan pernikahan untuk “bertahan hidup dan mendukung keturunan.” Ada juga efek tidak langsungnya, yaitu kemampuan laki-laki yang lebih cerdas untuk menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Ini membuat laki-laki jadi terlihat lebih menarik. Gak heran kalau laki-laki membutuhkan kecerdasan yang lebih untuk bisa menarik perhatian wanita.

Para peneliti menunjukkan hubungan antara kecerdasan dan riwayat pernikahan. Jumlah laki-laki yang menikah tanpa kasus perceraian meningkat seiring peningkatan kecerdasan secara keseluruhan dalam lima kelompok usia yang diteliti. Kelompok yang lebih muda paling kuat menunjukkan efek ini. Mungkin karena sejarah pernikahan mereka cenderung berfluktuasi lebih banyak sebelum usia 45 tahun. Kesimpulan singkatnya, dampak kecerdasan bagi laki-laki dalam penelitian ini lebih terasa pada kelompok yang lebih muda.

Laki-laki cerdas pasti jago “speak-in” wanita, bener gak sih?

laki laki cerdas goodmen

Disimpulkan juga kalau kecerdasan verbal berkaitan dengan kemampuan laki-laki yang lebih muda untuk menarik pasangan. Kecerdasan tersebut ditemukan juga pada fase “putus-cinta,” yaitu mereka lebih banyak mengekspresikan dan mendiskusikan perasaannya menggunakan cara yang lebih mudah dipahami oleh pasangannya. Stereotipe pada umumnya memberikan kesan kalau wanita lebih banyak berbicara tentang perasaannya. Walaupun hal ini belum tentu benar, tapi penting bagi setiap orang dalam suatu hubungan untuk memiliki tingkat kecerdasan emosional yang baik. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa wanita cerdas juga memiliki kehidupan pernikahan yang lebih stabil dan tahan lama.

Studi dari Finland ini mendukung penyelidikan yang menghubungkan aspek kecerdasan dengan beberapa ukuran keberhasilan hidup, termasuk penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang memiliki kecerdasan tinggi mampu memiliki hubungan yang sangat sukses.

Kita mungkin sekarang bertanya-tanya tentang sifat wanita. Benarkah mereka menilai laki-laki dari tingkat intelektualnya? Juga, karena ini adalah studi korelasional, kita tidak tahu apakah wanita yang lebih menginginkan laki-laki pintar atau dari laki-laki pintar itu sendiri yang cenderung menginginkan hubungan jangka panjang. Sebagian besar wanita sepertinya menginginkan laki-laki yang lebih cerdas, tetapi terkadang mereka juga menginginkan laki-laki dengan mobil yang bagus.

Resep Jitu Buat Laki-laki untuk deketin si dia!

Studi ini juga menunjukkan bahwa wanita lebih baik dalam mengambil pendapat dan pandangan pasangannya sebagai pertimbangan ketimbang laki-laki. Kemampuan ini penting untuk menjalin hubungan yang sehat. Jadi, jangan khawatir. 

laki laki cerdas goodmen

Kecerdasan disini bukan berarti kita adalah harus menjadi titisan Einstein dengan IQ yang masuk kategori superior. Cukup tingkatkan kemampuan berkomunikasi kita menjadi lebih cair dan menyenangkan. Jadilah pendengar yang baik. Jadilah diri sendiri. Ini adalah resep terjitu untuk menarik hati kaum hawa.

Mereka cenderung akan bercerita lebih banyak dan terbuka dengan perasaannya, sehingga laki-laki harus bisa “memfasilitasinya.” Kalau kita khawatir tidak secerdas yang seperti orang-orang pikirkan, jangan terintimidasi. Ingat, kecerdasan bukanlah segalanya karena keberuntungan sering jadi jalan keluarnya.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen