Ingin bisa hidup awet muda dan berumur panjang? Triknya ternyata mudah dan murah: Lakukan push up setiap hari. Manfaat ini adalah temuan baru dari sebuah penelitian yang penasaran dengan efek lanjutan dari olahraga gimnastik militer ini.

Menurut penelitian ini, 80 ribu pria dewasa aktif diuji selama 2 tahun dengan melakukan push up minimal 10 kali sehari. Seiring waktu berjalan dan frekuensinya ditingkatkan, mereka mengalami penurunan risiko terjangkit penyakit kanker sebanyak 31%. Kemudian, terjadi penurunan risiko terkena kematian prematur sejumlah 23%.

Artinya, mereka bisa hidup sekitar 5 sampai 10 tahun lebih lama dibanding pria dewasa pada umumnya. Keren, kan?


Tapi, kenapa push up bisa bikin kamu panjang umur?


Banyak orang salah kaprah soal push up. Menurut mereka, olahraga ini umum dipraktikkan untuk latihan militer atau kepolisian karena fungsinya adalah membentuk otot tubuh. Plus, gerakannya yang membuat punggung sakit dan badan pegal kerap menjadi alasan mereka menghindarinya.

Kenyataannya, push up olahraga umum yang punya segudang manfaat. Selain membentuk otot tubuh, ia bisa melancarkan peredaran darah pada tubuh. Dua hal ini menghasilkan organ-organ tubuh sehat yang selalu terjaga aktivitasnya, terutama jantung.

red heart push up goodmen

Nah, lancarnya peredaran darah ini adalah kunci dalam melawan berbagai penyakit pada usia 30 tahun ke atas. Faktanya, penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke, gagal jantung, jantung koroner, dan varises rentan menyerang pria dewasa yang kurang aktif berolahraga.

Tidak percaya? Ingat, WHO sendiri menyatakan bahwa dari 56.5 juta kasus kematian di dunia pada tahun 2012, 31% di antaranya (setara 17.5 juta jiwa) diakibatkan penyakit kardio. Sedangkan di Indonesia, stroke masih menjadi penyebab kematian tertinggi pada tahun 2014, lalu disusul dengan jantung koroner.

Seram, kan? Semua penyakit kardio ini umumnya diakibatkan oleh lifestyle yang kurang sehat ketika masih muda. Karena itu, Good Men, mumpung usiamu masih muda, mulai jaga kesehatan jantungmu dari sekarang. Salah satu caranya yang paling efektif dan efisien adalah dengan rajin push up.


Oke, tapi apa solusinya cuma dengan push up?


Sebenarnya enggak juga. Push up bisa saja digantikan dengan olahraga lain yang mengharuskan otot-otot seluruh tubuhmu aktif terus. Bersepeda, jogging, nge-gym, atau berenang adalah beberapa contoh olahraga lainnya.

Tapi ingat, kamu enggak selalu punya waktu dan ruang yang cukup untuk melakukan olahraga-olahraga tadi. Apalagi, nge-gym juga belum tentu nampak khasiatnya bila kamu sendiri jarang berolahraga di sana. Karena itu, push up menjadi solusi yang simpel dan bisa dilakukan kapanpun & di manapun, cocok untuk para milenial ataupun pegawai kantoran.

Gerakan push up sendiri bisa dibarengi dengan sit up atau senam kardio lainnya. Malahan, kamu bisa membuat beberapa varian exercise yang bisa diganti-ganti menurut selera dan mood.

Contohnya, kamu bisa melakukan push up 40 kali tiap hari selama 1 minggu atau lebih. Kemudian, di minggu berikutnya atau di hari lain, kamu menambah gerakan sit up/lunges/tricep dip dengan mengurangi frekuensi push up.


Masalahnya, harus mulai dari mana dulu nih?


man push up goodmen

Aahh, the million-dollar question. Jangan khawatir, banyak yang belum paham cara memulai exercise push up ini kok, terutama mereka yang jarang berolahraga (penulis juga salah satunya).

Sebagai langkah pertama, lakukan push up minimal 10 kali sehari. Kamu bebas mau melakukannya di manapun, mulai dari di kamar, rumah, teras rumah, atau bahkan di kantor. Kemudian, waktu exercise-nya juga fleksibel, bisa ketika baru bangun pagi, jam makan siang, atau jam pulang kantor.

Walau begitu, kamu sebaiknya melakukannya di pagi hari sambil menghirup udara segar di bawah sinar mentari pagi. Dengan begitu, kamu akan lebih bertenaga dan termotivasi untuk berolahraga. Dan begitu memasuki ruangan kantor, tubuhmu akan dipenuhi energi positif yang bisa menyegarkan pikiran dan mencegah kantuk.

Lalu, seiring waktu berjalan, tingkatkan frekuensi push up. Bila di minggu pertama kamu bisa melakukannya 10 kali, minggu berikutnya harus ditingkatkan sampai 15 kali sehari. Sekalipun berhasil mencapai 40 kali sehari, tingkatkan terus frekuensinya sesedikit apapun agar tubuh semakin kuat.

Dan terakhir, jangan putus asa. Walaupun push up 10 kali sehari tiap hari terdengar sulit, kamu bisa melakukannya kok. Ingat, semua hal hebat di dunia ini diawali dengan langkah yang kecil.

Mungkin kamu baru bisa melakukannya 5-7 kali sehari, and that’s okay, too. Yang terpenting adalah kamu bisa memulainya, kamu bisa konsisten, dan mau meningkatkan intensitasnya.


Ingat teori Efek Kupu-kupu? Hal kecil yang kamu lakukan saat ini bisa membawa perubahan besar di masa depan nanti. Dalam kasus ini, dengan rajin melakukan push up ketika masih muda, kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan panjang umur seiring usiamu bertambah. Jadi, siap memulainya hari ini, Good Men?

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen