5 Langkah Menciptakan Keseimbangan Hidup

Sering kan denger kalau hidup itu identik dengan keseimbangan. Pekerjaan, rumah, keuangan, kesehatan, dan hubungan udah jadi kebutuhan yang wajib dijaga keseimbangannya. Mempertahankan kehidupan yang seimbang nggak hanya penting untuk kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan, tapi juga penting untuk meningkatkan produktivitas, mengelola stres, bahkan mengungkap potensi kita yang sebenarnya.

Jadi, bagaimana keseimbangan bisa dicapai ya?


Berikut adalah 5 langkah simpel untuk membantu memulai menciptakan keseimbangan hidup!


1. Pola Istirahat

Luangkan waktu untuk bersantai. Bersantai dan mengisi ulang energi dalam tubuh. Bisa jadi hanya beberapa jam sehari atau selama akhir pekan. Matikan laptop dan smartphone. Baca buku, meditasi, jogging, bersepeda, atau hanya se-simple bicara ringan dengan orang terdekat. Yap sesekali mungkin kita pengen periksa notifikasi di lock screen, siapa yang baru aja ngirim pesan chat atau berapa banyak orang yang udah nge-like postingan terbaru di Instagram. Tapi, penting banget untuk diingat kalau semua hal itu sebenarnya bisa menunggu atau bahkan terkadang emang nggak sepenting atau se-urgent itu.

Hindari juga menukar waktu tidur untuk bekerja. Terlalu banyak bekerja atau terlalu memikirkan tentang hal-hal terkait pekerjaan di rumah nggak hanya meningkatkan stres, tapi juga membunuh produktivitas dan bisa merusak hubungan dengan yang kita cintai. Setelah waktu bekerja selesai, langsung keluarkan apapun yang berkaitan dengan pekerjaan dari pikiran kita dan take a break.

2. Raih Gaya Hidup Sehat

Kesehatan pasti memengaruhi setiap aspek kehidupan. That’s why, penting untuk berinvestasi dalam kesehatan fisik dan mental. Makan makanan sehat, tidur yang cukup, tetap terhidrasi, dan berolahragalah secara teratur.

3. Hindari Hal-Hal Negatif

Mengadopsi pola pikir positif dan menjauh dari pengaruh negatif sangat penting untuk kebahagiaan dan kedamaian jiwa. Jauhi toxic people sebanyak mungkin, maksudnya dari orang yang membawa aura atau tindakan negatif.. Berlatihlah selalu ingat untuk bersyukur, hindarilah terlalu mudah mengkritik atau merendahkan diri sendiri (jangan over-baper) dan lakukan paling nggak satu hal baru yang seru atau menyenangkan tiap hari, apapun yang bisa membuat perasaan menjadi bahagia.

4. Manajemen Prioritas

Menciptakan keseimbangan hidup sama sekali bukan tentang ngejejelin sebanyak mungkin hal yang bisa dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Belajarlah menimbang atau memprioritaskan mana yang penting dan tidak, ditambah dengan mengevaluasi berapa banyak waktu dan energi yang harus diinvestasikan dalam hal-hal yang penting. Contohnya, apakah benar-benar perlu untuk menjawab email kantor saat sedang berada di acara makan malam keluarga? Apakah membeli parfum mewah itu lebih penting daripada menabung uang untuk pembayaran uang muka rumah impian kita? Kelola manajemen prioritas secara teratur agar tetap fokus, waktu terkelola lebih efektif, dan kelelahan pun bisa diminimalisir.

via GIPHY

5. Manjakan Diri

Sesekali menghabiskan waktu untuk ‘treat your self’ atau ‘me-time’ bisa merubah suasana hati, kesehatan mental, dan percaya diri. Coba sisihkan waktu hanya untuk diri sendiri misalnya dengan menjadwalkan spa, pergi keliling kota untuk bersenang-senang, atau ngopi di coffee shop favorit. Dan kalau ingin bersantai tanpa membuat menguras rekening bank, bisa dengan mendengarkan musik, mandi air hangat, atau nonton film di kamar sambil makan indomie goreng.

Yuk coba terapin kelima hal di atas dalam keseharian dan rasain perbedaannya! Hopefully hal positif akan segera kamu temui.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen