kecerdasan emosional goodmen

Belakangan ini banyak yang membicarakan tentang kecerdasan emosional atau emotional intelligence. EQ menjadi pembicaraan banyak kalangan. Karena dinilai lebih penting dibanding dengan IQ.

EQ itu kemampuan seseorang untuk memahami, menjabarkan, memikirkan, mengidentifikasi emosi diri sendiri maupun orang lain. Pengaruh EQ ini sangat besar sekali. Seseorang dengan tingkat EQ tinggi bisa memberikan pengaruh emosional orang lain. Entah secara positif atau negatif. Dengan kemampuan EQ tinggi, seseorang tersebut bisa memberikan keuntungan bagus untuk kehidupannya maupun lingkungan pekerjaan.

Seseorang dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi tentunya mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, lebih fleksibel dan ulet dalam kerja sama. Bukan hanya IQ tingi saja yang diunggulkan. Seseorang meskipun mempunyai hanya tingkat IQ tinggi, tanpa EQ yang mumpuni pasti sulit untuk mengantarnya sukses.

Memiliki EQ Tinggi Itu Sangat Penting

Seperti yang sudah diterangkan di atas, bahwa peranan kecerdasan emosional itu sangat penting. Di bawah ini adalah beberapa dampak positif jika seseorang mempunyai EQ tinggi.Bekerja sama jadi lebih baik. Dalam lingkup rekan kerja EQ tinggi berdampak baik. Orang tersebut jadi lebih dipercaya. Kemampuan bekerja sama lebih ulet. Seseorang dengan EQ yang bagus maka mereka justru lebih pintar dalam membangun hubungan secara emosional. Bekerja dalam satu tim, EQ bisa dijadikan leader team karena bisa dipercaya.

Komunikasi efektif dengan kecerdasan emosional. Dalam kerja sama tim, untuk meraih hasil yang memuaskan pasti membutuhkan kemampuan komunikasi yang bagus. Mereka dengan EQ tinggi lebih tanggap memberikan respon baik terhadap rekan kerjanya. Tidak akan terjadi kesalah pahaman dalam satu tim. Jadi komunikasi dalam satu tim bisa lebih baik lagi.

Suka menghadapi tantangan baru. EQ tinggi bisa merubah emosionalnya supaya lebih baik lagi. Misal jika mendapatkan tantangan di lingkungan kerja, EQ tinggi bisa mengendalikan emosi agar tidak memberikan dampak buruk untuk orang sekitarnya. Tantangan kecil maupun besar bisa mereka atasi. Seseorang dengan EQ bagus memiliki self-awareness yang tinggi.

Bisa menerima kritik, mampu mendengarkan saran. EQ tinggi lebih mudah untuk menerima kritik dan saran secara terbuka. Kritikan biasa maupun kritikan keras mampu mereka terima. Cerdas secara emosional menerimakan segala bentuk kritikan untuk evaluasi. Namun mereka juga tau mana kritikan yang benar-benar diperlukan.

Memiliki mindset bagus. Kecerdasan emosional itu selalu berfikir optimis. Batin mereka selalu mendukung dengan ide-ide barunya. Melihat dan mengeksekusi peluang lebih cepat.

Mengetahui Tingkat Kecerdasan Emosional Diri Sendiri

Kecerdasan secara emosional seakan-akan jadi hal yang vital untuk seseorang. Karena dengan EQ tersebut orang bisa mengendalikan diri sendiri dan mengerti langkah apa yang bakal diambil dalam setiap masalah.

Bagi anda yang ingin mengetahui tingkat EQ anda, Daniel Goleman, penulis terkemuka tentang kecerdasan emosional mengumpulkan beberapa pertanyaan untuk mengetahui EQ kita. Apakah anda bisa meng-iyakan pertanyaan dibawah ini :

  • Apakah sadar akan keterbatasan serta kekuatan pribadi kamu?
  • Apakah kamu sadar tentang apa yang kamu rasakan dan kenapa kamu merasakan tersebut?
  • Apakah kamu bisa mengelola stres dengan baik dan bisa meredakan stres dengan baik?
  • Bisakah kamu beradaptasi dengan perubahan kenyataan dengan baik?
  • Apakah kamu bisa fokus terhadap tujuan utama dan mengerti apa yang perlu dilakukan untuk menggapainya?
  • Bisakah kamu merasakan perasaan seseorang dan memahami sudut pandang mereka ketika berinteraksi?
  • Bisakah kamu bernegosiasi dengan baik dan bisa selesaikan masalah?
  • Apakah kamu mempunyai komunikasi efektif yang baik?

Nah, bagi kamu yang sudah membaca cara mengetahui tingkat kecerdasan ini, ada baiknya untuk segera mengukurnya. Lalu, bagaimana bila ternyata tingkat kecerdasan kamu tidak terlalu tinggi. Hal ini pun tidak perlu di cemaskan, karena dengan instropeksi diri, dan lebih mengenal kemampuan EQ kamu, maka anda sudah melakukan langkah pertama untuk mengasah EQ tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dan sukses di kemudian hari.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen