barbershop male grooming goodmen

Agak disayangkan bila melihat banyak pria di Indonesia yang masih belum sadar bahwa male grooming itu penting. Karena bagi mereka, pria yang tampil apa adanya itu terlihat lebih manly. Sebaliknya, pria yang rutin memakai produk-produk perawatan kulit baik untuk wajah atau seluruh bagian tubuh umumnya dipandang seperti “banci tampil.”

Stigma ini sebenarnya berawal dari premis bahwa produk-produk grooming pada umumnya memang ditargetkan untuk wanita. Karenanya, produk grooming diidentikkan dengan imej feminim. Padahal, produk-produk grooming untuk pria kini semakin banyak jenisnya, termasuk produk-produk yang sebelumnya hanya tersedia untuk wanita seperti pore pack dan facial mask.


Alih-alih pria umumnya taboo dengan merawat diri. Pria modern justru semakin sadar pentingnya male grooming


Ketika Mbah Google berbicara:

Jenis produk grooming untuk pria yang semakin banyak tadi menandakan bahwa tren male grooming semakin populer. Mbah Google sendiri setuju, dengan data search engine-nya pada tahun 2018 menunjukkan peningkatan angka pencarian terkait men’s personal care brands sebanyak 2.7x lipat lebih banyak dibanding tahun lalu. Sementara itu, jumlah pencarian terkait “Perawatan wajah pria” meningkat sebanyak 2x lipat dari tahun sebelumnya.

Jadi, apa kesimpulan dari data-data tadi? Menurut Google, jumlah pria yang sadar bahwa male grooming itu penting semakin meningkat, terutama pada lapisan masyarakat muda yang tinggal di kota-kota besar. Nah, ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui di balik meningkatnya tren male grooming ini dan kenapa kamu membutuhkannya juga. Empat di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kesan pertama adalah “moment of truth”

male grooming goodmen

Elegance is not standing out, but being rememberedGiorgio Armani

First impression dan moment of truth, adalah hal yang bisa membangun atau merusak reputasimu baik di lingkungan kerja ataupun sosial. Apalagi, kamu hanya punya satu kesempatan untuk mengesankan orang-orang dan lingkungan baru. Salah satu faktor yang umumnya merusak kesan pertama ini adalah penampilan, baik itu wajah kusam berminyak, rambut kurang rapi, atau salah berpakaian.

Padahal, apa sih sulitnya grooming? Kamu hanya perlu mencuci wajah dengan bersih, menghapus komedo dengan pore pack, menyisir rambut, dan memakai pakaian yang sesuai dengan momen serta warna kulitmu sendiri. Tapi namanya juga pilihan, buat beberapa orang yang cenderung cuek melakukan perawatan diri masih dinilai tidak begitu penting. Padahal justru kepentingan male grooming adalah untuk memancarkan energi positif untuk sekitar dan diri kita sendiri.

Bagi yang mengaggap male grooming itu penting, manfaatnya adalah kamu akan tampil lebih bersih, rapi, dan sopan, sehingga meninggalkan first impression yang baik. Orang-orang akan mengingat sosokmu sebagai pribadi yang demikian, dan bayangan seperti ini akan awet menempel pada dirimu. Kamu bisa simpulkan sendiri, male grooming itu penting atau gak penting?


2. Percaya atau tidak, penampilanmu di kantor memegang penting dalam refleksi karaktermu

male grooming goodmen

Dressing well is a form of good mannersTom Ford

Ada beberapa jenis pekerjaan atau budaya kantor (terutama start-up technology; creative agency) yang memang tidak memaksa pegawainya mengenakan pakaian formal. Walau begitu, bukan berarti kamu bisa seenaknya pergi ke kantor dengan jaket lusuh atu pakaian yang kontras dengan kulit tubuh. Faktanya, kantor akan lebih lengket dan percaya pada pegawainya yang berpenampilan pantas atau proper. Alasannya, karena pegawai seperti secara tidak langsung percaya terhadap pentingnya male grooming.

Oke, lalu hubungannya apa dengan karir?

Pegawai yang seperti itu tentunya akan peduli dengan bagaimana orang lain memandang dirinya. Nah, tipe seperti ini yang dicari kantor untuk menjadi sosok yang bisa merepresentasikan timnya atau bahkan kantor itu sendiri di mata publik. Ia akan tumbuh menjadi sosok yang dipercaya di lingkungan kerjanya.

Gak usah terlalu niat mencari perhatian lingkungan sampai menginggalkan sosok atau pribadi kamu yang sesungguhnya. Cukup melakukan mix & match yang enak dipandang (sesuai acara atau lingkungan), dan pastinya nyaman untuk digunakan.


3. Penampilanmu terkesan lebih dewasa

male grooming goodmen

Being perfectly well-dressed gives one a tranquility that no religion can bestowRalph Waldo Emerson

Pria yang memandang male grooming memiliki kecenderungan akan terlihat lebih dewasa. Keuntungannya, akan muncul asosiasi positif terhadap dirinya, seperti pembawaannya yang berenergi, wawasan yang luas, dan pemikirannya yang bijak. Selain itu, ia juga akan terkesan seolah-olah memiliki pengalaman hidup yang besar sehingga menjadi lebih dihargai keberadaannya.

Selain di lingkungan kerja, manfaat-manfaat tadi juga akan terasa di lingkungan sosial. Orang-orang akan lebih menghargai sosok yang menyadari bahwa male grooming itu penting sebagai bentuk kepribadiannya yang bertanggung jawab. Hasilnya, kamu akan lebih mudah bergaul dengan orang lain dan bisa menjadi sosok yang bisa diandalkan sebagai kawan curhat.


4. Level of percaya diri meningkat ketika kamu sadar telah menerapkan male grooming

male grooming goodmen

Looking good isn’t self-importance; it’s self-respectCharles Hix

Dunia ini kejam, bung. Semua orang akan nge-judge dirimu dari sisi karir, hubungan, makan siang yang dimakan tiap hari, kinerja di kantor, bahkan sampai jumlah jerawat pada wajahmu. Jika dibiarkan, tatapan atau ucapan mereka yang tajam dalam menilaimu bisa membuatmu ragu terhadap diri sendiri hingga menjatuhkan rasa percaya dirimu, cepat atau lambat.

Karena itu, kamu harus memancarkan rasa percaya diri yang tinggi untuk membungkam penilaian-penilaian negatif dari lingkunganmu. Bagaimana caranya? Pria yang sadar bahwa male grooming itu penting dan tekun melakukannya cenderung memancarkan aura percaya diri. Nah, gak ada salahnya juga kalau mulai aja dulu cobain grooming secara rutin dan rasakan percaya dirimu perlahan akan meningkat. Sejatinya, merawat diri untuk meningkatkan kepercayaan diri sangat penting baik dari segi sosial ataupun karir.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen