Ngopi pagi sebelum beraktivitas sudah menjadi rutinitas bagi para penggila kopi, yang sejatinya harapan mereka adalah aliran energi yang terasa beberapa saat setelahnya.

Menurut studi baru dari satuan peneliti di Johns Hopkins University bahwa kafein memiliki peran khusus dalam proses penguatan daya ingat. Riset tersebut melibatkan kelompok partisipan yang diberikan 200 miligram tablet kafein (atau jumlah yang sama besar dengan kafein yang ditemukan pada satu cangkir strong coffee), kemudian diberikan instruksi untuk melihat beberapa gambar.

Hasil Studi Menenggak “Satu Gelas Kopi Kuat”

Keesokan harinya mereka yang meminum tablet kafein mengingat lebih baik dibandingkan kelompok yang tidak meminumnya. Indikasi tersebut dipengaruhi oleh peningkatan dalam tipe kognisi yang dikenal sebagai “Pattern Separation,” atau simpelnya adalah sebuah proses pembuatan pola serupa dari aktivitas syaraf secara terpisah. Riset yang dilakukan ini memang ingin melihat efek setelah mengkonsumsi kafein setelahnya, bukan sebaliknya. Juga dalam riset yang ditemukan oleh Birmingham University, bahwa konsumsi kopi dalam jumlah yang moderat tidak menyebabkan dehidrasi.

Efek Minum Kopi pada Orang Dewasa

Kedua riset dan studi di atas menyimpulkan zat kimia yang terkandung dalam kopi dapat membantu peningkatan daya ingat seseorang. Namun ada juga penelitian yang diasosiasikan dengan umur. Sebagai contoh, salah satu studi menunjukkan bahwa penurunan kafein di siang hari menyebabkan penurunan daya ingat bagi “pengopi pagi hari” (yaitu orang dewasa yang pada umumnya memiliki daya ingat sangat baik di pagi hari ketimbang siang hari).

Lain cerita dalam studi yang mengatakan bahwa kafein tidak memiliki keterkaitan terhadap peningkatan daya ingat orang dewasa. Kenyataannya, daya ingat orang dewasa yang mengkonsumsi kafein yang terkandung dalam makanan tidak mengalami peningkatan daya ingat menurut studi tersebut. Meskipun ada bukti-bukti bahwa penggila kafein memiliki keuntungan dalam ingatan jangka panjang, tetap tidak bisa dikaitkan dengan penurunan daya ingat berdasarkan umur.

Self-Medicate Menggunakan Kopi?

Bukan berarti karena kafein adalah substansi yang memiliki kadar adiksi, kamu jadi memercayai mentah-mentah bahwa ingatan lemah dapat langsung dijawab oleh konsumsi kafein. Contoh saja, fakta sosial bahwa kopi dapat membuat sugesti “susah tidur” dan beberapa merasa perut tidak enak, bisa jadi justru kedua hal itu memengaruhi daya ingat kamu.

Penting untuk investigasi lebih lanjut apakah kamu benar-benar mengalami masalah dalam daya ingat. Dan mintalah ke dokter apakah kamu membutuhkan konsumsi kafein dan berapa banyak kadar dan frekeuensinya.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen