Sikap pemimpin yang baik goodmen

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini, diperlukan sikap pemimpin yang baik dan sejalan dengan revolusi industri yang akan berjalan kedepannya.

Jika kamu adalah calon pemimpin yang sedang bersiap diri menghadapi revolusi industri 4.0 ini, kamu harus tahu beberapa sikap kepemimpinan yang baik untuk menghadapi revolusi industri terbaru, 4.0.  langsung saja kita simak ulasannya.

1. Pemimpin harus dapat menyatukan dan memberikan arah tujuan yang jelas

Disini sangatlah penting untuk seorang pemimpin untuk dapat berkomunikasi, membuat tim merasa aman, membuat sebuah engagement dan menjadi sebuah komunitas yang searah. Memiliki sebuah cetak biru yang dipahami, dimengerti  dan diimani oleh seluruh anggota organisasi.

Pemimpin harus dapat membuat kepercayaan didalam diri tim. Dan yang terpenting pemimpin yang kuat, memiliki visi yang bukan sekedar visi untuk perusahaan, tetapi juga yang lebih besar dari itu, yang memiliki pengaruh untuk seluruh timnya, lingkungan sekitarnya, bahkan dunia.

2. Pemimpin atau pemimpin yang dapat memilih dan mengembangkan bakat anggota timnya.

Sikap Pemimpin yang baik adalah yang dapat memilih dan mendevelop talent. Generasi dimana pekerja loyal dan setia bekerja pada 1 perusahaan sudah mulai tergantikan dengan generasi yang mudah bosan dan mobile. Generasi yang lebih memilih untuk bekerja secara bebas, menjadi entrepreneur sendiri dan tidak terikat oleh 1 perusahaan.

Hal yang bisa Kamu lakukan sebagai pemimpin adalah bukan hanya perlu untuk dapat memilih talent yang tepat, tetapi juga perlu untuk mendevelop talent dengan cepat sehingga mereka dapat lebih loyal dan juga produktif lebih lama di perusahaan kamu, karena banyak cara untuk dapat memilih diantaranya Group Interview, NLP, dan Face Reader.

3. Pemimpin harus melihat lapangan kerja karyawannya

Pemimpin harus turun dan melihat. Pemimpin perlu mengevaluasi dan mengontrol tim bersama sama, feedback atau masukan perlu dilakukan secara konstan dan terintegrasi bukan hanya secara internal tetapi juga terhubung dengan pihak eksternal seperti klien dan supplier. Pemimpin juga harus berani, mau menerima, mendorong, dan memotivasi tim untuk memberikan feedback terhadap kepemimpinannya demi kemajuan bersama.

4. Pemimpin harus memiliki kecepatan dalam membuat keputusan

Di era 4.0 ini, segala sesuatunya berubah dengan cepat. Zaman dimana pemimpin hanya berada di kantor dengan komputer dan bekerja dengan data setelah terkumpul sudah dirasa lambat.

Pemimpin harus turun dan melihat. Pemimpin perlu mengevaluasi dan mengontrol tim bersama-sama, feedback atau masukan perlu dilakukan secara konstan dan terintegrasi bukan hanya secara internal tetapi juga terhubung dengan pihak eksternal seperti klien dan supplier.

Sikap Pemimpin yang baik juga harus berani, mau menerima, mendorong, dan memotivasi tim untuk memberikan feedback terhadap kepemimpinannya demi kemajuan bersama. Akan lebih baik ketika Pemimpin juga dapat menantang dirinya untuk keluar dari zona nyaman dengan melakukan coaching dan menerima feedback dari orang diluar organisasi .

5. Keputusan dari setiap pemimpin menentukan langkah perusahaan kedepannya

Pemimpin memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah komunitas atau kelompok. Segala sesuatu yang dilakukan baik itu tindakan ataupun keputusan memiliki efek yang sangat besar bagi anggota kelompok. Jika dia memutuskan untuk semua masuk jurang, semua mengikuti keputusan itu dan lain sebagainya.

Maka itu, sekecil apapun setiap komunitas atau kelompok, berharap memiliki pemimpin yang baik untuk mampu membawa mereka dan bekerja sama menggapai tujuan atau visi kelompok. Pemimpin adalah oknum pertama yang disalahkan jika terjadi kegagalan dalam mencapai visi.

Kegagalan mencapai tujuan bersama oleh suatu kelompok, komunitas, bahkan dalam instansi pemerintahan itu sendiri sering terjadi. Yang disalahkan adalah pemimpinnya.

6. Pemimpin yang beradaptasi dengan cepat pada perubahan zaman.

Organisasi yang tidak beradaptasi dengan cepat dari pemikiran tradisional akan punah. Perusahaan yang bergerilya yang terkoneksi, berkolaborasi, yang terus belajar, terbuka akan perubahan, yang memiliki tim yang bergairah dan semangat maju, yang memiliki dan mengadaptasi teknologi atau cara yang lebih maju akan menjadi pimpinan di Industrinya.

7. Pemimpin yang Mempunyai karisma

Pemimpin yang memiliki  karisma akan mudah dalam mengarahkan staf atau pengikutnya.
sebaliknya, jika pemimpin yang tidak memiliki karisma maka akan kesulitan mengarahkan staf atau pengikutnya.

Staf dan pengikutnya akan sepenuhnya percaya dengan keputusan dan jalan yang sudah dipilih oleh pemimpinnya karena mereka tahu pemimpin tersebut paham dengan konsekuensi apa yang akan dia dapatkan kedepannya.

8. Pemimpin yang Memiliki integritas

Sikap Pemimpin yang baik selanjutnya adalah harus mempunyai integritas dalam memimpin. Pemimpin harus setia terhadap nilai-nilai yang ditanamkan kepada pengikutnya. Dengan begitu pengikutnya juga akan bisa mengikuti apa yang pemimpin lakukan.

9. Pemimpin yang Mempunyai dedikasi tinggi untuk usahanya

Pemimpin yang berdedikasi akan mengerjakan visinya dengan kerja keras dan penuh semangat. Dedikasi yang dia kerjakan akan ditularkan kepada stafnya sehingga bisa memberikan semangat yang positif untuk karyawan dan staf yang bekerja untuknya. Tujuan perusahaan pun bisa lebih mudah diraih dengan dedikasi tinggi dari orang orang didalamnya.

10. Pemimpin yang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Menjadi  seorang pemimpin bukan hanya menjadi orang yang paling pintar dalam berbagai bidang di dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.

Dalam buku yang berjudul Leaders Eat Last dituliskan bahwa pemimpin bisa memperoleh respek yang lebih tinggi dari bawahannya jika mampu mengatur ritme emosi mereka terhadap bawahan, baik dalam kehidupan pribadi mereka maupun masalah pekerjaan.

Selain melakukan cara-cara di atas penting juga meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, mengedepankan sikap fokus, memelihara kerja sama dan membangun jaringan, dan lain sebagainya. Selamat mencoba!

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen