jenggot rapih

Laki-laki bisa berpenampilan lebih menarik dengan adanya jenggot yang rapih. Chicco Jerikho, David Beckham, Adam Levine, Chris Hemsworth, dan masih banyak lagi figur publik yang pernah memiliki jenggot penuh dan rapih. Jangankan wanita, laki-laki aja kadang kepingin punya dan bisa merawat jenggot rapi idaman para wanita.

Tapi, kebalikannya bisa terjadi kalau jenggot jadi memunculkan image gak rapih karena tidak diurus dengan benar. Tumbuhnya rambut jenggot yang tidak terkendali bisa merusak tampilan wajah. Padahal wajah adalah kesan pertama yang mesti kita perhatikan ketika hidup bersosial.

Yang sering terjadi adalah jenggot tumbuh tidak merata dan tipis, kadang ada bagian-bagian kosong di antara kumpulan rambut jenggot satu dan lainnya. Kita tidak bisa menumbuhkan jenggot hanya dengan tidak mencukurnya sama sekali. Semakin panjang jenggot kita, semakin besar potensi tidak rapihnya. Jadi, kalau kita ingin punya jenggot dengan tujuan yang serius, prioritaskan perawatan rutin termasuk menyisirnya setiap hari, dan menjaga agar tetap bersih. Terapkan tips dan trik merawat jenggot di bawah ini untuk mencegah jenggot berantakan.

merawat jenggot rapih

Man without a beard, is like a cup of tea without sugar


1. Lihat Sejarah Jenggot Di Keluarga

Salah satu alasan paling umum dibalik jenggot yang tidak sempurna adalah faktor genetik. Kalau kita memiliki jenggot yang berantakan, pertama-tama cari tahu dulu dengan memeriksa jenggot anggota keluarga yang lebih tua. Bisa saja karena ada faktor genetik. Kita juga bisa memeriksa beberapa foto lama. Kalau orang-orang yang lebih tua memiliki jenggot yang panjang dan penuh, berarti kita berpeluang juga untuk mendapatkan jenggot seperti itu.

2. Biarkan Tumbuh Secara Alami

jenggot tidak rapih

Tidak peduli seperti apa tampilan jenggot kita pada awalnya, biarkan tumbuh. Jangan merasa risih dulu kalau terlihat tidak rapi. Sabar untuk tidak memotong apapun selama kita bisa. Biarkan kumis tumbuh juga karena bisa menutupi area botak di sekitar bibir. Tapi ingat, lakukan ini kalau memang kita benar-benar tidak sedang janjian dengan orang lain.

3. Kunjungi Barber Sesering dan Sebisa Mungkin

Barber memiliki kemampuan untuk menyelamatkan jenggot kita. Mencukur jenggot secara teratur bisa mencegah kusut, mengurangi ujung rambut yang bercabang, dan pertumbuhan yang tidak merata. Sebenarnya bisa banget sih mencukur sendiri di rumah tapi tidak ada yang lebih profesional ketimbang barberman yang ada di barbershop. Tips ini bisa jadi pertimbangan baik dan kalau bisa jadikan rutinitas, hitung-hitung sekalian bersosialisasi.

4. Merawat Jenggot di Malam Hari 

Sangat penting untuk menjaga jenggot agar tetap lembab. Jadi, sebelum tidur, oleskan beard cream untuk menjaga agar tetap lembab dan kita akan bangun dengan jenggot yang lebih lembut dan kuat.

5. Jangan Biarkan Ujung Rambut Terlanjur Bercabang

Inilah salah satu alasan kenapa kita perlu rajin mengunjungi barbershop. Ujung rambut bisa terlihat bercabang saat rambut menjadi lemah dan kering. Sama seperti yang kita alami di rambut kepala. Ujung yang bercabang membuat janggut kita terlihat berantakan dan tidak terawat. Ditambah lagi, pertumbuhan rambut juga menjadi lebih lambat. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?  

jenggot tidak rapih

A. Cukur dengan teratur. Memangkas ujung rambut akan mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah ujung rambut bercabang. Hal ini salah satu langkah simpel untuk mendapatkan bentuk jenggot rapi idaman wanita.

B. Gunakan conditioner. Kondisioner rambut alami untuk laki-laki yang mengandung lidah buaya dan bahan alami lainnya akan melembabkan dan menyehatkan jenggot kita. Juga, akan memberikan kilau alami yang sehat.

C. Gunakan beard oil. Gunakan beard oil alami setiap hari untuk menjaga rambut wajah dan kulitnya agar tetap lembab. Kita hanya perlu menggunakan beberapa tetes lalu sisir jenggot secara merata untuk hasil terbaik. Pilih beard oil yang dibuat dengan minyak esensial dan bahan-bahan alami untuk memperkaya nutrisi pada jenggot.

6. Pakai Krim Jenggot Pas Cuaca Lagi Terik

Untuk melembabkan, kita bisa menggunakan beard oil. Tapi, John Scala, pendiri The New York Shaving Company, menyarankan untuk menggunakan beard cream. Beard cream diformulasikan untuk mengurangi rasa gatal saat kondisi janggut baru tumbuh. Gunakanlah beard cream yang kaya akan shea butter dan lidah buaya untuk menenangkan dan melembutkan, lime essential oil untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

7. Sisir Jenggot Agar Rapi dan Menjadi Idaman 

Sisir jenggot setiap hari dan arahkan jenggot secara konsisten sesuai keinginan kita. Lakukan setidaknya tiga kali sehari. Kalau kita persisten dengan ini, akhirnya, jenggot akan terlatih dan jinak dengan sendirinya untuk tumbuh sesuai arah yang diinginkan.

jenggot tidak rapih

8. Manajemen Gaya Hidup Juga Jadi Penentu

Kebiasaan makan yang tidak sehat dan stres juga adalah dua alasan penting yang menyebabkan jenggot tidak rata. Latihan fisik bisa membantu seseorang mengurangi stres. Diet yang tepat dan seimbang bisa memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan jenggot dengan kondisi penuh.

9. Jangan Dipaksain Kalau Tidak Cocok jenggot tidak rapih

Kalau semua tips diatas tidak berfungsi, dan jenggot tetap terlihat tidak rapi, cara terbaiknya adalah berpenampilan ‘clean’. Wajah yang bersih tanpa rambut akan terlihat lebih baik daripada berjenggot tapi tampak jarang-jarang.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen