Tips mengelola finansial pribadi

Apakah Kamu memiliki memiliki impian menjadi kaya dan sukses? Kalau sehari-hari kita hanya berandai-andai dan bertanya kepada diri sendiri kapan kita menjadi kaya, tentu hal yang kita inginkan tidak akan tercapai. Cara mewujudkan keinginan kita setidaknya mulai detik ini kita stop berandai-andai tanpa aksi nyata. Dari alasan itulah, tips mengelola finansial pribadi perlu diterapkan.

Daripada kita hanya terus bermimpi, alangkah lebih baik lagi jika kita langsung saja mewujudkan impian tersebut. Belum banyak orang yang tahu jika ternyata orang yang benar-benar telah sukses tersebut memiliki strategi-strategi jitu dalam hal keuangan untuk menjaga kesehatan keuangannya.

Strategi ini merupakan peluang dan kabar baik bagi Kamu atau siapapun juga yang ingin meniru dan mengaplikasikan strategi-strategi tersebut untuk selangkah lebih maju dalam tips mengelola finansial pribadi. Berikut ini ulasannya.

 

1. Bekerja Keras

Tidak seperti anggapan orang pada umumnya bahwa pekerjaan orang kaya itu hanya bersenang-senang dan menikmati hidup, akan tetapi sebaliknya. Yang harus kita lihat kenyataannya adalah, para orang kaya selalu bekerja lebih keras dari pada orang pada umumnya, setidaknya selagi mereka masih dalam usia produktif.

Dalam strategi untuk mengatur keuangan, hal yang harus selalu dilakukan adalah bagaimana caranya agar selalu bisa meningkatkan pundi pundi penghasilan. Dan ketika penghasilan sudah naik maka yang harus dilakukan adalah menambah porsi tabungan.

2. Menginvestasikan Tabungan dengan Bijak

Tips mengelola finansial pribadi yang selanjutnya yaitu bijak dalam mengalokasikan dana tabungan. Kita kadang kala mengabaikan sesuatu yang jumlahnya kecil. Hal ini harus kita sadari bahwa justru sesuatu yang kecil itu dapat berlipat ganda sehingga menjadi jumlah besar. Dalam memaksimalkan keuangan, investasi yang bijak merupakan cara yang sangat tepat. Menginvestasikan berapa pun jumlahnya untuk menabung di bank untuk mendapatkan bunga bisa menjadi solusi.

Meskipun kita menabung tiap satu rupiah sekalipun, lama kelamaan mereka akan  semakin bertambah jumlahnya, dan dari  sinilah ada sesuatu nilai tambah bisa kita dapatkan. Mungkin ini membutuhkan latihan dan pengalaman untuk menyempurnakan strategi agar memberikan imbal balik yang menguntungkan, akan tetapi sekali uang tersebut ditabung, Kamu akan menemukan kepuasan tersendiri dalam menabungkan uang dengan cara rasional dari pada mengeluarkan untuk kebutuhan lain yang tidak rasional

3. Jangan Remehkan Pembelanjaan yang Sifatnya Kecil

Sudah sewajarnya kalau kebanyakan dari kita selalu berhati-hati dalam mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar entah itu untuk belanja atau pun berinvestasi. Namun, ketika sedang berbelanja untuk hal-hal yang memiliki nominal kecil, kita cenderung ceroboh dan kurang hati-hati. Contohnya saja, tanpa disadari kita sudah mengeluarkan uang untuk belanja hal-hal kecil, yang cenderung menjadikan kita boros tanpa kita sadari sepenuhnya. Inilah yang harus dihindari. Id.wikipedia.org/wiki/uan

Kita sebaiknya mengiyakan apa yang dikatakan oleh Susan Lynn Orman atau yang lebih dikenal dengan nama Suze Orman, seorang penasihat keuangan berkewarganegaraan Amerika yang juga terkenal sebagai host sebuah acara televisi.

“Hematlah uang yang pada awalnya akan digunakan untuk suatu hal yang kurang dibutuhkan untukmu. karena pada akhirnya, uang yang sudah kamu kumpulkan akan menjadi banyak”

4. Jangan Boros

Inilah yang terkadang kita remehkan akan tetapi sangat manjur dalam membantu kondisi keuangan sekalipun untuk orang kaya. Seperti yang sudah dibilang oleh pepatah sejak zaman dahulu sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Ini adalah prinsip menabung. Lalu kenapa kamu tidak mencobanya? Kan hemat pangkal kaya,

Siapa bilang bahwa orang kaya itu selalu boros dan menghambur-hamburkan uang? Justru sebaliknya dan karena itu mereka bisa tetap kaya. Mereka selalu menyimpan sebagian porsi dari pendapatannya. Jadi, semakin besar porsi tabungan Kamu, maka akan semakin besar juga apa yang akan didapatkan. Prinsip inilah yang bisa membuat Kamu tetap bisa untuk tidak boros.

“Tabung sepertiga dari pendapatanmu, gunakan hanya sepertiganya, dan amalkan sepertiganya lagi”, kata artis papan atas Angelina Jolie.

5. Fokus ke Masa Depan

Jika kita memiliki uang, memang sangatlah mudah mengeluarkan uang untuk memperolah barang yang kita inginkan, akan tetapi kita harus ingat bahwa suatu saat, jika hanya menuruti keinginan, sangat mungkin kita bisa habis-habisan dan tidak punya simpanan lagi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Oleh karena itu, mulai sekarang yang terbaik adalah berusaha fokus untuk memperhitungkan kebutuhan-kebutuhan di masa depan.

Ingat apa yang dikatakan oleh Tennessee Williams, bahwa “Bisa saja sewaktu muda Kamu hidup tanpa uang, akan tetapi Kamu tidak akan bisa menjadi tua tanpa punya simpanan.”

6. Jangan bertengkar dengan pasangan perihal perencanaan keuangan

Bagi yang punya pasangan, perhatikan hal ini. Memang terdengar sedikit aneh, tapi jika kamu tetap ngotot bertengkar dengan pasanganmu perihal mau digunakan apa keuangan yang didapatkan, hasilnya tidak akan baik. Oleh karena itu ada baiknya jika kalian berdua merencanakan arah keuangan dahulu, dan atas kesepakan berdua. Komunikasikan dengan pasangan secara baik baik agar bisa mendapatkan keputusan yang baik untuk kedua belah pihak

7. Hasilkan keuangan tambahan dari berbagai sumber

Menambah penghasilan juga merupakan salah satu cara yang bagus untuk menopang penghidupan. Saat ini ada banyak pekerjaan sampingan kecil kecilan seperti misalnya berdagang barang secara online yang bisa coba kamu lakukan untuk menambah penghasilan.

8.  Hutang harus kamu atur, bukan hutang yang mengatur kamu

Hal yang satu ini perlu diperhatikan oleh kamu, jika kamu masih memiliki tagihana ataupun hutang. Merupakan suatu hal yang bagus apabila kamu bisa mempertahankan track record membayar hutang yang bagus dan tidak pernah telat sekalipun. Dengan begitu bisa dibilang kalau kamu sukses dalam mengatur hutang, bukan hutang yang mengatur keuangan kamu.

Itulah beberapa tips mengelola finansial pribadi. Selamat mencoba!

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen