Tips menghadapi bos

Bekerja dan mempunyai bos yang baik tentu menjadi keinginan dari setiap karyawan yang bekerja di perusahaan negara maupun swasta. Karena jika kita bisa memiliki bos yang baik serta pengertian, setiap karyawan pun akan loyal dan betah untuk terus bekerja di perusahaan tersebut, bahkan dalam jangka waktu yang lama. Tips menghadapi bos perlu kamu kuasai.

Padahal memiliki bos yang sudah dimengerti sifatnya sebenarnya bisa menjadi tantangan tersendiri untuk Kamu bagaimana memastikan pekerjaan selesai dengan sempurna. Belum lagi secara tidak sadar Kamu akan memiliki mental yang kuat.

Resign dan mencari pekerjaan baru karena memiliki bos yang susah diikuti apa maunya bukanlah suatu solusi. Belum tentu di tempat baru Kamu tidak mendapatkan masalah yang sama. Baiknya Kamu mencari solusi untuk menghadapi sang atasan. 

Nah, jika saat ini Kamu sedang menghadapi situasi yang telah dipaparkan di atas, maka pembahasan di artikel ini wajib dibaca hingga selesai.

Karena di bawah ini akan dibahas mengenai cara menghadapi bos yang susah dimengerti. Dan ini dia ulasannya!

1. Dekati Bos Kamu Personally

Tips menghadapi bos yang pertama adalah Kenali bosmu secara personal jika kesempatan untuk mengenal bos secara personal itu muncul. Boleh jadi, saat ini Kamu mengenal bos sebagai bos yang susah dimengerti yang tidak nyaman didekati.

Tetapi, yakinlah bahwa setiap orang itu memiliki sisi lembut yang ada dalam dirinya.

Pendekatan tersebut biasanya bisa didapatkan ketika diluar jam kantor atau saat ada acara di luar kantor karena suasananya yang berbeda, sehingga Kamu bisa menanyakan apapun yang berhubungan tentang keluarga, makanan kesukaan, hobi, pengalaman bekerja, dan lain sebagainya.

Usahakan menjalin komunikasi yang baik kepada Bosmu. Misalnya dengan menyapa saat berpapasan, atau menjelaskan secara langsung kesulitan dari tugas yang diberikan kepada Kamu. Komunikasi akan menciptakan hubungan harmonis. Bukankah ada pepatah tak kenal maka kenalan? Eh, tak kenal maka tak sayang hehe…

Jangan sampai Cuma karena si bos yang susah dimengerti, Kamu selalu menghindar jika bertemu bos. Bila ia tahu kesulitan Kamu langsung, dia pasti akan membantu mencari solusi dan pasti dia akan membantumu karena bosmu sudah paham dengan keadaanmu.

2. Tetap Fokus pada Pekerjaan, tidak perlu terlalu dekat dengan bos

Nah,kalau ini memang agak kebalikan dengan yang diatas, jadi manusia itu memiliki berbagai latar belakang dan watak. Ada kalanya dia memiliki sisi lembut yang bisa disentuh, ada kalanya dia memang tertutup dari orang luar. Walaupun bos Kamu susah dimengerti, jangan sampai Kamu terpengaruh dan terbebani lebih dalam sehingga membuatmu tidak fokus pada pekerjaan.

Memiliki bos yang susah dimengerti dan sering mendengar kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan memang akan membuat tidak semangat dalam bekerja.

Tetapi, ingat bila Kamu tidak fokus dan pekerjaan menjadi terbengkalai, bos Kamu malah menjadi marah jika Kamu tidak mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik.

Sisi terburuknya, Kamu bisa mendapatkan surat peringatan atau bahkan berujung pemecatan dari bos jika kinerja pekerjaanmu terus menurun.

Dalam hal ini, mungkin bos Kamu yang salah, hanya perlu diingat susah dimengertinya bos tersebut bisa jadi karena memang ‘’gaya’’ komunikasinya yang seperti itu.

Daripada memikirkan dan membuat Kamu rugi, lebih baik fokus pada pekerjaan Kamu dan selesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Kamu. Kalau kamu bisa mengerjakan tugasmu dengan baik, tentu kamu akan mendapat respek dari bosmu.

3. Jadilah Karyawan yang Beretos Kerja Tinggi

Bila bos Kamu susah dimengerti, boleh jadi ada keinginan dan standarnya yang tidak terpenuhi oleh para bawahannya.

Bos melihat karyawan yang ada diperusahaannya mungkin bekerja ketika ada perintah saja tanpa adanya inisiatif yang dilakukan.

Jika benar karena itu, maka Kamu beserta karyawan lainnya perlu mengubah sikap menjadi lebih inisiatif dan juga proaktif. Jadilah karyawan yang memang bisa diandalkan oleh bos ketika beliau ada atau tidak ada di tempat.

Sikap tersebut juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengambil hati bos Kamu. Tetapi, bukan untuk menjilat atau niat lainnya. niatkan karena memang Kamu ingin bekerja dengan situasi dan kondisi yang kondusif tanpa takut embel embel dibentak.

Tentunya bos juga akan merasa senang bila karyawannya memiliki sikap proaktif dan inisiatif dalam hal pengembangan pekerjaan.

 Tanamkan juga sikap “aku tidak akan pindah dari perusahaan ini” untuk meyakinkan dirimu bahwa semuanya akan berjalan dengan baik.

5. Tunjukkan Prestasi Kerjamu

Sesusah dimengerti dan se introvert apa pun seorang atasan, dia pasti akan membuka diri dengan bawahannya yang memiliki prestasi untuk perusahaannya. Maka tunjukan performa dan kinerja Kamu yang baik, sehingga tidak ada alasan bagi bos Kamu untuk sulit kamu pahami.

Dengan memiliki prestasi dan membantu perusahaan meraih goal atau profit berlebih, Kamu bahkan mungkin berkesempatan mendapatkan keuntungan lainnya seperti bonus atau kenaikan pangkat. Tips menghadapi bos yang satu ini patut kamu coba.

8. Diam dan Dengarkan

Apabila atasan Kamu sedang meluapkan emosi akibat kesalahan bawahannya, sebaiknya Kamu jangan merespon apa-apa. Lebih baik diam, karena dengan diam atasan Kamu akan merasa didengar dan cepat menyelesaikan kemarahannya.

Nantinya bila kemarahannya sudah reda, Kamu bisa menjelaskan mengapa masalah itu terjadi. Berikan alasan yang masuk akal, sehingga Kamu tidak selalu menjadi bulan-bulanannya ketika bosmu sedang marah.

7. Mengakui Kesalahan

Apabila Kamu melakukan suatu kesalahan dan atasan mengamuk karenanya, terimalah dan akui saja kesalahan yang Kamu perbuat.

Minta maaf kepadanya apabila telah merugikan perusahaan dan berjanji untuk memperbaikinya. Biasanya dengan mengakui kesalahan Kamu bisa meredakan kemarahannya.

Jangan coba ngeyel dan mencari-cari alasan atau bahkan menyalahkan orang lain, karena itu akan lebih membuatnya lebih marah dan membuat Kamu terlihat tidak profesional.

Yakinlah bahwa setiap orang memiliki sikap baik. Seperti batu yang keras jika diberi air terus menurus pasti akan terkikis juga.

Begitupun dengan sikap seseorang yang susah dimengerti, namun jika kita lawan dengan baik pasti akan luluh juga. Hal ini juga untukmu jika kamu kebetulan memiliki bos atau atasan yang susah dimengerti ya.Semoga ulasan ini bermanfaat dan jadilah karyawan yang tetap professional apapun kondisinya. 

Itulah tips menghadapi bos yang sulit dimengerti oleh karyawannya. Selamat mencoba.

GoodMen Indonesia - A/n Idea, Plan, Guide & Reason to be a Goodmen