Skena Kreatif Lokal Yang Terngiang Hingga Dunia

Fenomena hitam dan putih, Yin dan Yang, benar dan salah, dan lawan kata lainnya, akan selalu menjadi dua sisi ekspektasi dalam sosial budaya yang berbahasa. Warganet atau netizen contohnya, selalu ada yang pro dan kontra terhadap hal apapun. Dalam skena kreatif khususnya, sering kita mendengar ada satu sisi yang berpandangan pesimis ketika anak bangsa berkarya (apa-lagi-anak-muda-tanpa-prestasi-akamedik-ciamik dan bukan-kalangan-elit), tapi di sisi lain terasa ambisi dan optimisme untuk membuat karya yang solutif dan berkmakna.

Gue pribadi ada pada sisi yang optimis. Menyaksikan dan mengalami langsung pertumbuhan skena kreatif di Indonesia, belakangan ini terasa pesat dan kental. Kerja kolektif dan juga kolaborasi karya antar generasi langgas (istilah lain generasi Y & Z dari Yoris Sebastian) saat ini sudah banyak terjadi di Jakarta, Jogja, Surabaya, Malang, Bali dan kota-kota lainnya. Kita sejatinya patut bangga dan terus mendorong pergerakan positif yang ada, dengan cara terlibat ataupun sekedar memberi dukungan. Buat gue banyak banget karya lokal yang keren dan punya kualitas dunia.


Nah, berikut adalah 4 karya anak bangsa dalam skena kreatif dengan sentuhan kelas dunia


1. INDOESTRI

courtesy of YouTube - Indoestri Makerspace

Ide dan karya bapak dengan 3 anak ini (Leo), telah menguatkan skena kreatif di tanah air. Sebut saja The Goods Department, Brightspot Market dan Indoestri. Ketiga memiliki nilai yang saling melengkapi antara satu bisnis dengan yang lainnya. Indoestri lahir sebagai medium para pembuat karya atau makerspace. Gagasan dibalik Indoestri sangat menginspirasi dan juga memberikan kontribusi pada pertumbuhan industri kreatif. Didalamnya kita bisa mengikuti berbagai macam workshop untuk kita tekuni.


2. STARBUCKS DEWATA

Terbesar di Asia Tenggara, bertempat di pulau Bali karya anak bangsa ini didirikan. Mulai dari perencanaan dan pembuatan konsep, feasibility study, proses pembangunan sipil hingga interior dan fitur di dalamnya dieksekusi cerdas oleh pelaku dalam skena kreatif tanah air. Mereka adalah Makna Group, Bitte Design Studio, dan Maika Collective.


3. WE THE FEST

Tahun 2019 ini bakalan jadi tahun ke-6 festival ini digelar. Sejak 2014, awal perhelatan skena musik ini muncul memberikan antusiasme tinggi bagi para penikmat dan pelaku musik anti-mainstream di Indonesia. Munculnya artis Internasional di tiap tahunnya, terus memberi pengaruh positif dalam skena musik tanah air, sekaligus  peluang pada pelaku musiknya. Shoutout to Ismaya Live!


4. THE NIGHT HAS COME FOR US

Timo Tjahjanto, pria kelahiran Jerman di tahun 1980 ini memberi rasa kental dan berani dalam skena kreatif perfilman di Indonesia. Hampir setiap film hasil besutannya memiliki ciri khas yang tidak jauh dari elemen darah. Film The Night Has Come For Us, menjadi salah satu produksi Indonesia yang terfavorit di Netflix.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen