menghadapi perilaku kasar versi goodmen

Mungkin kita pernah mengemudi sekian jam sampai rasanya kendaraan cuma maju 1 meter pelan-pelan. Jalanan di Ibu Kota merupakan tempat perilaku kasar bermula, sehingga sudah menjadi hal wajar ketika kemacetan, kata kasar, hingga cacian keluar dari mulut. Terlalu sering terpapar hal tersebut akan berdampak negatif terhadap diri kita sendiri. Pelan-pelan kita tidak bisa mengendalikan diri sendiri, sehingga di tengah kemacetan atau mood sedang tidak baik, jadi asal mengumpat.

Ketika dihadapkan dengan perilaku buruk tersebut, baik dari orang lain, rekan kerja, teman pergaulan, akan membawa dampak ke diri sendiri. Tanpa disadari apa yang diucapkan dan dilakukan orang di dekat kita akan tersimpan di memori otak. Nah ada metode terbaik yang patut dicoba secara efektif menangani berbagai macam kepribadian kasar yang dimiliki manusia, untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sadar Bahwa Kekerasan Tidak Memberi Penyelesaian

Emosi seperti berkata kasar adalah sifat alamiah manusia sebagai bentuk pelampiasan dari sesuatu yang dirasa tidak berkenan di hati. Tentu kamu kenal Plato, filsuf Yunani Kuno ini memiliki perilaku kurang baik. Dia pernah mengomel tentang seorang pemuda yang tidak sopan terhadap dirinya. Jika menyikapi sebuah perilaku tidak sopan dengan menghardik atau ikut berkata tidak sopan bukanlah sesuatu titik temu. Acapkali kita mengabaikan atau melupakan pentingnya simpati, kebaikan, dan pengertian terhadap orang lain. Ini yang dilupakan oleh Plato.

Menghentikan Perputaran Kekerasan di Sekitar Lingkungan

Tanpa disadari perilaku kasar bisa menyebar dan menjangkiti setiap orang layaknya penyakit. Satu tindakan kasar darimu akan berputar dan memicu perbuatan kasar lainnya sehingga orang lain akan mudah berkata kasar daripada berkata bijak.

Bereaksi Terhadap Perilaku Kasar dengan Kebaikan’

Jangan sampai kamu merespon hal yang sama ketika orang lain berperilaku kasar terhadap dirimu. Salah satu cara untuk meredakan perilaku kasar adalah berperilaku ramah. Langkah ini memberikan kesempatan pada orang lain agar tenang dan bisa menyesuaikan perilaku terhadap lawan bicara. Dengan begitu kebaikan merupakan cara terbaik mengatasi perilaku kasar.

Menggunakan Lelucon untuk Meredakan Amarah Seseorang

Acapkali orang kasar menciptakan ketegangan dan kecemasan di dalam diri mereka sendiri. Butuh seseorang yang bisa meredakan ketegangan, amarah, dan kecemasan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan amarah, seperti menggunakan lelucon atau humor sebagai pengalihan dan memecah ketegangan.

Bereaksi Terhadap Perilaku Kasar Menggunakan Kebaikan

Jangan merespon perilaku kasar dengan tindakan kasar juga karena tidak akan selesai masalahnya. Sebaiknya kamu redam perilaku kasar lawan bicara dengan tindakan ramah.

Memanggil Orang Tersebut Supaya Lepas dari Amarah

Menghentikan kondisi amarah bisa menggunakan cara sederhana, yaitu memanggil mereka dan meminta tolong untuk menghentikan perilaku tersebut.

Jangan Menyerang Balik

Misal di jalan ada seseorang yang mengganggu dirimu, jangan sampai kamu menyerang balik. Kendalikan emosimu dan berbicara perlahan-lahan tentang apa yang dia inginkan.

Menunjukkan Simpati dan Empati

Pada dasarnya seseorang yang sedang marah ingin mendapatkan simpati dan empati. Jangan sampai mendiamkan orang marah karena tidak bisa menyelesaikan masalah. Alangkah baiknya ajak bicara baik-baik dan berikan pemahaman agar amarah berangsur-angsur mereda.

Menjadi Orang Teladan

Setiap orang mempunyai motif tertentu untuk bertindak sesuka hati. Kamu harus mengetahui kalau orang berperilaku kasar menunjukkan dominasi atas kekuatannya. Biasanya mereka akan memancing reaksi darimu hingga terlihat buruk. Jangan sampai mereka puas ketika dirimu ikut-ikutan marah.

Menghindari Orang Kasar

Apabila cara sebelumnya gagal, langkah terbaik adalah berpaling pergi agar kondisi dirimu tidak ikut-ikutan marah.Itulah 10 cara menyikapi amarah dan perilaku kasar orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kehidupanmu. Salam sukses dan sejahtera.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen